PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 1 Menit 53 Detik 

Cara Membuat List Python dengan Beberapa Tipe Data

Belajar Data Science di Rumah 19-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a825f60d29c5fea5a098157d5229482b_x_Thumbnail800.jpg

List Python mirip seperti array yang berukuran dinamis atau dalam bahasa pemrograman lain dikenal dengan vector (di bahasa pemrograman C++) dan ArrayList di bahasa pemrograman Java. Secara sederhana, list adalah kumpulan data yang diapit oleh tanda kurung siku “[ ]” dan dipisahkan dengan koma.


List adalah wadah paling sederhana yang merupakan bagian integral dari bahasa pemrograman Python. Salah satu karakteristik dari list adalah tidak harus selalu homogen. Hal ini menyebabkan list menjadi tools powerful di Python. 


List dibuat dengan mengurutkan data di dalam tanda kurung siku. Tidak seperti Set, list tidak memerlukan fungsi bawaan. Seperti yang telah dijelaskan di awal, data dalam list tidak harus homogen sehingga bisa berisi kombinasi sesuai kebutuhan.


Selain itu, ada berbagai tipe data yang bisa digunakan untuk membuat list. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat list python dengan berbagai tipe data. Jadi simak artikel ini sampai akhir, ya!


1. Membuat List

Pertama, kita definisikan terlebih dahulu nama list yang akan kita buat. Pada contoh ini kita definisikan nama list dengan ‘List’. Kemudian untuk mencetak isi dari list, kita bisa menggunakan fungsi print() seperti contoh di bawah ini.

python


Pada gambar di atas, list tidak berisi data apapun sehingga tidak ada angka di dalam kurung siku. Bagaimana jika kita ingin membuat list yang berisi data? Yuk simak contoh berikutnya!


Baca juga: Belajar Coding Python Simpel dengan Live Code Editor DQLab


2. List dengan Tipe Data Numerik

Numerik merupakan salah satu tipe data yang paling banyak digunakan, khususnya jika kita bekerja menggunakan data terstruktur. Data numerik adalah data yang berisi angka, baik satuan, belasan, puluhan, ratusan, ribuan, hingga jutaan. Berikut adalah cara membuat list dengan data numerik.

python


3. List dengan Tipe Data String

Yang dimaksud dengan tipe data string adalah data yang berisi karakter atau huruf. Untuk membuat list dengan data string, selain menggunakan tanda koma kita membutuhkan tanda petik (“ “) sebagai pemisah data. Berikut adalah contoh membuat list dengan data string.

python


4. Mencetak List dengan Index

Index adalah urutan pada list yang biasanya dimulai dengan angka nol. Oleh karena itu, data pertama diwakili dengan index 0, data kedua diwakili dengan index 1, dan seterusnya. Index digunakan jika kita ingin mencetak beberapa data di dalam list (tidak semua anggota list dicetak). Misalnya kita ingin mencetak data pertama dan keempat.

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python



Yuk belajar tipe data lainnya bersama DQLab! Modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kita tidak perlu membuka atau menginstall tools tambahan untuk menulis script code python.


Coba langsung live code editor dari DQLab dengan klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id dan akses FREE MODUL “Introduction to Data Science with Python” sebagai pengenalan dengan bahasa pemrograman python.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :