PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 9 Menit 47 Detik 

Contoh Data Sekunder untuk Penlitian Skripsi Yuk, Catat!

Belajar Data Science di Rumah 09-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/168c44c91b1bf9327b24923b6bca602e_x_Thumbnail800.jpg

Menyusun skripsi adalah salah satu syarat untuk menjadi seorang sarjana yang berbasiskan proyek penelitian dalam suatu departemen. Hal ini merupakan kesempatan yang pas untuk mempraktikkan pengetahuan yang dipelajari selama proses pendidikan di perguruan tinggi. Skripsi yang berkualitas tentunya menyertakan data-data yang berkualitas juga baik itu data primer atau data sekunder.


Namun, penggunaan data sekunder memiliki banyak manfaat bagi penelitian yang kamu lakukan. Selain kemudahan dalam pengaksesan, sumber data sekunder cenderung memerlukan biaya lebih rendah bahkan gratis. Dibandingkan dengan penelitian menggunakan sumber data primer, mayoritas data sekunder benar-benar gratis untuk digunakan atau dengan biaya yang sangat rendah.


Sumber data sekunder juga biasanya berasal dari jurnal ,buku, website, catatan pemerintahan dan lain sebagainya. Pesatnya perkembangan internet membuat cara kita untuk mendapatkan sumber data sekunder menjadi lebih mudah dan cepat diakses. Artikel ini khusus akan membahas 4 contoh data sekunder yang bisa kamu gunakan untuk analisis market research atau riset pasar kamu. Jadi, pastikan kamu terus membaca artikel ini sampai selesai ya!


1. Data BPS

data sekunder

Data statistik pemerintah seperti data yang berasal dari BPS (Badan Pusat Statistik) secara luas dan mudah diakses secara online. Oleh karena itu, banyak peneliti yang mampir ke situs BPS untuk mencari sumber data sekunder mereka. Data yang disediakan biasanya bisa langsung dapat kita unduh dalam bentuk format .xls, .xml, .csv atau .pdf. Mulai dari data terkait pengiriman produk, kegiatan perdagangan, pembentukan bisnis, harga dan tren ekonomi, serta topik lainnya.


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder, Apa Saja Sumber Data yang Bisa Digunakan?


2. Website Perusahaan

data sekunder

Situs website perusahaan dapat berupa tambang emas informasi virtual. Perusahaan publik akan memiliki korelasi dengan laporan tahunan, presentasi investor yang dapat memberikan knowledge tentang kinerja masing-masing perusahaan dan industri pada umumnya. Selain itu, biasanya melalui situs web baik itu publik dan perusahaan swasta akan memberikan rincian tentang penawaran produk, industri yang dilayani, info geografis, struktur organisasi, metode penjualan (distribusi atau langsung), hubungan antara pelanggan dan inovasi.


Kamu dapat mendapatkan data-data mendasar terkait profile perusahaan di website mereka tanpa perlu datang langsung ke kantor mereka. Sahabat DQ bisa mencari data tersebut melalui portal besutan pemerintah yaitu satu data Indonesia, atau kamu juga bisa berkunjung ke kaggle untuk menggunakan berbagai jenis dataset yang sudah ada dari anggota kaggle yang lainnya secara gratis.


3. Ejournal

data sekunder

Selain itu kamu juga bisa mengakses ribuan journal dan penelitian ilmiah dari berbagai belahan dunia dengan mudah biasanya di situs terpercaya seperti google scholar. Baik ejournal yang memiliki ISSN ataupun dari internasional. Dengan menggunakan ejournal kamu dapat mendokumentasikan karya ilmiah kamu ataupun hanya sekedar menjadikannya contoh data sekunder saja.  E journal dapat diklasifikasikan lagi menjadi e jurnal klasik atau e jurnal internet, e jurnal paralel dan jurnal model basis data.


4. UCI Dataset untuk Proyek Machine Learning

data sekunder

Serupa dengan kaggle, UCI dataset sangat cocok bagi kamu yang menyusun skripsi seputar implementasi algoritma machine learning karena disini adalah gudang basis data, teori domain dan generator data yang digunakan oleh para komunitas machine learning di seluruh dunia untuk melakukan analisis empiris algoritma machine learning. Yang membedakan antara kaggle dan UCI hanya di user interfacenya saja yang tidak sekompleks kaggle yang memiliki banyak fitur untuk mengupload proses hingga hasil analisis dan predictive penggunanya untuk saling berbagi code dan berinteraksi lebih.


Tapi, terlepas dari itu UCI dataset memiliki jumlah data yang bisa kamu jadikan sumber data sekunder yang terbilang lengkap untuk membantu penelitian kamu khususnya untuk proyek machine learning, data science dan artificial intelligence.


Baca juga : Metode Pengumpulan Data Sekunder, Bisa Menggunakan Apa Saja Sih?


5. Yuk, Kepoin Modul Premium DQLab dan Tingkatkan Skill Kamu Sekarang!

Di era disruptif teknologi tidak memiliki background STEM bukanlah halangan yang berarti bagi kamu untuk belajar dan menambah skill baru khususnya seputar Data Science dan Data Analyst. Karena skill yang mumpuni lebih dipertimbangkan daripada gelar, untuk itu mulai bangun skill dan portofolio data yang mengagumkan melalui Data Analyst Career Track bersama DQLab


Banyak contoh data sekunder dan dataset yang bisa kamu gunakan untuk membangun portofolio kamu, lho. Nikmati juga modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup atau isi form dibawah ini ya!

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :