PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 2 Jam 33 Menit 29 Detik

Belajar Python : Hal-Hal Penting dalam Bahasa Pemrograman Python

Belajar Data Science di Rumah 16-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3bd3f73f7b1439274c3cfb7e37773e3f_x_Thumbnail800.jpg

Belajar python merupakan hal wajib bagi seseorang yang ingin berkecimpung di dunia data science. Python merupakan bahasa pemrograman yang paling populer di kalangan praktisi data. Bahkan bahasa pemrograman ini cukup mudah dipelajari untuk para pemula karena memiliki sifat high-level language programming sehingga mudah dibaca dan ditulis oleh manusia. Selain itu, python merupakan bahasa pemrograman yang multi-purpose yang artinya bahasa pemrograman python dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti menganalisis data, membangun dan mengembangan website dan apps, pengembangan machine learning, membuat game, dan lain sebagainya.


Bahasa pemrograman python memiliki berbagai fitur yang powerful untuk berbagai tugas. Beberapa library python beserta fungsinya antara lain NumPy untuk data science, Scikit-Learn untuk data mining, PyTorch untuk deep learning, TensorFlow untuk machine learning, dan lain sebagainya. Di bidang data science, library-library tersebut akan banyak digunakan oleh karena itu, jika kita ingin berkarir di dunia data science, kita harus memahami penggunaan library tersebut. Python memiliki banyak fitur dan kegunaan, oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas hal-hal penting dari python yang harus kita pahami khususnya bagi pemula.


1. Keunggulan Belajar Python

Python memiliki kelebihan dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain. Kelebihan tersebut adalah mudah dipelajari, mudah dibaca, cross-platform, memiliki banyak library, dan open source. Maksud dari mudah dipelajari adalah bahasa pemrograman python memiliki keyword dan struktur yang sederhana sehingga beginner user friendly. Aturan penulisan python mengharuskan user menggunakan spasi untuk menjorokkan blok kode program agar penulisan kode atau sintaks lebih rapi dan mudah dipahami. Python juga merupakan bahasa pemrograman cross-platform yang bisa digunakan diberbagai sistem operasi seperti windows, UNIX, Linux, MacOS, dan lain sebagainya. Seperti yang telah dijelaskan di awal, python merupakan bahasa pemrograman powerful yang memiliki berbagai library. Hingga saat ini, python memiliki 140.000 library atau packages. Terakhir, python bersifat open source yang artinya kita bisa menggunakan python untuk tujuan komersial maupun non komersial.


Baca juga: Ciri Khas Pemrograman Python dan Keunggulannya


2. Variabel Python

Variabel merupakan fitur pada python untuk menampung sebuah data atau informasi. Ada beberapa aturan penting yang harus kita ingat untuk menuliskan variabel python, yaitu:

  • Nama dari sebuah variabel harus dimulai dengan huruf, baik huruf kapital maupun non kapital atau karakter garis bawah yang biasa dikenal dengan underscore "_". Variabel tidak bisa dimulai dengan angka

  • Variabel bersifat sensitive case yang artinya setiap huruf kapital dan non kapital memiliki arti yang berbeda.

Agar lebih mudah dipahami, yuk simak video dari platform DQLab berikut ini!



3. Library Python untuk Data Science

Ada beberapa library python yang digunakan dalam data science, yaitu numpy, scipy, pandas, matplotlib, scikit-learn, dan seaborn. Numpy adalah library yang memudahkan dalam pendefinisian array baik satu dimensi, dua dimensi, tiga dimensi, maupun n dimensi dan digunakan untuk komputasi aljabar linier. Scipy atau scientific python merupakan library yang melengkapi numpy untuk keperluan komputasi saintifik lanjut seperti aljabar linier, integrasi, statistik, dan lain sebagainya. Pandas adalah library python yang digunakan untuk pengolahan data dalam bentuk tabular seperti excel. Matplotlib merupakan library visualisasi data dalam berbagai bentuk grafik baik 3D maupun 2D. Scikit-learn merupakan library untuk menghasilkan model prediktif menggunakan machine learning. Untuk penjelasan dan penggunaan library tersebut lebih lanjut, kamu bisa mengakses modul DQLab di sini.

python


4. Tipe Data dalam Python

Pada bahasa pemrograman python, ada banyak tipe data yang bisa digunakan dan diolah. Tipe data tersebut antara lain data string, integer, float, complex, number, boolean, list, tuple, set, dan dictionary. Klasifikasi data ini sebenarnya tidak mutlak karena kita bisa menggabungkan beberapa tipe data pada satu sintaks. Jika ditulis pada console python, tipe-tipe data tersebut akan muncul sebagai berikut

python


Baca juga : Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Belajar Python Lengkap Bersama DQLab

Python tidak hanya digunakan untuk data science loh, bisa juga digunakan untuk tujuan lain. Yuk belajar pengaplikasian python bersama DQLab! Klik button di bawah ini untuk sign up dan nikmati modul gratis "Introduce to Data Science" sebelum belajar data science lebih dalam.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login