BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 40 Menit 9 Detik 

Contoh Data Sekunder untuk E-commerce, Yuk Catat!

Belajar Data Science di Rumah 25-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2df4bc31cbb8539b6d0f570e688310d1_x_Thumbnail800.jpg

Eksistensi internet telah memunculkan berbagai peluang bisnis baru. E-commerce adalah salah satu dampak dari perkembangan terknologi tersebut, dimana segala aktivitas jual beli dilakukan melalui media elektronik khususnya internet. Kemunculan e-commerce hingga memunculkan suatu kebiasaan baru di masyarakat tak semata-mata tanpa alasan. Hal ini dikarenakan para pelaku bisnis memanfaatkan data yang mereka punya untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih baik. Adapun jenis data yang biasa digunakan adalah data sekunder tapi, sebelum kamu mengetahui peran data sekunder bagi kemajuan perusahaan. Mari ketahui terlebih dahulu tentang apa itu data sekunder.


Data sekunder adalah data yang telah disediakan oleh pihak ketiga tanpa harus melakukan wawancara ataupun survey lapangan seperti yang dilakukan pada data primer, dan biasanya data sekunder telah dikumpulkan di masa lalu. Jika kamu sering bermain di kaggle pasti kamu tau bahwa banyak orang yang membagikan data untuk proyek tertentu yang bisa digunakan oleh orang lain atau peneliti lain. Untuk lebih lanjut tentang data sekunder simak terus artikel ini ya!


1. Data Ulasan di Sosial Media 

Salah satu contoh data sekunder yang pertama adalah dengan menggunakan kumpulan data komentar yang ada di sosial media. Karena biasanya customer akan memberikan ulasan mereka di sosial media atau di kolom komentar suatu e-commerce. Berdasarkan data ulasan tersebut kamu bisa melihat dan mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan produk tertentu dari sebuah e-commerce. Oleh karena itu, ada yang namanya teknik analisis sentimen yang dapat kamu gunakan sebagai langkah untuk membaca opini pelanggan serta mengklasifikasika opini atau ulasan tersebut. 


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder, Apa Saja Sumber Data yang Bisa Digunakan?


2. E-journal

data sekunder

Jika, kamu ingin membuat sebuah perusahaan rintisan dibidang ecommerce. Rasanya menggunakan data sekunder seperti e-journal juga diperlukan. Kamu bisa mengakses journal yang berkaitan dengan data-data yang menunjukan bahwa potensi bisnis e-commerce di Indonesia cukup besar. Contohnya seperti data pertumbuhan penggunaan smartphone, penetrasi internet di Indonesia, penggunaan kartu debit dan kredit dan hingga tingkat kepercayaan konsumen untuk berbelanja secara online.

Data-data tersebut bisa kamu dapatkan di journal-journal yang bisa kamu manfaatkan sebagai data pendukung untuk membangun bisnis e-commerce kamu.


3. Data Statistik Pemerintahan

data sekunder

Data statistik pemerintah seperti data yang berasal dari BPS (Badan Pusat Statistik) secara luas dan mudah diakses secara online. Oleh karena itu, banyak peneliti yang mampir ke situs BPS untuk mencari sumber data sekunder mereka. Data yang disediakan biasanya bisa langsung dapat kita unduh dalam bentuk format .xls, .xml, .csv atau .pdf. Mulai dari data terkait pengiriman produk, kegiatan perdagangan, pembentukan bisnis, harga dan tren ekonomi, serta topik lainnya.


4. Data History Belanja User

data sekunder

Perilaku konsumen adalah kegiatan seorang konsumen dalam membuat keputusan untuk membeli, menggunakan serta mengkonsumsi barang-barang dan jasa yang telah dibelinya juga termasuk dalam faktor-faktor pelanggan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan produk. Dengan melihat data histori belanja user kamu dapate mengetahui perilaku, pola atau kebiasaan yang dilakukan oleh konsumen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Informasi tersebut selain dapat bermanfaat untuk meningkatkan strategi pemasaran produk tapi juga dapat digunakan untuk penambahan stok barang.


Baca juga : Metode Pengumpulan Data Sekunder, Bisa Menggunakan Apa Saja Sih?


5. Tetap Produktif dengan Membangun Portofolio Data Bersama DQLab!

Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab


Banyak contoh data sekunder dan dataset yang bisa kamu gunakan untuk membangun portofolio kamu, lho. Nikmati juga modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup atau isi form dibawah ini ya!

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :