2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 13 Menit 12 Detik

Contoh AI dalam Keseharian, Catat & Implementasikan!

Belajar Data Science di Rumah 01-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-09-2024-05-01-111209_x_Thumbnail800.jpg

Kemajuan teknologi yang sudah kita rasakan belakangan ini sudah terbukti sukses dalam membantu berbagai macam aktivitas dan kinerja berat di kehidupan kita sehari-hari. Terlebih lagi baru-baru ini masyarakat dibuat terpukau dengan adanya Artificial Intelligence yang menghadirkan kemudahan untuk melakukan berbagai macam hal.


AI saat ini sudah mempengaruhi banyak aspek di kehidupan sehari-hari kita, walaupun seringkali kita tidak menyadari kehadiran AI ini. Nah, pada artikel kita kali ini, kita akan melihat penjelasan mengenai beberapa macam contoh AI yang ada di dalam keseharian kita. Yuk kita simak artikel di bawah ini!


1. Asisten Virtual

Asisten Virtual adalah salah satu contoh AI pertama yang sangat banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Teknologi ini mampu membantu berbagai macam pekerjaan manusia seperti pencarian informasi, pengaturan jadwal, membacakan email, dan juga bisa menjadi alat pengingat. Salah satu produk asisten virtual ini adalah Chat GPT. Chat GPT ini bisa membantu kita dalam mengumpulkan informasi, brainstorming ide, dan juga bisa membantu mengerjakan konten teks. Maka tidak heran jika AI ini menjadi andalan banyak sekali orang karena sejumlah manfaat yang ditawarkan.

Artificial Intelligence



Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Search Engine

Salah satu contoh lain dari kecerdasan buatan (AI) yang umum digunakan sehari-hari adalah fitur mesin pencarian atau search engine. Dengan teknologi ini, pengguna dapat menemukan informasi yang paling relevan dengan cepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Pada saat browsing di browser atau platform lain, kotak pencarian biasanya menampilkan rekomendasi topik kepada pengguna. Rekomendasi tersebut membantu menghemat waktu dan meningkatkan kenyamanan dalam mencari informasi yang relevan.


3. Mobile Banking

Salah satu contoh terbaru dari penerapan kecerdasan buatan (AI) berasal dari sektor perbankan. Di sini, sistem yang sebelumnya memerlukan tindakan manual kini dapat dijalankan secara otomatis. Dengan memanfaatkan aplikasi mobile banking atau m-banking, pengguna dapat melakukan berbagai transaksi keuangan tanpa kekhawatiran akan ketersediaan mesin ATM terdekat. Kemunculan m-banking adalah salah satu contoh nyata bagaimana kecerdasan buatan bermanfaat dalam rutinitas harian.


Selain itu, teknologi ini meningkatkan efisiensi dan keamanan sistem perbankan, memberikan kenyamanan kepada pengguna dengan memastikan transaksi keuangan yang lebih aman tanpa harus khawatir tentang lokasi mesin ATM terdekat.

Artificial Intelligence



Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Kendaraan Otomatis

Contoh lainnya dari penerapan AI ini adalah munculnya kendaraan otomatis atau self-driving cars. Kendaraan otomatis ini menggunakan berbagai macam sensor dan perangkat lunak untuk mengoperasikannya, dengan adanya perangkat lunak dan juga banyak sekali sensor membuat kendaraan ini bisa dikendalikan tanpa adanya bantuan manusia. Hal ini bisa meningkatkan keselamatan jalan raya dan juga bisa mengubah cara kita untuk berpergian ke suatu tempat tanpa harus lelah dalam mengendarai kendaraan tersebut.


Pertajam skill data kamu dengan mengikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner untuk kuasai AI agar lebih mahir di bidang Excel. Self learning menyenangkan tanpa khawatir overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login