PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 29 Menit 42 Detik

Career Path Data Analyst dari Entry - Manager Level

Belajar Data Science di Rumah 24-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3509704d9abe02b9075a7805e81817cd_x_Thumbnail800.jpeg

Di zaman sekarang yang sudah serba teknologi dan banyak sekali profesi di bidang teknologi bermunculan salah satu profesi tersebut adalah praktisi data. Profesi praktisi data ini banyak sekali peminatnya seperti menjadi seorang data analyst. Profesi data analyst ini adalah turunan dari ilmu data science yang menjadi ilmu yang cukup diminati di abad 21. Profesi ini tidak hanya berfokus kepada bidang data science dan juga big data, tetapi seorang data anlyst dapat bersinggungan dengan berbagai disiplin ilmu yang lainnya tergantung dari bidang pada perusahaannya.


Pada profesi ini juga memiliki career patyh yang cukup menjanjikan dan juga sangat terstruktur. Ada 5 tingkatan yang bisa dilalui untuk menjadi seorang data analyst profesional. Tingkatan ini berjenjang seiring dengan meningkatnya skill dari data analyst itu sendiri. Pada artikel kali ini kita akan membahasnya secara lengkap, jadi simak terus artikel dibawah ini ya!


1. Entry Level

Nah tingkatan yang pertama adalah Entry level. Entry level ini menandakan bahwa kamu baru saja lulus dari jenjang pendidikan atau istilahnya adalah fresh graduate. Kamu akan tetap dituntuk untuk bisa memiliki kemampuan analisis yang cukup mumpuni dan berpikir secara kritis walaupun kamu masih termasuk golongan baru. Disini, kamu akan masuk kedalam tim dan bekerjasama yang dimana kamu dengan tim akan membantu supervisor untuk menganalisis data. Pada saat itulah kalian bisa menyerap banyak ilmu dari sesama tim dan juga supervisormu.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Junior Level

Selanjutnya adalah junior, jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja sekitar diatas 3 tahun, kamu sudah bisa dimasukkan ke dalam kategori ini. Pada tahap ini kamu akan memiliki tugas yaitu melakukan interpretasi dan translasi data dengan berbagai macam mode analisis. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat sebuah segmentasi dan juga mempresentasikan hasil riset kamu kepada supervisor kamu di perusahaan.


3. Senior Data Analyst

Tingkatan ketiga adalah senior data analyst. Untuk bisa memasuki tingkatan ini kamu perlu menekuni profesi ini selama bertahun-tahun. Jika kamu menjadi junior selama 3 tahun, maka untuk bisa mencapai tahap ini kamu memerlukan waktu sekitar 3-5 tahun pengalaman kerja. Senior data analyst juga bisa menjadi lead bagi seorang yang masuk ke dalam tingkatan entry level. 


Senior data anlyst juga bisa menjadi penghubung antara team manajer maupun kepala divisi terkair dengan stakholder untuk pengambilan keputusan proses bisnis. Sebagai seorang senior data analyst maka dia akan memilki tanggung jawab untuk bisa menghasilkan sebuah solusi bisnis yang cukp efisien sebagai masukan dalam meningkatkan alur kerja dari perusahaan.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Data Analayst Manager

Tingkatan teratas ada data analyst manager. Secara struktural sebenarnya jika dilihat posisi ini membawahi team pada bidang data. Data analyst manager ini memiliki beberapa tugas yaitu mampu membangun dan juga mengembangkan sebuah model data, sistem otomatisasi data, metrik kinerja dan juga sistem pelaporan, adapun tugas selanjutnya adalah mengawasi penyampaian wawasan dan juga laporan yang digunakan untuk menganalisis fungsi bisnis dan juga metrik kinerja. Tugas lainnya juga mampu mengkomunikasikan dampak dan juga hasil bisnis dari wawasan kepada pemimpin baik internal maupun eksternal perusahaan.


Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login