PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 41 Menit 34 Detik 

Gambaran Data dengan Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 13-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2c1c7ec09f38aff6113abe321e00c443_x_Thumbnail800.jpg

Halo sobat DQ, beberapa dari kalian mungkin sudah pernah melakukan beberapa jenis penelitian, baik penelitian yang sifatnya kualitatif maupun kuantitatif. Kedua jenis penelitian ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing.


Perlu diketahui bahwa dalam proses memilih teknik analisis data ini juga perlu disesuaikan dengan jenis penelitian yang digunakan. Pada artikel ini khususnya kita akan mengenali terkait penelitian kualitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif.


Jika mendengar kata ‘deskriptif’, mungkin kita sudah bisa mengira-ngira bahwa teknik ini digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu. Ya, pada penelitian kualitatif, teknik analisis data deskriptif ini digunakan untuk memberikan gambaran terkait data penelitian, gambaran secara umum ini tentunya sangat berguna bagi pembaca untuk mengetahui isi dari data yang ada.


Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak bersama-sama artikel berikut ini!


1. Data Kualitatif

Data secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif merupakan data yang bersifat numerik, sedangkan data kualitatif merupakan data yang bersifat non numerik.


Data kualitatif dapat dikumpulkan melalui beberapa metode seperti wawancara, observasi langsung, studi literatur, analisis dokumen, focus group discussion, dan metode serupa lainnya. data kualitatif ini penting dilakukan salah satunya adalah untuk menentukan karakteristik dan membentuk parameter data.


Cara mudah untuk mengetahui ciri khas dari data kualitatif adalah dengan tidak tercantumnya angka.

teknik analisis data


Baca juga: Simak Tips Gampang Cara Implementasi Teknik Analisis Data


2. Teknik Analisis Data Kualitatif

Teknik analisis data merupakan bagian penting pula dalam proses analisis data. Pemilihan dan penggunaan teknik analisis data yang tepat diimbangi dengan penerapannya yang sesuai akan memberikan hasil analisis yang baik pula.


Teknik analisis data kualitatif sudah tentu digunakan untuk jenis penelitian yang menggunakan data kualitatif. Beberapa contoh teknik analisis data kualitatif yang paling sering digunakan adalah metode deskriptif, wawancara, observasi, studi literatur, dan focus group discussion.

teknik analisis data


3. Karakteristik Penelitian Kualitatif

Setiap jenis penelitian tentunya memiliki sifat serta karakteristik masing-masing. Pada penelitian kualitatif, terdapat beberapa karakteristik yang perlu diketahui.


Beberapa diantaranya adalah menggunakan pola pikir deduktif, logika yang digunakan adalah logika positivistik atau positivisme, bersifat naturalistik atau sesuai dengan keadaan dilapangan, memiliki latar ilmiah, data bersumber langsung dari objek penelitian, batasan penelitian berupa fokus studi, cara analisis dilakukan secara induktif, dll.


Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Analisis Data Deskriptif Kualitatif

Teknik analisis data deskriptif kualitatif merupakan salah satu metode yang populer dan sering digunakan dalam penelitian. Analisis data deskriptif merupakan metode analisis yang bertujuan untuk memberikan gambaran umum terkait data penelitian, menjelaskan secara detail terkait isi data, dan lainnya.


Selain itu, perlu diketahui pula bahwa dalam menyampaikan ide untuk proses analisis deskriptif ini tetap berdasar dengan teori tertentu.

Teknik Analisis Data


Teknik analisis data deskriptif merupakan teknik analisis data yang populer dan sering digunakan oleh para peneliti. Teknik analisis data deskriptif ini tidak hanya bisa digunakan untuk data kualitatif saja loh, melainkan bisa pula digunakan untuk jenis data kuantitatif. Ingin tahu caranya? Yuk, langsung saja coba praktek di DQLab!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :