SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 38 Menit 30 Detik

Inovasi AI di Kehidupan Sehari-hari dalam Kasus Nyata

Belajar Data Science di Rumah 29-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-09-2024-05-29-203645_x_Thumbnail800.jpg

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan merupakan simulasi kecerdasan manusia yang dimodelkan dalam mesin dan program komputer dan dapat meniru kecerdasan manusia untuk melaksanakan tugas tertentu. Beberapa aplikasi AI ini meliputi sistem pakar, pemrosesan bahasa alami, pengenalan suara dan visi mesin. Artificial intelligence ini telah banyak digunakan oleh siapapun. Beberapa contoh artificial intelligence dalam keseharian pun sudah sering kita jumpai.


Artificial intelligence atau kecerdasan buatan di masa kini tidak sulit untuk mempelajarinya. Keberadaan artificial intelligence dapat membantu memudahkan pekerjaan manusia. Artificial intelligence ini akan memiliki peran-peran tersendiri di kehidupan sehari-hari dengan belajar dari pengalaman manusia untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu.


Dengan demikian artificial intelligence dapat pula dikatakan sebagai simulasi dari kecerdasan manusia yang berkembang mengikuti kecanggihan teknologi.


1. Asisten Virtual

Pada masa kini asisten virtual adalah salah satu hal yang sering digunakan. Asisten virtual ini termasuk profesi yang bisa dikerjakan secara remote atau jarak jauh. Virtual assistant ini sering digunakan oleh perusahaan untuk melakukan tugas-tugas tertentu agar menjadi lebih efektif dan efisien. Beberapa tugas dan tanggung jawab asisten virtual antara lain sebagai asisten pribadi, mengentri data, mengelola media sosial, melayani pelanggan, dan mengelola email.

Artificial Intelligence

sumber: cmlabs


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Personalisasi Konten

Pada masa kini seringkali kita melihat banyak konten yang menyajikan berbagai hal. Salah satu hal yang bisa kita terapkan menggunakan artificial intelligence adalah untuk personalisasi konten. Personalisasi konten adalah sebuah strategi pemasaran digital yang melibatkan penggunaan data pelanggan dan telah banyak digunakan oleh bisnis. Manfaat dari personalisasi konten antara lain meningkatkan keterlibatan pelanggan, meningkatkan kesetiaan pelanggan, meningkatkan konversi penjualan, penghematan waktu dan sumber daya, serta pelanggan preferensi pelanggan yang lebih baik.


3. Search Engine

Jika kita ingin mencari tahu sesuatu dengan menggunakan internet, tentu kita akan menuju ke search engine atau bisa disebut pula sebagai mesin pencari. Search engine ini berfungsi untuk mencari dan menemukan informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kini telah banyak contoh search engine yang bisa kita jumpai, yaitu seperti Google, MSN, Yahoo, Bing, Baidu, Yandex, Duck Duck Go. Walaupun terdapat berbagai macam search engine, namun secara umum cara kerjanya adalah sama.

Artificial Intelligence


4. Online Translator

Perkembangan bahasa dari tahun ke tahun semakin bertambah. Jika beberapa tahun lalu kita hanya menguasai satu bahasa saja, alangkah baiknya kini kita bisa menguasai berbagai macam bahasa. Kalian bisa belajar bahasa asing lebih dalam dengan menggunakan bantuan online translator. Dengan adanya ini akan lebih memudahkan seseorang menerjemahkan bahasa baik itu kata ataupun kalimat.

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Artificial intelligence dan machine learning kini bukanlah hal asing dan bisa dipelajari oleh siapapun dan dimanapun. Dengan mengetahui berbagai contoh artificial intelligence tentu akan membuat lebih tertarik dengan cara kerja artificial intelligence.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login