PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 57 Menit 13 Detik

Fitur Utama dan Penerapan Azure Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 05-Juli-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-07-2024-07-05-205336_x_Thumbnail800.jpg

Azure Machine Learning (Azure ML) merupakan platform yang dikembangkan oleh Microsoft untuk memfasilitasi pengembangan, pelatihan, dan penerapan model Machine Learning secara efisien di lingkungan cloud. Dengan pertumbuhan yang pesat dalam volume data dan kompleksitas tugas ML, Azure ML menawarkan solusi yang sangat dibutuhkan bagi organisasi untuk menjalankan proyek ML mereka dengan lebih mudah dan efisien.


Platform ini menyediakan berbagai fitur yang mendukung seluruh siklus hidup proyek Machine Learning, mulai dari pengelolaan dataset, eksplorasi data, pemilihan dan pelatihan model, hingga penjadwalan dan penyebaran model ke lingkungan produksi. Dengan menggunakan Azure ML, pengembang dan ilmuwan data dapat mengurangi beban kerja administratif mereka dan fokus pada eksperimen, optimasi model, dan inovasi.


Azure Machine Learning adalah layanan cloud yang menyediakan berbagai alat dan infrastruktur untuk mengembangkan dan memanfaatkan model Machine Learning. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengelola siklus hidup Machine Learning dari awal hingga akhir, termasuk pengumpulan data, pemrosesan, pelatihan model, evaluasi, dan penyebaran model dalam skala besar.


Pada artikel ini, DQLab akan menjelaskan konsep dasar Azure Machine Learning dan menguraikan empat fitur utamanya.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


1. Pengelolaan Siklus Hidup Machine Learning

Azure ML menyediakan lingkungan terpadu untuk mengelola seluruh siklus hidup Machine Learning. Ini mencakup:

  • Pengumpulan dan Pemrosesan Data: Integrasi dengan Azure Data Lake Storage, Azure SQL Database, dan sumber data lainnya untuk pengumpulan dan pra-pemrosesan data.

  • Pembuatan dan Pelatihan Model: Penggunaan algoritma ML yang disediakan secara default, serta kemampuan untuk menggunakan Python dan kerangka kerja seperti TensorFlow dan PyTorch.

  • Evaluasi Model: Pemantauan kinerja model dan pengujian dengan menggunakan metrik evaluasi yang disesuaikan.

Machine Learning


2. Automated Machine Learning (AutoML)

Azure ML menyediakan fitur AutoML yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat model Machine Learning tanpa perlu menjadi ahli dalam pemrograman atau algoritma. Fitur ini mencakup:

  • Pemilihan Model Otomatis: Azure ML akan melakukan eksplorasi dan evaluasi terhadap berbagai jenis model untuk menentukan model terbaik yang sesuai dengan data.

  • Optimasi Hyperparameter: Automatisasi proses optimasi hyperparameter untuk meningkatkan kinerja model.

Machine Learning


3. Penyediaan Model (Model Deployment)

Azure ML menyediakan fasilitas untuk men-deploy model Machine Learning dalam skala besar dengan cepat dan mudah. Fitur ini mencakup:

  • Deploy ke Container: Menyediakan model sebagai layanan API REST atau layanan web yang dapat diakses dari berbagai aplikasi.

  • Monitoring dan Manajemen: Monitoring kinerja model secara real-time, skala otomatis, dan pembaruan model secara berkala.


4. Integrasi dengan Ekosistem Azure

Azure ML terintegrasi dengan berbagai layanan dan alat di dalam ekosistem Azure, seperti:

  • Azure DevOps: Integrasi dengan alur kerja CI/CD untuk otomatisasi penyebaran model.

  • Azure Kubernetes Service (AKS): Penyediaan model pada infrastruktur Kubernetes untuk meningkatkan skalabilitas dan ketersediaan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Azure Machine Learning menawarkan solusi yang kuat untuk pengembangan dan implementasi model Machine Learning di lingkungan cloud. Dengan fitur-fitur seperti pengelolaan siklus hidup ML, AutoML, penyediaan model, dan integrasi dengan ekosistem Azure, platform ini membantu organisasi mengoptimalkan proses analisis data dan pengambilan keputusan. 


Yuk pelajari berbagai tools bahasa pemrograman untuk machine learning bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.


Penulis: Galuh Nurvinda K





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login