Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Implementasikan AI Chat GPT untuk Efisiensi Pekerjaan

Belajar Data Science di Rumah 16-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-09-2024-02-16-203320_x_Thumbnail800.jpg

AI adalah teknologi yang dapat memungkinkan komputer untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia seperti memecahkan masalah, membuat keputusan, dan juga belajar pengalaman. Salah satu contoh AI yang cukup populer saat ini adalah Chat GPT. AI yang satu ini dapat membantu para penggunanya dalam mengajukan sebuah pertanyaan dan memperoleh jawabannya secara langsung dengan bantuan teks.


Dengan menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami yang mutakhir, AI ini dapat memberikan respons yang sesuai dan akurat terhadap pertanyaan yang diajukan oleh penggunanya. Nah, pada artikel kita kali ini akan membahas apa itu Chat GPT, bagaimana cara kerjanya, manfaat, dan juga cara menggunakan Chat GPT ini. Jadi simak terus artikel di bawah ini ya!


1. Apa itu Chat GPT?

Chat GPT adalah bagian dari teknologi AI atau Artificial Intelligence yang bisa melakukan interaksi percakapan dengan pengguna melalui website resminya yaitu chat.openai.com. Ada beberapa tugas yang bisa dilakukan oleh Chat GPT ini yaitu dapat memecahkan sebuah masalah, menjawab berbagai jenis pertanyaan, dapat membantu programmer dalam mendapat code untuk codingan mereka, dan lain sebagainya.


Dengan berbagai jenis tugas yang dilakukannya, Chat GPT ini bisa disebut sebagai asisten virtual yang sangat bermanfaat untuk banyak orang.


Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Bagaimana Cara Kerja Chat GPT?

Chat GPT ini dapat bekerja dengan cara memanfaatkan teknologi pemrosesan bahasa alami yang sangat canggih untuk bisa memahami pertanyaan apa yang ingin pengguna ajukan dan juga memberikan jawaban yang tepat dan akurat.


Chat GPT ini sudah dilatih dengan menggunakan jutaan teks yang berasal dari berbagai jenis sumber seperti buku, artikel, jurnal ilmiah, dan juga tulisan-tulisan yang beredar di internet. Dengan melakukan pelatihan ini, Chat GPT dapat memperoleh kemampuan yang semakin baik dalam memahami teks dan juga menjawab pertanyaan para penggunanya. 


3. Manfaat Chat GPT

Chat GPT ini memiliki beberapa macam manfaat yang berguna untuk menjalankan berbagai tugas sehari-hari seperti:

  • Pemecah permasalahan. Manfaat pertama yang dapat dirasakan oleh pengguna adalah Chat GPT ini menghadirkan solusi untuk permasalahan kita. Seperti mencari rumus excel yang kita tidak ketahui. Dengan memberikan pertanyaan kepada Chat GPT ini, kita bisa dengan mudah mendapatkan rumus yang ingin kita ketahui dengan cepat.

  • Menjawab pertanyaan sulit. Chat GPT ini juga mampu untuk memberikan jawaban dari pertanyaan yang sulit. Ketika pengguna sedang kesulitan dalam menjawab sebuah pertanyaan Chat GPT ini menjadi salah satu solusi yang tepat bagi mereka.

  • Menyediakan Informasi. Pada dasarnya Chat GPT ini diciptakan sebagai salah satu layanan yang menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Hal inilah yang membuat para penggunanya mengajukan pertanyaan tentang topik yang mereka inginkan.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Cara Menggunakan Chat GPT

Bagi kalian yang ingin menggunakan Chat GPT ini tetapi masih bingung bagaimana cara menggunakannya. Kalian bisa memperhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, kalian bisa mengakses Chat GPT ini di website resmi mereka yaitu chat.openai.com 

  • Kedua, setelah kalian membuka website tersebut akan muncul halaman login. Jika kalian sudah memiliki akunnya sebelumnya kalian bisa langsung login menggunakan akun kalian. Jika kalian belum memiliki akunnya kalian bisa mendaftar akun kalian, kalian bisa menggunakan akun google, microsoft, maupun dengan akun apple.

Artificial Intelligence


  • Ketiga, setelah kalian login akan muncul halaman baru yang berisikan kolom chat pada bagian bawah yang bisa kalian langsung isi dengan pertanyaan kalian yang ingin kalian ajukan.

Artificial Intelligence

  • Keempat, Chat GPT akan menerima pertanyaan yang kalian ajukan. Kemudian ia akan melakukan identifikasi pertanyaan dan mencari jawaban yang sesuai dari teks yang telah dilatih.

Artificial Intelligence

  • Kelima, Setelah menemukkan jawaban yang sesuai, Chat GPT ini akan menyesuaikan jawaban tersebut agar sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh penggunanya. Jawaban ini sampai kepada pengguna sudah dalam bentuk yang sesuai dari segi penulisannya.

Artificial Intelligence


Pertajam skill data kamu dengan mengikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner. Self learning menyenangkan tanpa khawatir overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login