SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 2 Jam 59 Menit 37 Detik

Chat GPT, Teknologi AI yang Lagi Naik Daun

Belajar Data Science di Rumah 16-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-09-2024-01-16-125527_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini kita sedang berada di era revolusi industri dimana segala sesuatu mayoritas bisa diakses menggunakan kecanggihan internet. Nah, salah satunya yang sedang naik daun adalah Chat GPT yang merupakan bagian dari artificial intelligence.


Apa itu Chat GPT? Apakah sama dengan Chatbot? Secara umum Chat GPT dan Chatbot dapat dikatakan hampir sama, namun Chat GPT memiliki manfaat yang lebih beragam. Lalu bagaimana cara membuat Chat GPT. Selanjutnya akan dibahas di artikel berikut ini.


Chat GPT seringkali disebut sebagai robot visual cerdas sebagai solusi dari permasalahan. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan Chat GPT seseorang dapat melakukan beberapa hal seperti menghasilkan ide konten, penyedia informasi, bisa menyelesaikan persoalan matematika, dapat melakukan percakapan, memberikan rekomendasi (tempat, outfit, film dll).


Pada artikel kali ini kita akan mengenali lebih dekat apa itu chat GPT, cara membuat dan manfaat dari Chat GPT. Yuk, sima  bersama-sama!


1. Artificial Intelligence

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan saat ini disadari atau tidak telah mengiringi kehidupan sehari-hari kita. Kecerdasan buatan ini termasuk bagian dari kecanggihan teknologi. Banyak contoh artificial intelligence yang bisa kita gunakan dalam keseharian, seperti penggunaan mobile banking, belanja online melalui marketplace, pengenalan wajah pada smartphone, keamanan menggunakan sidik jari, dan lainnya.

Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Cara Membuat Chat GPT

Setelah berkenalan dengan singkat terkait Chat GPT, kalian penasaran bukan bagaimana cara membuat Chat GPT? APakah sesulit yang dibayangkan? Ternyata cara membuatnya sangat mudah loh. Cukup buka link Chat GPT pada laman http://chat.openai.com/ .


Setelah masuk ke laman tersebut, jika kamu belum memiliki akun maka buat akun atau bisa masuk melalui akun Google.Jika sudah login maka kamu bisa mengetikkan pertanyaan apa saja yang ingin ditanyakan.

Artificial Intelligence


3. Manfaat Chat GPT

Chat GPT secara umum sering digunakan untuk tanya jawab terhadap topik-topik yang diinginkan. Tahukah kalian bahwa Chat GPT memiliki berbagai manfaat lainnya? Beberapa manfaat Chat GPT antara lain:

  • pemberi saran, Chat GPT dapat memberi saran terkait outfit, tempat makan, bahkan rekomendasi film

  • penyedia informasi, Chat GPT dapat menjawab pertanyaan terkait topik tertentu sesuai dengan informasi yang direkam

  • meningkatkan produktivitas, beberapa tugas dapat lebih cepat diselesaikan menggunakan Chat GPT

Artificial Intelligence


4. Keunggulan Chat GPT

Beberapa bagian di atas kita telah mengenali apa pengertian dari Chat GPT. Hal ini tentunya membuat penasaran lebih dalam. Sebenarnya apa saja keunggulan dari Chat GPT? Beberapa keunggulannya adalah sebagai berikut:

  • fast respon atau merespon dengan cepat, hal ini tentunya disenangi oleh pengguna karena dapat menjawab pertanyaan dalam hitungan detik

  • menggunakan bahasa yang natural dan mudah dipahami

  • dapat mendeteksi pesan suara, namun fitur ini hanya tersedia untuk pengguna tertentu

  • mampu menyaring permintaan negatif, dengan kata lain dapat menyeleksi permintaan yang sekiranya kurang pantas

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Chat GPT saat ini cukup menarik perhatian banyak orang. Chat GPT ini merupakan bagian dari artificial intelligence. Dasar-dasar artificial intelligence dapat dipelajari di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login