PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 19 Jam 5 Menit 35 Detik 

Dashboard dari Implementasi Data Sekunder? Bisa!

Belajar Data Science di Rumah 11-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1f0acc9903b764dc246c9436aa298b9b_x_Thumbnail800.jpg

Implementasi data sekunder sudah sangat banyak dilakukan salah satunya dengan membantu perusahaan dari semua hal termasuk untuk mengubah data menjadi wawasan adalah tujuan akhir dari kecerdasan bisnis dan alat analis data modern yang, dalam beberapa tahun terakhir, menjadi kebutuhan kritis dan sepenuhnya menghilangkan dugaan. Mencapai potensi penuh yang ditawarkan database, meningkatkan kinerja dan meningkatkan proses bisnis melalui solusi BI yang efektif tidak hanya dilakukan oleh perusahaan besar, tetapi juga bisnis menengah dan kecil. Setiap profesional di era digital kejam kita memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan data sebaik mungkin untuk wilayahnya, dan dengan memanfaatkan solusi intelijen bisnis modern, organisasi tidak hanya akan memiliki gambaran lengkap tentang data mereka, tetapi juga memiliki akses mudah ke berbagai titik kontak yang diperlukan untuk keberhasilan kegiatan operasional dan strategis.


Kami akan memulai artikel ini dengan menjelaskan apa itu solusi BI, lanjutkan dengan manfaat paling menonjol yang memungkinkan bisnis memecahkan masalah mereka, menjelaskan dan menyajikan contoh solusi intelijen bisnis berdasarkan industri dan fungsi bisnis (departemen) yang dapat sahabat data terapkan di organisasi sahabat data sendiri, tidak peduli apakah itu ritel, perawatan kesehatan, TI, penjualan, pemasaran, logistik, dll.


Lalu bagaimana implementasi dalam banyak perusahan? Yuk simak bersama DQLab!


1. Sumber Daya Manusia (SDM)

Saat ini, sumber daya manusia adalah salah satu fungsi paling utama dari sebuah organisasi. Jumlah aplikasi, manajemen tenaga kerja, proses rekrutmen, dan analisis staf telah meningkat ke titik di mana proses penyaringan dan pengoptimalan manual tidak mungkin lagi dilakukan. Menjaga aspek 'manusia' perusahaan tetap sehat dan produktif sambil menyambut kandidat terbaik untuk posisi yang diiklankan adalah elemen penting dari kesuksesan. Intelijen bisnis dapat meningkatkan semua proses ini dengan analitik dan visualisasi tingkat lanjut yang memungkinkan setiap anggota tim melihat gambaran umum yang jelas tentang keadaan sumber daya manusia.


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder, Apa Saja Sumber Data yang Bisa Digunakan?


2. Pengadaan

Sebuah departemen yang ditemukan di sebagian besar perusahaan, pengadaan memiliki serangkaian praktik terbaik yang harus diikuti untuk menjadi dan tetap sukses. Manajemen pemasok dan seluruh siklus pengadaan dapat dengan mudah diotomatisasi, diprediksi, dan dipantau dengan bantuan dasbor pengadaan modern yang diberdayakan dengan fitur cerdas yang dibutuhkan setiap departemen pengadaan. Untuk dapat bermain di lingkungan bisnis yang kompetitif, perusahaan harus memberikan strategi terbaik dalam memenuhi kebutuhan organisasi dan kontraktor terkait. Mengizinkan BI untuk menyatukan dan memperkuat data dan manajemen akan memastikan pengembangan yang stabil dan, pada akhirnya, mengurangi biaya yang berharga. Jika Anda melihat lebih dekat pada dashboard di atas, Anda dapat dengan jelas melihat struktur pemasok dan bagaimana pengaruhnya terhadap fungsi pengadaan. Melacak metrik yang relevan seperti tingkat kepatuhan, jumlah pemasok, dan waktu siklus pesanan pembelian, antara lain, akan menguntungkan setiap karyawan yang ingin bekerja sebaik mungkin. Ikhtisar semacam ini, disertai dengan data waktu nyata, terstruktur dalam visual yang jelas dan interaktivitas yang tidak dapat ditawarkan oleh spreadsheet statis, akan berdampak positif pada kinerja, negosiasi di masa mendatang, dan strategi.


3. Penjualan

Tidak ada perusahaan yang dapat bertahan di pasar saat ini tanpa departemen penjualan yang seringkali penuh dengan proses yang rumit dan strategi yang selalu berubah, baik jangka pendek atau lebih lama. Menyetel operasi penjualan, manajemen CRM, prospek, dan pemantauan kinerja menjadi satu gambaran umum dapat menjadi tantangan berat bahkan bagi para profesional berpengalaman. Cukup sering, data tersebar melalui berbagai sistem dan satu-satunya cara untuk menghubungkannya adalah melalui spreadsheet tradisional. Zaman modern membutuhkan solusi modern, dan BI melangkah ke dalam fungsi yang menuntut ini dan menghasilkan solusi untuk setiap profesional penjualan yang terlibat.


Dasbor penjualan profesional adalah salah satu blok bangunan dari solusi semacam itu. Memiliki metrik yang mencakup semua dalam ikhtisar interaktif menciptakan fokus pada data yang paling relevan untuk skenario penjualan tertentu. Di dasbor kami di atas, kami memiliki KPI terpadu yang paling penting bagi eksekutif tingkat c dan VP. Metrik tingkat tinggi seperti pendapatan, tingkat penjualan dan penjualan silang, penjualan tambahan, dan perincian biaya memberikan gambaran menyeluruh tentang strategi tingkat tinggi yang ditentukan dalam departemen penjualan. Dengan menghubungkan sumber data yang diperlukan, jalur penjualan dapat bekerja lebih efektif, sehingga menghasilkan pendapatan baru. Dengan memvisualisasikan perkembangan departemen, setiap eksekutif dapat menggali lebih dalam untuk melihat metrik mana yang tidak berkinerja baik di masa lalu, menyegarkan data secara real-time, dan bertindak sebelum kemacetan serius terjadi.


4. Pemasaran

Pemasaran adalah bagian penting dari setiap perusahaan, tidak peduli apakah itu dilakukan di rumah atau dari sudut pandang agensi. Kegiatan promosi perlu terus diperbarui, banyak laporan dikirim secara teratur dan inisiatif strategis dibahas secara jelas dan rinci. Dengan begitu, perusahaan tahu apa yang diharapkan dari departemen pemasaran, agensi dapat menghormati tenggat waktu yang ketat, dan para profesional dapat menghemat banyak waktu. Banyak informasi berharga dapat dikumpulkan di dasbor pemasaran yang sederhana, namun komprehensif dan terperinci  Dasbor di atas dibuat berdasarkan metrik CMO yang relevan yang biasanya didiskusikan oleh perusahaan selama perencanaan strategis inisiatif pemasaran. Sering terjadi bahwa volume data yang sangat besar tidak dapat dikelola melalui cara pelaporan atau presentasi data tradisional. Itulah mengapa dasbor ini menunjukkan metrik tingkat tinggi seperti biaya per prospek, MQL, SQL, dan pendapatan bersih masing-masing, di antara metrik penting lainnya. Mereka dapat dengan mudah memberi tahu Anda di mana posisi departemen pemasaran Anda dibandingkan dengan bulan sebelumnya dan memungkinkan Anda untuk menarik kesimpulan dan kemungkinan penyesuaian. Dasbor ini dapat sepenuhnya otomatis sehingga CMO tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyusun laporan setiap kali mereka mengadakan rapat atau ingin menganalisis kemajuan pemasaran mereka.


Baca juga : Metode Pengumpulan Data Sekunder, Bisa Menggunakan Apa Saja Sih?


5. Kursus Data Science Gratis bersama DQLab Academy!

Halo sahabat data yuk nikmati belajar gratis bersama DQLab Academy! dengan belajar data science dari dasar hingga tingkat advance. Dengan belajar di DQLab kamu akan menikmati belajar anti ribet dengan live code editor yang bisa kamu lihat langsung hasil belajarnya. 


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!