JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 9 Jam 57 Menit 33 Detik

Ingin Bangun CV dengan ChatGPT? Ikuti Cara Ini!

Belajar Data Science di Rumah 16-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-09-2023-10-17-115416_x_Thumbnail800.jpg

Teknologi AI yang tengah banyak digunakan masa kini dapat menciptakan sebuah program yang bisa belajar, berpikir, dan juga mengambil keputusan seperti manusia. Nah, salah satu produk AI yang sekarang banyak sekali orang pakai adalah Chat GPT.


Chat GPT ini mirip dengan chatbot ataupun virtual assistant yang digunakan pada beberapa perusahaan teknologi seperti Siri milik Apple dan juga google assistant.


Chat GPT ini memiliki beberapa kelebihan seperti memberikan berbagai macam informasi dengan cara memberikan pertanyaan yang langsung dijawab oleh AI, dapat memberikan jawaban yang lebih spesifik dan juga detail, dan lain sebagainya.


Chat GPT ini juga dapat membantu kita untuk menyelesaikan beberapa macam pekerjaan sampai dapat membantu kita untuk membanguan CV kita sendiri. Jika kalian masih merasa kesulitan ketika membuat CV, maka kalian bisa memanfaatkan Chat GPT ini untuk membantu kalian membuat CV kalian sendiri.


Nah, bagaimana sih cara membuat CV praktisi data dengan menggunakan chat GPT ini? Yuk kita simak artikel dibawah ini!


1. Mengenal CV dan Pentingnya Bagi Karir 

Sebelum kita beranjak bagaimana cara membuat CV, kita harus mengerti apa itu CV atau Curriculum Vitae. CV atau singkatan dari Curriculum Vitae adalah sebuah dokumen yang biasa digunakan untuk memberikan sebuah ringkasan secara lengkap mengenai latar belakang pendidikan kita, pengalaman bekerja kita yang pernah dikerjakan, skill milik kita, dan juga bisa ditambahkan pencapaian kita selama ini.


CV ini memiliki tujuan untuk membantu kita mencari pekerjaan untuk bisa memberikan suatu gambaran singkat mengenai siapa diri kita, tetapi bisa juga sebagai kualifikasi kita sebagai pelamar kepada perekrut kerja.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning

2. CV Profesi Bidang Data

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa CV adalah dokumen yang digunakan untuk memberikan ringkasan mengenai latar belakang diri sampai dengan menjelaskan pengalaman-pengalaman yang telah dicapai sebelumnya.


Nah, pada pembahasan kali ini bagaimana sih bentuk dari CV profesi bidang data? CV profesi bidang adalah adalah CV yang ditujukan untuk melamar pekerjaan atau posisi yang ada pada bidang data.


Sama seperti CV pada umumnya hanya saja pada CV profesi bidang data lebih spesifik yaitu menyoroti keterampilan pada pengolahan data, pendidikan yang relevan dengan analisis data, dan juga ilmu data secara umum.


3. Menggunakan Chat GPT untuk Membuat CV

Ketika kalian mengalami kesulitan untuk membuat sebuah CV, kalian dapat menggunakan teknologi AI yang cukup populer beberapa tahun belakangan ini yaitu Chat GPT. Chat GPT ini bisa menjadi solusi bagi kalian yang cukup kesulitan untuk membuat CV. Kalian bisa melihat caranya di bawah ini. 

  • Pertama kalian bisa masuk ke dalam website resmi milik Chat GPT yaitu chat.openai.com

  • Selanjutnya, jika kalian sudah memiliki akun kalian akan langsung masuk ke dalam halaman utamanya yaitu seperti di bawah ini:

Artificial Intelligence

  • Kemudian, kalian dapat membuat pertanyaan pada box pertanyaan tentang “bagaimana cara membuat cv untuk seorang praktisi data”, nantinya pertanyaan milik kalian akan diproses oleh AI dan secara otomatis jawaban akan muncul.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


5. Contoh CV dengan ChatGPT

Dengan kemunculan ChatGPT ini sangat membantu kita untuk membuat sampai dengan melihat bagaimana contoh CV praktisi data yang singkat, padat, dan jelas. Kalian bisa juga menggunakan chat GPT ini untuk mencari informasi-informasi lainnya dengan hanya bertanya saja kepada Chat GPT ini.


Tetapi kalian tidak harus mengandalkan AI ini, karena mungkin saja informasi yang ada pada AI ini belum terlalu terupdate, sehingga kalian juga harus tetap aktif menari informasi terbaru dari media lainnya agar kalian menjadi lebih update. Nah, untuk contoh CV praktisi data yang dihasilkan oleh Chat GPT ini seperti di bawah ini:

Artificial Intelligence


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar bersama Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login