JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 1 Jam 10 Menit 30 Detik

Buat Portofolio Data Scientist, dengan Elemen Berikut

Belajar Data Science di Rumah 06-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-02-2024-03-07-201507_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman! Sudahkah kalian tahu dengan profesi data scientist? Data scientist adalah sebuah profesi yang saat ini populer dan banyak dibutuhkan dalam dunia data. Seperti nama profesinya, data scientist ini secara umum bertanggung jawab terhadap data perusahaan terutama big data. Untuk menjadi data scientist diperlukan beberapa hal salah satunya adalah portofolio data scientist. Apakah portofolio data scientist dan seberapa pentingnya dalam profesi di bidang data?


Ketika seseorang melamar pekerjaan dalam bidang data seringkali dibutuhkan beberapa berkas untuk melengkapi proses-proses di dalamnya, antara lain seperti curriculum vitae dan portofolio data. Portofolio daa adalah suatu rangkuman secara singkat terkait profil pengguna dan dilengkapi dengan project-project analisis data yang pernah dikerjakan. Dengan memiliki portofolio data yang sesuai tentu akan mempermudah seseorang ketika akan melamar pekerjaan. Perhatikan beberapa poin yang perlu kamu lengkapi dalam portofolio data!


1. Identitas Diri

Profil diri atau identitas diri merupakan salah satu bagian yang tidak bisa terlewati dalam membuat portofolio data analyst. Kita tentu perlu memberikan identitas diri secara umum di lembar portofolio agar pihak recruiter mengetahui siapakan pemilik portofolio data tersebut. Selain itu pemilik portofolio juga bisa menceritakan sedikit mengenai latar belakang pendidikannya, alasan mengapa ia tertarik dengan profesi data analyst serta pelatihan data analyst apa saja yang pernah diikuti.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Skill Analisis Data

Skill atau kemampuan merupakan jalan utama untuk membuat portofolio data science. Pada portofolio kita akan menunjukkan kemampuan kita dalam menganalisis data atau menyelesaikan suatu project. Oleh karena itu sebegitu pentingnya seseorang untuk terus meningkatkan skill data science. Dengan skill yang semakin meningkat, maka peserta dapat mengeksplorasi lebih dalam atau lebih detail dalam menganalisis data sehingga portofolio data yang dihasilkan pun akan dilihat lebih berkualitas.

Data Scientist


3. Project yang Dikerjakan

Project analisis data adalah suatu poin penting yang tidak boleh terlewati ketika seseorang membuat portofolio data. Jika pemilik portofolio data pernah mengerjakan berbagai project maka pemilik bisa mencantumkan project yang relevan dengan bidang industri yang akan dilamar. Pemilik juga bisa memvariasikan studi kasus serta teknik analisis data yang digunakan sehingga semakin meningkatkan skill dan value yang dimiliki kepada pembaca. 

Data Scientist


4. Testimoni

Pada saat kita melakukan transaksi belanja online, untuk meyakinkan diri terhadap produk yang akan dipilih kita biasanya membaca atau mencari testimoni pelanggan yang pernah membeli sebelumnya. Hal itu berlaku juga ketika akan menggunakan jasa seseorang. Perusahaan yang mencari kriteria praktisi data tentunya perlu melihat portofolio data dan bisa melihat testimoni orang-orang yang menggunakan jasanya. Dengan begitu pihak recruiter dapat lebih yakin dan percaya terhadap kemampuannya dalam menganalisis data.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Portofolio data tidak hanya ditujukan kepada orang-orang yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia data saja, melainkan para pemula juga bisa mulai membuat portofolio data sejak dini.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login