Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Contoh Machine Learning dalam Beauty Treatment

Belajar Data Science di Rumah 03-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-07-2023-10-03-175307_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang. Seiring dengan kemajuan teknologi, machine learning mulai dilibatkan dalam berbagai aktivitas manusia. Salah satunya dalam bidang beauty treatment atau perawatan kecantikan.


Beauty treatment, atau perawatan kecantikan, adalah serangkaian prosedur dan metode yang digunakan untuk meningkatkan penampilan fisik seseorang, merawat kulit, rambut, kuku, atau bagian tubuh lainnya. Tujuan utama dari perawatan kecantikan adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kesejahteraan seseorang dengan merawat dan memperbaiki aspek-aspek tertentu dari penampilan mereka.


Lalu apa hubungannya machine learning dengan beauty treatment? Industri kecantikan dapat menggunakan machine learning untuk mengidentifikasi tren kecantikan baru berdasarkan analisis data dan perilaku konsumen.


Ini dapat membantu dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan permintaan pasar. Dengan memanfaatkan machine learning, perusahaan kecantikan dapat memberikan pengalaman yang lebih personal dan efektif kepada konsumen mereka, sekaligus mengembangkan produk dan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan individu.


Agar kamu lebih penasaran, berikut adalah contoh machine learning dalam bidang beauty treatment. Simak yuk sahabat DQLab!


1. Analisis Sentimen Produk Kecantikan

Machine learning dapat digunakan untuk menganalisis ulasan dan pendapat pelanggan tentang produk kecantikan. Ini dapat membantu produsen memahami sejauh mana produk mereka memenuhi ekspektasi pelanggan dan mengidentifikasi area perbaikan.


Machine Learning

Sumber Gambar: Fashion Mingle


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Pemantauan Perubahan Kulit dan Rambut

Machine learning dapat digunakan untuk memantau perubahan dalam kondisi kulit dan rambut seiring waktu. Sistem dapat mengidentifikasi perubahan seperti penuaan kulit atau perubahan warna rambut dan memberikan saran perawatan yang sesuai.


3. Simulasi Makeup

Aplikasi kecantikan dapat memanfaatkan machine learning untuk memberikan simulasi makeup yang realistis pada wajah pengguna.


Algoritma dapat mengidentifikasi fitur wajah, seperti mata, bibir, dan pipi, dan mengaplikasikan makeup virtual dengan tepat. Pengguna dapat melihat bagaimana tampilan makeup tertentu akan terlihat sebelum benar-benar mengaplikasikannya.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Analisa Kulit

Machine learning dapat digunakan untuk menganalisis kondisi kulit individu berdasarkan gambar atau data kulit, seperti tingkat kelembaban, pigmentasi, atau masalah kulit lainnya.


Berdasarkan analisis ini, sistem dapat memberikan rekomendasi perawatan kulit yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan individu, seperti jenis produk yang tepat atau perawatan wajah tertentu.

Machine Learning

Sumber Gambar: Healthline


Ternyata machine learning juga banyak sekali penerapannya di bidang industri. Salah satunya industri kecantikan. Dimana ya bisa belajar semua materi tersebut? Tenang, DQLab solusinya. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri.


Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai machine learning dengan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login