3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 43 Menit 26 Detik

Gali Potensi Bisnis dengan 4 Poin Role Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 17-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-02-2024-01-19-095550_x_Thumbnail800.jpg

Dalam era digital yang dipenuhi dengan data, peran seorang data scientist menjadi semakin vital dalam membantu perusahaan membuat keputusan berdasarkan analisis mendalam. Job description dari seorang data scientist melibatkan berbagai keterampilan dan tanggung jawab yang memainkan peran kunci dalam mengubah data menjadi wawasan berharga. Data scientist adalah profesi yang berperan sebagai ahli dalam menganalisis dan mengurai data kompleks.


Melalui pemahaman dan penerapan keempat tugas utama, seorang data scientist menjadi pilar dalam mendukung pertumbuhan dan inovasi bisnis melalui optimalisasi pemanfaatan data. Di era yang semakin terhubung dan mengandalkan data, peran data scientist menjadi sangat penting untuk meramalkan, mengoptimalkan, dan memahami dinamika bisnis secara lebih holistik. Dengan demikian, perusahaan dapat bertransformasi menjadi entitas yang lebih adaptif dan responsif terhadap dinamika pasar. 


Pada artikel ini akan membahas secara rinci empat tugas utama yang membentuk landasan bagi peran data scientist.


1.  Analisis Data yang Mendalam

Tugas pertama adalah keahlian dalam melakukan analisis data secara mendalam. Data Scientist diharapkan mampu menggali set data besar dengan menggunakan metode statistik dan matematika. Mereka bertugas merumuskan pertanyaan bisnis, menyusun eksperimen, dan menerapkan model analitis untuk mengidentifikasi pola, tren, serta wawasan yang krusial untuk pengambilan keputusan.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pengembangan Model Prediktif

Tugas kedua melibatkan pengembangan model prediktif yang dapat meramalkan kejadian masa depan berdasarkan data historis. Pemahaman mendalam tentang algoritma machine learning, keterampilan dalam pemrosesan data dengan presisi, dan kemampuan untuk mengimplementasikan model-model ini dalam konteks bisnis menjadi unsur utama dalam tugas ini. Model prediktif membantu perusahaan meramalkan perilaku pelanggan, mengoptimalkan rantai pasokan, dan membuat keputusan strategis.

Data Scientist


3. Visualisasi Data yang Efektif

Tugas ketiga menekankan kemampuan dalam merancang visualisasi data yang efektif. Data Scientist perlu mampu mengkomunikasikan temuan mereka dengan cara yang mudah dimengerti oleh pemangku kepentingan non-teknis. Melalui penggunaan grafik, diagram, dan dashboard interaktif, mereka membantu mengubah wawasan yang kompleks menjadi narasi visual yang dapat mendukung pengambilan keputusan.

Data Scientist


4. Keamanan Data dan Kepatuhan

Selain fokus pada aspek analisis dan model, Data Scientist juga dituntut untuk menjaga keamanan data dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Mereka harus memahami risiko keamanan terkait manipulasi dan penyimpanan data serta memastikan bahwa praktik analisis mereka selaras dengan standar etika dan peraturan privasi.

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Seorang Data Scientist memiliki peran penting dalam mengelola dan menganalisis data untuk memberikan wawasan berharga yang mendukung pengambilan keputusan strategis perusahaan. Dengan keahlian dalam analisis statistik, pengembangan model prediktif, dan visualisasi data, Data Scientist berkontribusi secara signifikan dalam mengoptimalkan kinerja bisnis dan inovasi. Yuk perdalam skill yang dibutuhkan sebagai data scientist bersama DQLab!


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.


Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :