Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Empat Tipe Machine Learning yang Perlu Kamu Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 19-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-07-2023-12-18-212445_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning adalah suatu kecanggihan teknologi yang mana dipelajari agar mesin dapat belajar sendiri tanpa arahan dari manusia. Machine learning telah sering digunakan oleh berbagai perusahaan masa kini. Bahkan penerapan machine learning ini telah kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penggunaannya, terdapat beberapa tipe machine learning yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa tipe machine learning ini


Machine learing adalah salah satu cabangdari artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang memiliki berbagai karakteristik. Machine learning ini memiliki berbagai tahapan kerja, yaitu pengumpulan data dan informasi, eksplorasi data agar dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, penentuan machine learning model yang sesuai dengan sistem, pelatihan model, lalu evaluasi seluruh rangkaian hasil proses yang telah dilakukan.


Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa tipe machine learning. Yuk, simak bersama-sama!


1. Supervised Learning

Supervised learning adalah salah satu tipe machine learning yang bisa juga diartikan sebagai pembelajaran terbimbing. Supervised learning ini membutuhkan data yang memiliki label. Supervised learning biasanya digunakan untuk proses prediksi maupun klasifikasi.


Beberapa contoh algoritma supervised learning antara lain seperti regresi linier, support vector machine, naive bayes classifier, decision tree, dan masih banyak algoritma lainnya yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.


Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Unsupervised Learning

Unsupervised learning adalah tipe machine learning yang dalam penggunaannya tidak memerlukan data yang berlabel. Model dalam tipe ini dirancang agar dapat belajar sendiri dengan mengenali pola dan mencari karakteristik dalam pola.


Unsupervised learning sering digunakan untuk proses clustering, deteksi anomali, dan association rule. Selain itu model ini bisa mempelajari data secara real time. Beberapa contoh algoritma unsupervised learning adalah K-Means dan Fuzzy C-Means.

Machine Learning


3. Reinforcement Learning

Reinforcement learning merupakan tipe machine learning yang beradaptasi dengan lingkungan atau environment. Tipe ini sedikit berbeda dengan tipe-tipe sebelumnya. Pada reinforcement terdapat agent yang berinteraksi dengan lingkungan, belajar dan lalu bertindak berdasarkan pengalaman.


Terdapat beberapa istilah yang perlu diketahui dalam tipe machine learning ini. Beberapa diantaranya yaitu Agent, Environment, Action, State, Reward, Policy, Value, dan Q-Value. Beberapa karakteristik dari tipe ini antara lain agen tidak diinstruksikan tentang lingkungan dan tindakan yang akan dilakukan, serta prosesnya dilakukan dengan cara hit and trial.

Machine Learning


4. Semi Supervised Learning

Semi supervised learning adalah pembelajaran semi terarah atau biasa disebut dengan semi supervised learning. Tipe ini menggabungkan dua tipe machine learning sebelumnya. Algoritma ini dapat melibatkan data mulai dari yang berjumlah kecil sampai dengan yang berjumlah besar.


Tipe semi supervised learning memiliki dua metode yang biasa digunakan yaitu metode self training dan co training. Beberapa contoh dari tipe machine learning antara lain speech recognition, web content classification, dan the document classification.

Machine Learning


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Tipe-tipe machine learning  merupakan suatu hal yang perlu diketahui dan dipelajari. Dengan mengenali berbagai tipe machine learning maka bisa memilih algoritma yang tepat untuk permasalahan yang ada. Dasar-dasar machine learning bisa dipelajari di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login