3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 39 Menit 26 Detik

Contoh Machine Learning dalam Colorization

Belajar Data Science di Rumah 28-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-07-2023-11-28-130126_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning punya banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari seiring dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi berbasis AI. Mulai dari self-driving car, mesin rekomendasi dalam search engine untuk mencari kata kunci yang diinginkan hingga pada dunia fotografi seperti coloring warna pada hasil foto. Salah satu penerapan machine learning dalam dunia fotografi adalah colorization.


Colorization adalah proses yang menggunakan teknologi machine learning untuk memberikan warna pada gambar yang sebelumnya hanya berupa gambar hitam-putih atau dengan skala abu-abu. Dengan menggunakan algoritma dan model machine learning, colorization dapat mengidentifikasi konten dan pola dalam gambar tersebut, serta memprediksi warna yang paling sesuai berdasarkan konteksnya.


Dalam konteks fotografi, colorization memiliki dampak besar terutama dalam memperbarui dan memperindah gambar-gambar lama yang sebelumnya hanya tersedia dalam bentuk hitam-putih. Algoritma machine learning, terutama yang berbasis deep learning, dapat memahami karakteristik warna, bayangan, dan nuansa dalam gambar sehingga memberikan hasil colorization yang lebih akurat dan realistis.


Penerapan colorization tidak hanya terbatas pada pembaruan gambar lama, tetapi juga digunakan untuk memberikan sentuhan tambahan pada karya seni, film, atau konten visual lainnya. Lalu, apa saja serba-serbi dari colorization sebagai salah satu contoh dari penerapan machine learning di dunia fotografi?


Simak yuk penjelasannya sahabat DQLab!


1. Tujuan Colorization

Tujuan dari colorization adalah memberikan warna pada gambar yang sebelumnya hanya berupa gambar hitam-putih atau dengan skala abu-abu. Colorization dapat meningkatkan estetika visual dari gambar atau konten visual dengan memberikan sentuhan tambahan warna. Ini dapat digunakan untuk memberikan daya tarik tambahan pada karya seni, film, atau materi visual lainnya.


Selain itu, colorization juga membantu dalam pemahaman dan interpretasi konten gambar dengan memberikan informasi tambahan tentang warna. Misalnya, dalam konteks medis, colorization dapat membantu mengidentifikasi dan memahami lebih baik detail tertentu pada gambar medis.

Machine Learning

Sumber Gambar: Studio Binder


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Penerapan Colorization dalam Karya Visual

Penerapan colorization dalam karya visual memiliki dampak besar pada berbagai bidang, termasuk fotografi, seni digital, film, dan industri kreatif lainnya. Berikut adalah beberapa contoh penerapan colorization dalam karya visual:


Restorasi dan Pembaharuan Gambar Bersejarah:

Colorization digunakan untuk memberikan warna pada gambar-gambar bersejarah dan foto-foto lama, membantu menghidupkan kembali momen-momen penting dalam sejarah. Proses ini memberikan nuansa yang lebih realistis dan memperbarui gambar-gambar yang sebelumnya hanya tersedia dalam bentuk hitam-putih.


Film dan Televisi:

Dalam industri film dan televisi, colorization digunakan untuk menyulap film hitam-putih klasik menjadi versi berwarna. Hal ini memberikan pengalaman visual yang lebih modern bagi penonton dan meningkatkan daya tarik karya-karya tersebut.


Seni Digital dan Ilustrasi:

Seniman digital menggunakan colorization untuk menciptakan ilustrasi berwarna yang indah dan penuh detail. Ini memberikan kebebasan ekstra bagi seniman untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan menghasilkan karya seni visual yang memikat.


3. Algoritma Machine Learning yang Berperan dalam Colorization

Terdapat dua algoritma yang berperan dalam colorization, terutama dalam konteks modern yang menggunakan pendekatan machine learning, melibatkan teknik-teknik berbasis deep learning. Berikut adalah dua algoritma yang umumnya digunakan dalam colorization:


Colorization via Optimization:

Metode tradisional ini melibatkan pendekatan optimasi untuk menemukan kombinasi warna yang paling sesuai dengan gambar hitam-putih. Ini melibatkan model pewarnaan berbasis aturan dan memerlukan definisi aturan-aturan yang diterapkan pada pemilihan warna.

Machine Learning

Sumber Gambar: PyImageSearch


Colorization menggunakan Klasifikasi:

Algoritma ini memperlakukan colorization sebagai masalah klasifikasi, di mana model dikembangkan untuk memprediksi warna setiap piksel berdasarkan konteksnya. Metode ini sering menggunakan model klasifikasi seperti Support Vector Machines (SVM) atau algoritma klasifikasi lainnya.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Dampak Colorization

Penerapan colorization, terutama dengan menggunakan teknologi machine learning dan algoritma deep learning, memiliki berbagai dampak positif dalam berbagai konteks. Misalnya memberikan warna pada gambar-gambar bersejarah dan foto-foto lama memungkinkan pembaruan dan pemulihan warisan visual. Ini memungkinkan generasi sekarang untuk melihat dan menghargai momen-momen penting dalam sejarah dengan cara yang lebih hidup.


Colorization film hitam-putih klasik dapat meningkatkan pengalaman penonton dengan memberikan tampilan yang lebih modern dan relevan. Ini dapat membuat karya-karya tersebut lebih terjangkau dan menarik bagi generasi yang lebih muda.


Sekarang kamu jadi lebih tahu seputar colorization kan dalam dunia machine learning? Sebenarnya masih banyak lagi kawan contoh-contoh dari machine learning. Kira-kira kamu pengen tahu nggak nih contoh lainnya? Yuk pelajari dan kuasai machine learning dari sekarang.  


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :