PROMO 12.12! DISKON 90%
Belajar Data 6 Bulan hanya Rp120K!

0 Hari 1 Jam 27 Menit 58 Detik

Coba Menggunakan ChatGPT dengan Tutorial Ini, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 16-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-09-2023-10-17-113434_x_Thumbnail800.jpg

ChatGPT merupakan produk AI yang tengah populer saat ini. ChatGPT sendiri merupakan singkatan dari Generative Pre-trained Transformer. Chat GPT juga masuk ke dalam model machine learning. Hal ini karena Chat GPT di training dengan menggunakan dataset yang berukuran besar.


Data yang digunakan oleh Chat GPT ini berupa bahasa manusia sehari-hari. Tujuannya untuk membangun sistem yang bisa memahami dan juga merespons bahasa manusia secara alami. Chat GPT ini berguna untuk menjawab pertanyaan, memberikan saran, dan lain sebagainya. 


Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana caranya menggunakan chat GPT. Mari kita simak pembahasannya!


1. Cara Mengaksesnya

Untuk mengakses Chat GPT ini, kalian bisa langsung masuk ke dalam websitenya yaitu chat.openai.com. Setelah kalian mengakses halaman website tersebut kalian akan langsung melihat halaman login dari website ini.


Jika kalian sudah memiliki akun kalian bisa langsung klik tombol login jika belum memiliki akun kalian bisa langsung klik sign up, disini kalian akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu. Untuk pengiriman kode verifikasinya melalui WhatsApp. 

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


2. Masuk Dashboard ChatGPT

Setelah kalian masuk, kalian akan langsung diarahkan ke dalam dashboard Chat GPT. Pada halaman ini, pengguna bisa langsung melihat beberapa fitur seperti new chat, history, dan box pertanyaan.


Ketika memiliki sebuah pertanyaan, kalian bisa langsung menuliskan pertanyaan tersebut pada box pesan yang ada bawah. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa melihat gambar di bawah ini:

Artificial Intelligence


3. Menggunakan Fitur New Chat dan History

Pada sisi kiri website ini kalian bisa melihat beberapa fitur, yaitu new chat dan juga history. Kalian bisa langsung melanjutkan pertanyaan sebelumnya, contohnya seperti ingin bertanya mengenai rumus penjumlahan excel, bisa langsung bertanya di bagian bawah ketika pertanyaan sebelumnya sudah terjawab.


Jika ingin chat tidak tertumpuk, kalian bisa menggunakan fitur new chat ini untuk membuka pertanyaan pada halaman yang baru. Untuk fitur history, gunakan ketika ingin melihat pertanyaan pada halaman yang lain.

Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Fitur Jawaban Lain

Chat GPT ini memiliki fitur yang cukup canggih yaitu mencari jawaban lain. Ketika membuat pertanyaan untuk ChatGPT ini dan dirasa kurang begitu memuaskan, gunakan fitur regenerate atau fitur jawaban lain. Cara kerja dari fitur ini adalah chat GPT akan mencari jawaban lain dan mengupdate jawaban sebelumnya.

Artificial Intelligence


DQLab sebagai platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT siap membantu kamu menggeluti karir di industri data. 


Metode HERO (Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based) yang ramah pemula juga membantu kamu untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif! Tunggu apa lagi? sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :