BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 13 Menit 58 Detik 

Implementasi Data Sekunder di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 19-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3b09f0506b3681d155d9a62f4178594d_x_Thumbnail800.jpg

Data sekunder merupakan data yang diambil atau bersumber dari pihak yang telah mengumpulkan data sebelumnya. Sumber data sekunder dapat berasal dari instansi baik milik pemerintah maupun swasta. Data sekunder memiliki beberapa kelebihan sehingga menjadi salah satu pertimbangan peneliti untuk menggunakannya. Beberapa diantaranya adalah menghemat waktu dan biaya dalam proses pengambilan datanya. Dengan demikian, tidak heran jika implementasi data sekunder sudah sering kita jumpai. 


Data sekunder dan data primer merupakan dua jenis data yang dibagi berdasarkan cara memperolehnya. Pada data primer peneliti dituntut untuk lebih berpartisipasi aktif dibanding dengan peneliti yang menggunakan data sekunder. Perbedaan umum dari data primer dan data sekunder adalah jika data sekunder didapatkan dari pihak lain, maka data primer diperoleh dari proses pengambilan data langsung oleh peneliti bisa melalui wawancara, eksperimen, survey, dan lain-lain. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali beberapa implementasi data sekunder. Yuk, simak bersama DQLab!


1. Peningkatan Pelayanan Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan utama dalam keseharian manusia. Jika seseorang mengalami kendala atau merasa tidak enak pada kesehatannya, maka orang tersebut akan mengusahakan untuk ke tempat yang menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan. Saat ini administrasi pelayanan kesehatan mayoritas sudah menggunakan sistem digital untuk memudahkan prosesnya. Hal ini tentunya melibatkan data sekunder yang umumnya berupa informasi pribadi pasien atau calon pasien dan beberapa catatan terkait gejala, keluhan, atau riwayat kesehatan.

Data Sekunder


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder, Apa Saja Sumber Data yang Bisa Digunakan?


2. Prediksi Kelulusan Mahasiswa

Kelulusan mahasiswa merupakan salah satu poin penilaian dalam proses penentuan akreditasi perguruan tinggi. Namun yang menjadi permasalahan adalah waktu kelulusan mahasiswa yang tidak dapat dideteksi dalam waktu dekat yang berakibat kelulusan menjadi terlambat. Permasalahan ini telah diangkat menjadi penelitian oleh beberapa mahasiswa yang bertujuan untuk memprediksi kelulusan mahasiswa dengan beberapa variabel. Proses penelitian ini tentunya menggunakan data sekunder berupa data mahasiswa yang didapatkan dari pihak kampus atau perguruan tinggi.

Data Sekunder


3. Analisis Pertumbuhan Penduduk

Penduduk adalah semua orang yang berdomisili di wilayah geografis Indonesia. Ilmu yang mempelajari tentang struktur, proses dan perkembangan penduduk di suatu daerah disebut demografi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pertumbuhan penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini tentunya berpengaruh akan proses perpadatan penduduk yang mana ada kalanya tidak menyebar merata di seluruh wilayah. Berbagai hal terkait pertumbuhan penduduk akan memberi dampak ke berbagai bidang seperti pendidikan, ekonomi, teknologi, dll. Oleh karena itu saat ini banyak peneliti yang mengangkat tema pertumbuhan penduduk dengan memanfaatkan data penduduk terkait.

Data Sekunder


4. Analisis Pengaruh Ekspor Impor

Negara kita merupakan salah satu negara berkembang yang menganut sistem perekonomian terbuka. Proses transaksi antar negara atau skala internasional sudah dilaksanakan oleh negeri ini, salah satunya dengan cara ekspor dan impor. Proses ekspor dan impor ini melibatkan devisa, terutama jumlah transaksi ekspor dan impor yang dilakukan akan mempengaruhi jumlah devisa yang didapatkan dan dikeluarkan. Saat ini banyak peneliti atau mahasiswa yang mengangkat tema ekspor dan impor serta pengaruhnya terhadap devisa dan pendapatan negara.

Data Sekunder


Baca juga : Metode Pengumpulan Data Sekunder, Bisa Menggunakan Apa Saja Sih?


5. Mengenal Data Sekunder Lebih Dekat

Data sekunder saat ini seringkali menjadi pilihan yang paling diminati oleh para peneliti terutama untuk praktek belajar bahasa pemrograman. Data sekunder tidak hanya bisa didapatkan secara offline, melainkan dapat pula diakses dengan gratis secara online kemudian langsung diterapkan. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :