BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 51 Menit 57 Detik 

Contoh Data Sekunder dalam Dunia Kesehatan Terupdate 2022

Belajar Data Science di Rumah 28-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/61da2aaf0db1a433219515c434e4e5c5_x_Thumbnail800.jpg

Tahukah Sahabat DQ? Ternyata keseluruhan data yang digunakan untuk proses penelitian jika menggunakan data peneliti lain penelitian tersebut digolongkan dalam penelitian dengan data sekunder. Karena data sekunder merupakan data yang telah dikumpulkan melalui sumber primer dan tersedia bagi peneliti untuk digunakan untuk penelitian mereka sendiri. Ini adalah jenis data yang telah dikumpulkan di masa lalu. Data yang diklasifikasikan sebagai golongan data sekunder untuk penelitian tertentu dapat dikatakan primer untuk penelitian lain. Ini terjadi ketika data penelitian digunakan kembali, sehingga alurnya data primer untuk penelitian pertama dan data sekunder untuk penelitian kedua yang digunakan.


Di dunia kesehatan data sekunder sangat berlimpah, Hal ini disebabkan penelitian dalam bidang kesehatan sangat berlimpah pula. Penelitian dalam bidang kesehatan contohnya, Analisis foto medis. Dalam penelitian ini sangat terlihat bahwa peran besar data diperlukan. Foto medis merupakan salah satu bentuk dari kecerdasan buatan yang dilatih untuk mengenali permasalahan yang terjadi dalam tubuh manusia.


Untuk membentuk itu tentulah diperlukan testing dan training terhadap alat foto medis yang dimiliki. Disinilah analisis data sangat bergantung pada data yang diujikan. Lalu, darimana data tersebut diambil? Pernahkah Sahabat DQ membayangkan bahwa keberlimpahan data dapat mempercepat proses penelitian? 


Nah, yuk kita cari tahu bersama sumber sumber data yang relevan untuk penelitian dalam bidang kesehatan!


1. Data.gov dan Health Services Research Information Central

Lebih dari 2800 kumpulan data online yang dapat diakses oleh pengusaha, peneliti, dan pembuat kebijakan; termasuk informasi kualitas penyedia perawatan klinis, direktori penyedia layanan kesehatan nasional, database pengetahuan medis dan ilmiah terbaru, data produk konsumen, informasi kinerja kesehatan masyarakat, data pengeluaran pemerintah dan banyak lagi. 


Sementara Health Services Research Information Central Situs penyimpanan data yang menghubungkan ke lebih dari 80 federal, non-federal, dan basis data lainnya mulai dari Agency for Healthcare Research and Quality (AHRQ) yang menyediakan akses ke sejumlah besar data dan survei tentang akses perawatan kesehatan, pengeluaran, kualitas, dan lain-lain.


Baca juga : Metode Pengumpulan Data Sekunder, Bisa Menggunakan Apa Saja Sih?


2. Behavioral Risk Factor Surveillance Survey

Pada tahun 1984, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memprakarsai Behavioral Risk Factor Surveillance System (BRFSS) yang berbasis di negara bagian telah melakukan survei dengan memanfaatkan teknologi telepon cross-sectional atau bergantian yang dilakukan departemen kesehatan negara bagian setiap bulan melalui telepon rumah dan telepon seluler dengan kuesioner standar, dan bantuan teknis dan metodologis dari CDC. BRFSS digunakan untuk mengumpulkan data prevalensi di antara penduduk dewasa AS mengenai perilaku berisiko dan praktik kesehatan preventif yang dapat memengaruhi status kesehatan mereka.


3. Office of Minority Health atau OMH

Office of Minority Health (OMH) di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS didirikan pada tahun 1986 sebagai salah satu hasil paling signifikan dari Laporan Gugus Tugas Sekretaris 1985 tentang Kesehatan Kulit Hitam dan Minoritas. Misi Kantor Kesehatan Minoritas adalah untuk meningkatkan kesehatan populasi ras dan etnis minoritas melalui pengembangan kebijakan dan program kesehatan yang akan membantu menghilangkan kesenjangan kesehatan.


4. National Survey of Family Growth

National Survey of Family Growth (NSFG) mengumpulkan informasi tentang kehidupan keluarga, pernikahan dan perceraian, kehamilan, infertilitas, penggunaan kontrasepsi, dan kesehatan pria dan wanita. Hasil survei digunakan oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan A.S. dan lainnya untuk merencanakan layanan kesehatan dan program pendidikan kesehatan, dan untuk melakukan studi statistik keluarga, kesuburan, dan kesehatan.


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder, Apa Saja Sumber Data yang Bisa Digunakan?


5. Ingin Belajar Data Sekunder? Yuk, Asah Kompetensimu Bersama DQLab! 

Data sekunder merupakan data yang sangat berlimpah dan open source untuk diolah. Sahabat DQ bisa melakukan pengolahan data dengan dataset yang sudah disediakan oleh DQLab dan melakukan pengolahannya dengan live code editor. Yuk belajar mengolah data dengan code live editor bersama Senja dan Aksara. Jadilah talenta data idaman perusahaan dimulai berama DQLab sekarang!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :