TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 10 Jam 28 Menit 54 Detik

Coding dengan Chat GPT, Sudah Tahu Caranya?

Belajar Data Science di Rumah 09-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-09-2023-09-09-094049_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, istilah coding mungkin sudah tidak terdengar asing bagi seseorang yang biasa menggunakan kecanggihan teknologi atau bekerja dibalik proses analisis data maupun programming. Coding merupakan suatu kegiatan pengolahan kode dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Proses coding ini bisa dilakukan melalui beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan Chat GPT. Lalu bagaimanakah cara menggunakan Chat GPT untuk coding?


Pada saat ini kita berada dalam era industri 4.0 dimana kecanggihan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat. Sebagai generasi milenial, kita dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang mana berpengaruh dengan kegiatan keseharian kita baik itu sebagai pelajar, mahasiswa maupun pekerja.


Sebagian besar dari kita mungkin pernah mendengar istilah artificial intelligence yang memiliki berbagai penerapan, salah satunya adalah Chat GPT.


1. Apa Itu Coding

Coding atau pengkodean merupakan salah satu tahapan dalam proses analisis data. Bahkan tidak hanya digunakan untuk proses analisis data, coding juga digunakan para programmer atau web developer untuk membuat website atau membuat game maupun keperluan lainnya.


Keahlian dalam pengkodean ini dibutuhkan untuk dapat memaksimalkan penggunaan tools agar bisa lebih maksimal. Dengan coding, proses pengerjaan hasil analisis maupun programming lainnya akan menjadi lebih mudah dan efisien.

Chat GPT


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Tools untuk Coding

Seperti namanya, pengkodean tentu saja dilakukan dengan menggunakan alat atau tools, bukan dilakukan secara manual. Saat ini telah banyak tools yang tersedia dan dapat digunakan untuk coding. Setiap tools tersebut memiliki bahasa pemrograman masing-masing sesuai dengan kelebihan dan kekurangannya. Beberapa contoh tools untuk coding yang bisa digunakan antara lain seperti Java, Python, R, SQ:, C++, R, Scala, power BI, dan masih banyak lainnya.

Chat GPT


3. Belajar Coding

Bagi sebagian orang, mungkin istilah coding masih terdengar asing baik pengertian maupun manfaat serta cara menggunakannya. Proses coding pada umumnya menggunakan fasilitas seperti laptop atau komputer. Namun jangan khawatir, coding juga bisa dilaksanakan tanpa harus menggunakan jaringan internet.


Untuk memahaminya lebih lanjut terkait coding banyak orang memilih untuk belajar coding melalui berbagai platform atau belajar secara otodidak mengikuti tutorial-tutorial yang ada. 

Chat GPT


4. Coding Menggunakan Chat GPT

Tahukah kalian bahwa Chat GPT tidak hanya bisa digunakan untuk sesi tanya jawab saja loh, Chat GPT juga bisa digunakan untuk berbagai hal seperti coding. Jika kalian masih bingung cara menggunakan coding menggunakan Chat GPT, kalian juga bisa bertanya terlebih dahulu kepada ChatGPT loh. Seperti contoh yang ditampilkan di gambar berikut ini:

Chat GPT


Pada contoh di atas adalah cara coding menggunakan ChatGPT dengan bahasa pemrograman python. Untuk lebih lanjutnya kalian bisa coba sendiri dengan mengunjungi chat.openai.com.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Seiring perkembangan teknologi seperti sekarang ini skill coding perlu dikuasai oleh seseorang yang ingin berkarir atau sedang berkarir dalam dunia data. 


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :