PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 22 Jam 37 Menit 16 Detik

ChatGPT untuk Membuat CV Profesi Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 17-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-09-2024-02-17-170639_x_Thumbnail800.jpg

Chat GPT sekarang sudah banyak sekali membantu manusia dalam hal pekerjaan sehari-hari. Selain itu Chat GPT ini juga bisa membantu manusia dalam membuat resume atau CV untuk melamar pekerjaan khususnya di bidang data. Walaupun Chat GPT ini bukan termasuk chatbot khusus pembuat CV, tetapi AI ini cukup canggih dalam membantu para pelamar untuk membuat CV di bidang data yang lebih menarik.


CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang berisikan informasi tentang pengalaman bekerja, pendidikan, dan juga keterampilan seseorang. Dalam bidang data CV ini menjadi sangatlah penting, karena dengan adanya CV recruiter dapat dengan mudah untuk mengetahui keterampilan dari para pelamar. CV ini menyoroti banyak sekali keterampilan seperti analisis data, kemampuan bahasa pemrograman, dan juga dapat menggunakan alat analisis data. 


Nah, pada artikel kali ini kita akan melihat bagaimana caranya Chat GPT ini membantu kita dalam membuat CV profesi bidang data yang menarik. Yuk kita simak pembahasannya!


1. Tentukan Tujuan Kalian dengan Jelas

Sebelum masuk ke dalam Chat GPT, kalian harus menentukan tujuan kalian secara jelas. Seperti kalian ingin membuat CV baru atau memperbarui CV yang sebelumnya pernah kalian buat. Hal ini akan membantu kalian dalam berinteraksi dengan Chat GPT dan juga agar jawabannya relevan dengan yang kalian inginkan.

Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner



2. Membuat Petunjuk yang Rinci

Untuk bisa menerima hasil yang lebih akurat, kalian bisa memberikan petunjuk yang lebih detail pada Chat GPT ini. Kalian bisa mengungkapkan dengan jelas kebutuhan kalian seperti jenis pekerjaan, keterampilan khusus yang perlu disoroti, dan juga informasi-informasi tambahan lainnya yang bisa membantu CV kalian. Semakin tepat perintah kalian, maka akan semakin efektif juga Chat GPT dalam menghasilkan konten yang relevan.


3. Pastikan untuk Melakukan Pendekatan Percakapan

Chat GPT ini beroperasi dengan menggunakan model percakapan, jadi kalian harus menulis perintah dalam bentuk teks yang bisa kalian ketikkan pada box message yang ada di bagian bawah. Ketika kalian mengajukan pertanyaan, kalian bisa meminta saran mengenai struktur dan juga format dan juga bisa meminta pada bagian tertentu untuk dimasukkan atau direvisi. Dengan adanya pendekatan percakapan ini dapat membantu kalian dalam berkolaborasi dengan Chat GPT menjadi lebih efektif. 


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Contoh CV Profesi di Bidang Data

Nah, kalian juga bisa meminta Chat GPT ini untuk menampilkan format yang biasanya dipakai untuk membuat CV profesi di bidang data. Ketika kalian sudah memberikan pertanyaan kepada Chat GPT ini, nantinya dia akan memberikan jawaban secara lengkap bagaimana contoh CV yang baik dan benar jika kalian ingin menjadi seorang praktisi data.


Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa melihat pada gambar di bawah ini.

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence


Pertajam skill data kamu dengan mengikuti Bootcamp Data Analyst with Excel. Self learning menyenangkan tanpa khawatir overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login