PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 58 Menit 31 Detik

ChatGPT untuk Buat CV Data Scientist yang Memukau

Belajar Data Science di Rumah 10-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-09-2023-08-10-224952_x_Thumbnail800.jpg

Sebagai seorang data scientist, memiliki CV yang mencerminkan keahlian dan pengalaman dalam analisis data serta pemodelan statistik menjadi kunci untuk memikat perhatian rekretur. Inilah mengapa penggunaan teknologi seperti ChatGPT menjadi semakin populer untuk membantu menghasilkan CV yang memukau. Selain praktis, hasil yang diberikan pun juga cukup baik. Kalian tinggal edit ulang bagian yang kurang sesuai atau terlalu kaku.


Nah, karena itu artikel ini akan memberikan beberapa tutorial untuk memanfaatkan ChatGPT dalam merancang CV data scientist yang menarik perhatian. Diberikan juga contoh prompt praktis yang bisa kalian ikuti atau modifikasi. Dari merumuskan ringkasan profesional hingga menggambarkan proyek-proyek analisis data yang relevan. Udah gak sabar? Yuk langsung cek caranya di sini!


1. Ciri CV Data Scientist

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup merupakan salah satu dokumen penting dalam mencari pekerjaan. Bagi seorang data scientist, CV haruslah mencerminkan kemampuan, pengalaman, dan keahliannya dalam bidang analisis data dan pemodelan. Berikut beberapa ciri-ciri yang seharusnya terdapat dalam CV kalian.

  • Ringkasan professional. Sebaiknya CV dimulai dengan ringkasan profesional yang singkat dan padat. Ringkasan ini bisa mencakup pengalaman kerja, keterampilan utama, dan pencapaian yang relevan dalam bidang analisis data.

  • Pendidikan. Tuliskan latar belakang pendidikan kalian, termasuk gelar yang diperoleh dan institusi tempat belajar. Jika kalian memiliki gelar terkait seperti ilmu data, statistik, atau bidang terkait lainnya, justru akan menjadi nilai tambah.

  • Keterampilan teknis. Sertakan daftar keterampilan teknis yang kalian kuasai, seperti bahasa pemrograman (Python, R, dll.), library analisis data (pandas, NumPy, scikit-learn), database (SQL, NoSQL), visualisasi data (Matplotlib, Seaborn), dan tools pengolahan big data.

  • Pengalaman kerja. Jelaskan pengalaman kerja kalian yang relevan dalam analisis data dan pemodelan. Sebutkan juga peran, tanggung jawab, dan pencapaian yang telah diraih di setiap pekerjaan. Sertakan juga proyek-proyek khusus yang menunjukkan kemampuan kalian dalam memecahkan masalah dan mengolah data.

  • Portofolio atau proyek. Jika memungkinkan, kalian dapat menyertakan tautan ke portofolio online yang berisi proyek-proyek data science, artikel atau publikasi terkait, serta contoh-contoh visualisasi atau analisis yang telah dibuat.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Kelebihan ChatGPT untuk Membuat CV

Dengan bantuan ChatGPT, kalian dapat menulis CV dengan lebih cepat, karena tidak perlu lagi berpikir untuk merumuskan kalimat-kalimatnya. Ini sangat berguna jika kalian memiliki keterbatasan waktu. ChatGPT bahkan akan membantu kalian menghasilkan kalimat-kalimat yang kreatif dan menarik. Tatanan bahasa yang tertuang di CV tersebut menggambarkan keterampilan komunikasi kalian serta membuat CV lebih berkesan di mata perekrut. Kalian juga dapat memberikan informasi tentang posisi pekerjaan yang kalian lamar ke ChatGPT, sehingga nantinya ChatGPT akan membantu menyesuaikan CV agar lebih tepat dengan persyaratan dan tuntutan posisi tersebut.


3. Contoh CV Data Scientist dengan ChatGPT

Pertama, kita akan membuat bagian profil atau ringkasan diri. Kalian bisa menggunakan contoh prompt di bawah ini atau memodifikasinya sesuai kebutuhan. 

Artificial Intelligence

ChatGPT akan membantu membuatkan ringkasannya seperti berikut ini.

Artificial Intelligence

Kalian bisa melakukan editing ulang agar bahasanya tidak terlalu kaku seperti hasil AI. Tapi contoh yang diberikan ChatGPT di atas setidaknya sudah cukup membantu kan?

Selanjutnya kalian bisa membuat prompt untuk menuliskan pengalaman kerja. Gunakan prompt seperti contoh di bawah ini.

Artificial Intelligence

ChatGPT akan membantu kalian dalam menuliskan detail deskripsinya. Berikut hasil yang diperoleh dengan prompt seperti sebelumnya.

Artificial Intelligence

Hebat ya, ChatGPT bisa membantu membuatkan contoh detail seperti itu. Kalian tinggal cek ulang dan edit jika ada bagian yang kurang tepat.

Tidak kalah penting, kalian bisa menggunakan ChatGPT untuk membuat deskripsi portofoilo loh. Berikut contoh perintah yang bisa kalian tuliskan untuk meminta ChatGPT membuatkan deskripsi portofolio.

Artificial Intelligence

ChatGPT dalam waktu singkat akan membantu kalian. Berikut contoh hasilnya.

Artificial Intelligence

Sebagai produk AI, ChatGPT ternyata dapat digunakan untuk mempermudah setiap kebutuhan. Apakah hanya untuk membuat CV? Tentu tidak! Bahkan kalian bisa menggunakannya untuk belajar data lebih lanjut dan belajar coding Python lebih dalam.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Yuk, eksplorasi ChatGPT untuk kebutuhan belajar tentang data bersama DQLab. Kenapa harus DQLab? Sebagai platform belajar online terbaik, modul ajarnya dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan ChatGPT, sehingga:

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun

Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner dan persiapkan diri untuk menjadi praktisi data yang andal! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login