[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 13 Menit 7 Detik 

Data Scientist vs Data Engineer: Memahami Keterkaitan Dua Profesi Terseksi Di Era Big Data!

Belajar Data Science di Rumah 15-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d967bd58f87fb7630fa5ec65fd83cc14_x_Thumbnail800.jpg

Profesi sebagai praktisi data kini menjadi impian banyak orang. Mengapa? Memasuki era digitalisasi, tanpa kita sadari banyak kegiatan atau aktivitas beralih ke digital. Kumpulan informasi dari aktivitas ini disebut data. Kumpulan data dengan beragam jenis, jumlah yang besar, dan terkumpul dalam waktu yang relatif singkat disebut big data. Bayangkan jika data yang sangat banyak tersebut hanya dibiarkan menumpuk begitu saja. Lama kelamaan akan menjadi tidak berguna. Padahal data bisa dimanfaatkan untuk perkembangan bisnis atau pelayanan suatu perusahaan atau badan usaha. Praktisi data adalah orang yang bertugas mengolah big data tersebut dengan tujuan memperoleh informasi yang berguna berupa insight yang berkaitan dengan bisnis atau badan usahanya. Dengan begitu perusahaan atau badan usaha terkait bisa melakukan evaluasi terhadap bisnisnya. Inilah mengapa seorang praktisi data sangat berpengaruh dalam laju bisnis dan menjadi profesi impian banyak orang.


Data Scientist dan Data Engineer merupakan profesi sebagai praktisi data terseksi saat ini. Talent-talent data yang handal banyak dicari perusahaan-perusahaan mulai dari yang berskala kecil maupun yang sudah berskala besar. Peluang karir pun terbuka lebar. Sehingga baik yang punya background IT ataupun tidak mulai beralih profesi sebagai praktisi data. Data Scientist dan Data Engineer bekerja dengan data, namun keduanya memiliki perannya masing-masing. Nah, kali ini DQLab akan membahas mengenai Data Scientist vs Data Engineer. Penasaran? Simak dibawah ini, yuk!


1. Mengenal Role Data Scientist

Data scientist dapat dikatakan sebagai profesi yang memiliki nilai tinggi dalam industri. Seorang data scientist dituntut untuk memiliki kemampuan matematika dan statistik yang kuat, mampu berpikir kritis serta problem solving yang baik. Data scientist bertanggung jawab mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan memvisualisasikan data dimana hasil analisis tersebut dapat dijadikan pedoman bagi perusahaan untuk memprediksi dan mengambil keputusan selanjutnya. Cakupan data yang dihadapi data scientist sangat besar dan kompleks. Tak jarang data scientist bereksperimen dengan menciptakan algoritma-algoritma atau metode yang mendukung proses pengolahan data yang sangat besar dan kompleks tersebut selain menggunakan metode yang sudah umum.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Role Data Engineer, Si Arsitek Data

Data Engineer merupakan profesi yang juga tak kalah penting perannya dalam industri. Data engineer bertugas merancang arsitektur data dan juga memelihara atau monitoring infrastrukturnya. Sebagai data engineer wajib memiliki kompetensi dasar seperti memahami konsep ETL (Extract Transform Load), pipeline, data warehouse, serta mampu melakukan optimasi data. Mengapa? Sebab seorang data engineer harus mampu membuat infrastruktur data yang baik dan mudah diakses oleh orang lain.



3. Keterkaitan Data Scientist Dan Data Engineer Di Berbagai Industri

Peran Data Scientist dan Data Engineer pada dasarnya saling berkaitan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya peran data engineer yaitu membangun arsitektur data dan memastikan data menjadi mudah diakses. Data tersebut akan diakses oleh Data Scientist untuk diolah dan dianalisis untuk memperoleh informasi berupa insight yang berpengaruh dalam jalannya bisnis. Misalnya dalam industri retail. Bayangkan jika data transaksi yang yang berjumlah besar tidak tersimpan dengan rapi. Perusahaan akan kesulitan melihat atau mencari data transaksi per bulan atau per tahun yang bisa digunakan untuk melihat apakah target penjualan terpenuhi atau tidak. Begitu pula dengan data scientist. Butuh waktu yang sangat lama jika harus mengolah data secara konvensional mengingat data berjumlah sangat banyak dengan kompleksitas yang tinggi. Perlu diterapkan metode yang membuat pengolahan data lebih efisien dan efektif serta lebih akurat. Oleh karena itu Data Scientist dan Data Engineer adalah dua profesi yang saling terkait dan memiliki pengaruh besar dalam berbagai industri contohnya industri retail, perbankan, pendidikan, dan sebagainya. Ingin menjadi Data Scientist atau Data Engineer? Mulailah belajar data dan temukan passionmu!

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!