DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 38 Menit 4 Detik 

Data Sekunder vs Primer dalam Penelitan Terupdate 2022

Belajar Data Science di Rumah 04-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a244df63d7e65379dacd818c47d09301_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan kumpulan informasi yang berisi suatu kejadian yang bisa diperoleh dari sumber-sumber tertentu. Data merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan penelitian. Berdasarkan cara memperolehnya, data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Perbedaan data sekunder dan data primer meliputi beberapa hal seperti waktu pengambilan, sumber data, contoh data, dan masih banyak lainnya. Walaupun memiliki beberapa perbedaan, kedua jenis data ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing bahkan bisa digunakan secara bersamaan.


Data primer adalah data yang diperoleh dengan cara peneliti langsung mengambil data tersebut, bukan mendapatkannya dari pihak lain atau dapat dikatakan sebagai pihak pertama. Sedangkan data sekunder merupakan data yang diperoleh dari pihak yang telah mengumpulkan sebelumnya. Biasanya data sekunder merupakan data primer yang te;lah diolah dan disajikan dengan baik oleh pihak pengumpul data. Untuk pembahasan lebih lanjut, yuk simak artikel berikut ini untuk mengetahui beberapa perbedaan data primer dan data sekunder!


1. Metode Pengumpulan Data

Data sekunder dan data primer memiliki metode pengumpulan data yang berbeda. Data primer biasanya dikumpulkan melalui metode wawancara langsung, eksperimen, survey, mengumpulkan responden untuk mengisi kuesioner atau teknik lainnya yang berhubungan langsung dengan data penelitian yang akan diambil. Sedangkan metode pengumpulan data sekunder dapat diperoleh dari buku, surat kabar, situs website atau dari dokumen pemerintah. Biasanya data sekunder yang didapatkan dapat berupa tabel, diagram, grafik atau hasil sensus.

data sekunder


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder, Apa Saja Sumber Data yang Bisa Digunakan?


2. Waktu Pengumpulan Data

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa data primer diambil secara langsung oleh peneliti, maka waktu yang diperlukan untuk pengambilan data ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar pula. Hal ini dikarenakan adakalanya situasi yang tidak dapat diprediksi oleh peneliti pada saat pengumpulan data. Berbeda dengan data primer, waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan data sekunder cenderung lebih cepat dikarenakan peneliti cukup mengunjungi atau mengambil data yang telah dikumpulkan dan diolah oleh pihak pengumpul data sebelumnya.

data sekunder


3. Biaya Pengumpulan Data

Jika pada bagian sebelumnya telah dibahas mengenai waktu pengumpulan data primer dan data sekunder, selain waktu pengumpulan data yang berbeda, biaya yang dikeluarkan dalam pengumpulan data ini cukup berbeda pula. Pada pengumpulan data primer biaya yang digunakan cenderung lebih besar dibandingkan data sekunder. Pada data primer yang biasanya memakan waktu yang tidak sebentar, biaya operasional yang dikeluarkan pun cukup beragam. Sedangkan pada data sekunder biaya yang dikeluarkan biasanya sebagai data pengganti atau data administrasi jika diambil melalui lembaga pemerintah bahkan pengambilan data sekunder yang dapat diperoleh secara gratis. Namun perlu diketahui bahwa biaya pengumpulan ini tidak dapat digunakan sebagai acuan mutlak.

data sekunder


4. Sifat dan Keakuratan Data

Data sekunder dan data primer merupakan dua jenis data yang berbeda dan memiliki ciri khas dan sifat masing-masing. Data primer cenderung bersifat real time dan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Sedangkan data sekunder cenderung bersifat lebih tetap. Selain itu dalam hal keakuratan data, data primer lebih akurat karena data tersebut dikumpulkan langsung dari lapangan berupa data mentah. Adapun data sekunder sedikit kurang akurat dikarenakan data tersebut telah melalui tahap pembersihan atau pengolahan data dari pihak pertama.

data sekunder


Baca juga : Metode Pengumpulan Data Sekunder, Bisa Menggunakan Apa Saja Sih?


5. Data Sekunder Sebagai Media Pembelajaran

Apakah kalian semua mengetahui bahwa di DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project? Praktek belajar di DQLab menggunakan livecode dapat kita terapkan pada data sekunder lohh. Untuk lebih memudahkan dan memahaminya, yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!