PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 4 Menit 51 Detik 

Contoh Artificial Intelligence vs Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 07-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/137ec339b840793ec7f82462e7c8fea3_x_Thumbnail800.jpg

Beberapa tahun belakangan ini seringkali kita mendengar istilah artificial intelligence dan machine learning. Namun masih banyak orang yang belum mengerti apa itu artificial intelligence dan machine learning serta perannya dalam kehidupan sehari-hari.


Seringkali orang mengira dua istilah di atas memiliki pengertian yang sama. Walaupun sama-sama berpengaruh dalam perkembangan teknologi, tentunya artificial intelligence vs machine learning memiliki fungsi masing-masing yang berbeda.


Saat ini perkembangan teknologi bertumbuh semakin cepat sehingga memudahkan manusia dalam memperoleh informasi dari mana saja sumbernya. Informasi atau data yang diperoleh dapat dengan mudah diakses salah satunya dikarenakan peranan machine learning maupun artificial intelligence.


Kedua hal ini dapat mengimbangi perkembangan teknologi dan kesesuaian zaman masa kini. Kira-kira, apakah perbedaan dari artificial intelligence vs machine learning?


1. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan suatu sistem yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Istilah Artificial Intelligence sudah ada sejak tahun 1956. Cara kerja dari artificial intelligence adalah sesuai dengan algoritma pemrograman yang ada di dalam sistem komputer sesuai dengan apa yang telah diberikan saat pembuatannya.


Penggunaan artificial intelligence bukanlah hal baru bagi kita dan justru inovasinya yang semakin berkembanglah menjadi daya tarik yang menarik perhatian.Walau demikian, teknologi AI tidak dimaksudkan untuk menggantikan manusia.

machine learning


 Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Machine Learning

Setelah mengerti definisi dari artificial intelligence, maka selanjutnya adalah machine learning. Machine learning merupakan salah satu cabang dari artificial intelligence. Machine learning ini lebih berfokus kepada bidang keilmuan terkait algoritma komputer yang berguna untuk meningkatkan kinerja program komputer secara otomatis berdasarkan data.


Secara umum, proses pembelajaran algoritma machine learning ini dapat bersifat supervised learning maupun unsupervised learning.

machine learning


3. Perbedaan Artificial Intelligence vs Machine Learning

Seperti yang telah diketahui bahwa artificial intelligence dan machine learning memiliki pengertian yang berbeda. Lalu selain pengertiannya yang berbeda, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi perbedaan di antara keduanya, yaitu:

  • AI menghasilkan output berupa pengetahuan sedangkan machine learning menghasilkan output berupa data

  • AI bertujuan untuk mengembangkan sistem yang mampu meniru kecerdasan manusia untuk menyelesaikan masalah sedangkan machine learning bertujuan untuk mengembangka  algoritma

  • AI memiliki fungsi utama membuat sistem cerdas untuk melakukan tugas seperti manusia sedangkan machine learning berfungsi untuk mengajari mesin untuk melakukan sesuai berdasarkan data sehingga hasilnya akurat

  • Ai pada umumnya menggunakan jenis dan tipe data yang tidak terstruktur, semi-terstruktur hingga terstruktur sedangkan machine learning hanya menggunakan data terstruktur dan semi terstruktur.

machine learning


4. Contoh Penerapan

Artificial intelligence dan machine learning sudah banyak diterapkan di berbagai bidang. Terdapat beberapa contoh penerapan AI seperti smart assistant, chatbots, sistem pakar, recommendation engine, voice recognition, Siri, M-Banking, Game Online, dll.


Adapun contoh penerapan machine learning seperti algoritma google search, filter spam email, targeted advertising, saran di media sosial, rekomendasi produk online, retargeting untuk ads campaign, dll.

machine learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Istilah machine learning dan artificial intelligence memang bukanlah hal yang asing bagi kita bahkan dapat dikatakan keduanya sudah berdampingan dalam kegiatan keseharian kita. Dengan pentingnya peranan dari keduanya tentunya membuat orang penasaran bagaimana cara mempraktekkan ilmu-ilmu tersebut. Namun jangan khawatir, kalian bisa mulai belajar machine learning di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :