[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 42 Menit 22 Detik 

Intip Prospek Karir Data Scientist yang Digemari Banyak Orang!

Belajar Data Science di Rumah 29-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d4394f861269e45151e6cb27a35af801_x_Thumbnail800.png

Profesi data sudah menjadi suatu rahasia umum dalam kalangan masyarakat, selain itu profesi data juga menjadi tren terbaru yang diminati oleh banyak orang. Profesi data yang dimaksud adalah Data Scientist, profesi tersebut merupakan profesi yang didasari oleh suatu disiplin ilmu yang dinamakan Data Science.


Ilmu Data Science sendiri merupakan ilmu yang mempelajari penggabungan antara ilmu komputer, statistika, dan matematika. Tujuan dari ilmu tersebut adalah menginterpretasi data agar dapat digunakan perusahaan untuk pengambilan keputusan. Oleh karena itu, profesi data yaitu Data Scientist menjadi salah satu profesi teratas dalam pencarian tenaga kerja di Indonesia. Yuk, kenali lebih dalam informasi seputar Data Scientist!



1. Definisi Data Scientist

Data Scientist merupakan profesi yang bertugas atau bertanggung jawab dalam mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan. Profesi ini terbiasa dalam menganalisa data perusahaan yang bervolume besar, baik terstruktur maupun tidak.


Selain itu, profesi Data Scientist berkemampuan untuk mengolah banyak data dalam satu waktu atau sehari. Dengan menjadi seorang Data Scientist, kalian diwajibkan untuk dapat memvisualisasikan hasil olahan data dengan profesional, kreatif, dan mudah dipahami. Maka dari itu, menjadi seorang Data Scientist memerlukan pembelajaran dan skill dasar yang memadai.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Jurusan Terkait Data Scientist

Karena profesi Data Scientist yang berkaitan dengan data, teknologi, komputer, perhitungan, dan bisnis, maka dari itu terdapat beberapa jurusan kuliah yang dapat kalian masuki apabila tertarik atau ingin menjadi seorang Data Scientist. Berikut beberapa jurusan terkait bidang data.


  • Statistika.

  • Sistem informasi atau manajemen informatika.

  • Sistem informasi bisnis.

  • Teknik informatika.

  • Statistika terapan dan komputasi.


3. Fakta Seputar Data Scientist

Selain pengertian dan jurusan terkait Data Scientist, kalian juga perlu mengetahui beberapa fakta menarik seputar profesi Data Scientist yang belum banyak orang ketahui. Fakta-fakta tersebut dapat membantu kalian dalam memastikan keputusan kalian dalam menjalani profesi ini. Fakta pertama adalah lapangan kerja akan sumber daya profesi tersebut masih terbuka lebar, hal tersebut dikarenakan masih sedikitnya tenaga kerja yang terdapat di Indonesia.


Fakta kedua adalah upah profesi yang terbilang cukup tinggi, dikarenakan kebutuhan akan profesi tersebut yang sangat banyak, perusahaan rela memberikan upah yang cukup besar untuk profesi Data Scientist. Fakta ketiga adalah profesi ini sangat penting dalam perusahaan untuk membantu menentukan keputusan atau membangun strategi bisnis. Fakta menarik terakhir adalah profesi Data Scientist sangat mengutamakan proses, oleh karena itu setiap proses pengolahan data yang dilakukan akan dikerjakan dengan teliti dan terperinci.


4. Prospek Karir Data Scientist

Meskipun profesi Data Scientist berhubungan dengan teknologi, namun profesi ini tidak harus bekerja dalam perusahaan bidang teknologi. Banyak sekali perusahaan dalam berbagai bidang yang bisa dimasuki oleh Data Scientist, contohnya adalah kesehatan, transportasi, dan lainnya. Selain itu juga, ketika kalian memasuki industri data dengan menjadi profesi Data Scientist, terdapat tiga jenjang karir yang bisa kalian raih. 


Jenjang pertama adalah Data Scientist, yang dimana jenjang ini merupakan jenjang awal dalam karir kalian. Jenjang kedua adalah Senior Data Scientist, jenjang ini menandakan bahwa kalian sudah memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup dalam industri data. Jenjang tertinggi adalah Chief Data Scientist, yang dimana jenjang tersebut menandakan bahwa kemampuan kalian sudah diakui banyak orang dan dapat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perusahaan.

 

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Belajar Data Science Dengan Menyenangkan Bersama DQLab

Jika kalian ingin menjadi profesi Data Scientist, kalian memerlukan tempat belajar yang dapat mendukung keinginan tersebut. DQLab dapat kalian jadikan sebagai tempat belajar tersebut, selain mendapatkan materi belajar yang lengkap, sesi belajar pun dapat kalian sesuaikan dengan kegiatan kalian sehari-hari. Kalian bisa bergabung dengan sign up di DQLab.id, kemudian kalian dapat langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis, lho! Ayo, jadikan DQLab.id sebagai teman belajar data kalian!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!