Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Bongkar Rahasia Computer Vision dengan Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 20-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-07-2024-02-20-165222_x_Thumbnail800.jpg

Computer Vision atau penglihatan komputer adalah salah satu bidang yang menarik dalam dunia teknologi, dan Machine Learning telah membawa revolusi dalam cara kita memahami dan mengaplikasikan teknologi ini. Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Machine Learning Model dalam konteks penglihatan komputer?


Secara sederhana, Machine Learning adalah cabang dari kecerdasan buatan yang memungkinkan komputer untuk belajar dari data dan pengalaman, tanpa perlu diprogram secara eksplisit.


Dalam artikel ini, kita akan membahas penerapan model-machine learning dalam penglihatan komputer, seperti deteksi objek, klasifikasi gambar, dan segmentasi gambar, serta mengeksplorasi beberapa contoh proyek menarik yang menggunakan teknik penglihatan komputer.


1. Deteksi Objek

Machine Learning

Deteksi objek adalah salah satu aplikasi utama dari penglihatan komputer. Dengan menggunakan teknik machine learning seperti Convolutional Neural Networks (CNNs), komputer dapat memahami dan mengidentifikasi objek dalam gambar dengan tingkat akurasi yang tinggi.


Contohnya adalah proyek deteksi objek dalam pengawasan lalu lintas, di mana kamera lalu lintas dapat mendeteksi mobil, sepeda, atau pejalan kaki, dan memberi tahu sistem kontrol lalu lintas untuk bertindak sesuai.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Klasifikasi Gambar

Machine Learning

Klasifikasi gambar adalah proses mengkategorikan gambar ke dalam kelas-kelas yang berbeda berdasarkan kontennya. Dengan teknik machine learning, seperti Support Vector Machines (SVMs) atau Random Forests, komputer dapat mempelajari pola-pola dalam gambar dan memprediksi kelas atau label gambar tersebut.


Contoh proyek klasifikasi gambar termasuk pengenalan wajah, di mana komputer dapat mengidentifikasi individu dalam gambar berdasarkan fitur wajah unik mereka.


3. Segmentasi Gambar

Machine Learning

Segmentasi gambar adalah proses mempartisi gambar menjadi beberapa bagian yang berbeda, seperti mengidentifikasi daerah objek dalam gambar. Dengan menggunakan teknik machine learning seperti Deep Learning, komputer dapat memahami konteks spasial dalam gambar dan memisahkan objek dari latar belakangnya.


Contoh proyek segmentasi gambar termasuk deteksi anomali pada citra medis, di mana komputer dapat mengidentifikasi area-area yang mencurigakan dalam gambar CT scan atau MRI.


4. Contoh Proyek-Proyek Menarik

Ada banyak proyek menarik yang menggunakan teknik penglihatan komputer. Salah satunya adalah proyek pengenalan hewan liar, di mana kamera dipasang di hutan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi spesies hewan liar yang lewat. Proyek lain termasuk aplikasi pengenalan plat nomor kendaraan, deteksi emosi dari ekspresi wajah, dan analisis citra satelit untuk pemantauan lingkungan.


5. Manfaatkan Potensi Penglihatan Komputer

Dengan memahami konsep-konsep dasar Machine Learning dalam konteks penglihatan komputer, kita dapat memanfaatkan potensi teknologi ini untuk berbagai aplikasi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Bergabunglah dengan kursus-kursus Machine Learning di DQLab untuk mendalami lebih lanjut tentang penglihatan komputer dan mulai membangun proyek-proyek inovatif!


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Gimana sahabat DQ? Ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning”.


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab!


Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login