SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 23 Menit 21 Detik

Cara Gampang Buat CV dengan Tools AI Chat GPT

Belajar Data Science di Rumah 27-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-09-2024-05-28-193314_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, apakah kalian pernah mencoba untuk melamar pekerjaan? Tentunya hal itu memerlukan curriculum vitae atau CV bukan? CV adalah salah satu syarat utama atau berkas utama yang perlu dilampirkan saat akan melamar pekerjaan baik secara online maupun offline.


Kini banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempermudah membuat CV. Salah satunya adalah dengan menggunakan chat gpt yang merupakan bagian dari artificial intelligence. Chat gpt bisa digunakan untuk membuat cv profesi bidang data maupun lainnya.


Ketika seseorang melamar pekerjaan tentu memerlukan berkas atau dokumen yang perlu dilengkapi sebagai persyaratan kerjanya. Salah satu dokumen tersebut adalah curriculum vitae (CV). Jika dahulu cv hanya bisa diberikan secara fisik, kini cv bisa dibuat dan diberikan dalam bentuk digital.


Cara membuat cv pun terbilang cukup mudah dan kini telah banyak media atau tools yang bisa digunakan untuk membuat cv, salah satunya adalah chat gpt. Lalu bagaimana cara menggunakan chat gpt untuk membuat cv?


1. Pengertian CV

Curriculum vitae adalah sebuah dokumen yang berisi riwayat hidup meliputi informasi diri, riwayat pendidikan, riwayat pendidikan, keterampilan atau pelatihan yang pernah diikuti. Dalam curriculum vitae peserta juga bisa melampirkan prestasi apa saja yang pernah diraih baik itu akademik maupun non akademik.


Dengan adanya curriculum vitae pihak recruiter bisa mengenali secara sekilas pemilik cv sesuai dengan apa yang dituliskan di dalam cv tersebut.

Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Mengapa CV Penting?

Bagi orang atau pemula yang belum pernah menggunakan CV mungkin masih bertanya-tanya apakah pentingnya CV dalam dunia kerja. Membuat CV ini mayoritas menjadi syarat mutlak ketika melamar pekerjaan. Pada era perkembangan teknologi seperti ini, membuat CV perlu dikemas dengan menarik, singkat dan jelas sehingga informasi dapat tersampaikan tanpa membingungkan pembaca. Dengan demikian pembaca dapat mengetahui keterampilan yang dimiliki serta keahlian yang dimiliki.


3. Pengertian Chat GPT

Chat GPT (Generative Pre-Training Transformer) merupakan salah satu contoh penerapan dari artificial intelligence. yang berbentuk percakapan otomatis yang telah dirancang oleh pembuatnya. Chat GPT ini termasuk buatan dari perusahaan yang bernama Open AI pada tahun 2015. 

Artificial Intelligence



4. Membuat CV dengan Chat GPT

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini kita berada di masa kecanggihan teknologi yang semakin canggih. Hal itu adakalanya dapat membantu kita dalam memudahkan pekerjaan agar dapat diselesaikan dengan lebih efisien, salah satunya adalah dengan membuat CV menggunakan Chat GPT. Berikut ini cara mudah jika kamu bingung memulai darimana untuk membuat CV

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Curriculum vitae perlu dimiliki seseorang yang ingin melamar pekerjaan. Dalam curriculum vitae peserta bisa melampirkan beberapa komponen yang ingin disampaikan kepada recruiter. 


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login