PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 9 Menit 22 Detik

Investasi Sukses dengan Fungsi Keuangan Excel (NPV/IRR)

Belajar Data Science di Rumah 17-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-08-2024-06-18-164729_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan tools sederhana yang memiliki keberagaman fungsi untuk menganalisis data. Salah satu contohnya adalah proyeksi investasi yang merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan keuangan di masa depan yang lebih cerah. Namun, tidak semua investasi dapat memberikan keuntungan yang optimal. Oleh karena itu, diperlukan strategi keuangan yang efektif dalam mengelola investasi yang dilakukan. 


Oleh karena itu, pernah nggak sih kalian bertanya-tanya bagaimana para investor sukses memilih proyek investasi yang menguntungkan dengan efektif dan bijaksana? Apakah mereka juga menggunakan Excel? Jawabannya ‘Ya!’, salah satu rahasianya terletak pada tools yang digunakan yakni Excel, beserta rumus ajaib untuk membantu dalam mengembangkan strategi keuangan, khususnya NPV (Net Present Value) dan IRR (Internal Rate of Return) untuk membuat keputusan investasi yang cerdas dan memaksimalkan keuntungan!

1. Pengertian Investasi dan Pentingnya Membuat Keputusan Investasi yang Efektif dan Bijaksana


Investasi merupakan sebuah proses penyimpanan sejumlah dana pada suatu aset dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa mendatang. Investasi hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari deposito, saham, reksadana, hingga properti. Setiap jenis investasi memiliki potensi keuntungan dan risikonya sendiri. 


Oleh karena itu, penting untuk menyusun strategi keuangan yang matang sebelum berinvestasi. Keputusan yang bijaksana menjadi salah satu kunci yang dapat mempengaruhi keberhasilan investasi. Selain itu, kegagalan dalam menganalisis risiko secara matang dan memilih investasi yang tepat dapat mengakibatkan kerugian finansial yang besar bagi para investor.


2. Pengenalan Fungsi Keuangan Excel: NPV dan IRR

Fungsi keuangan pada Excel merupakan alat yang dapat digunakan untuk menganalisis performa keuangan secara kuantitatif. NPV dan IRR adalah dua fungsi keuangan Excel yang sering digunakan dalam mengembangkan strategi keuangan. NPV merupakan perhitungan untuk mengetahui nilai bersih dari suatu investasi, yaitu selisih antara nilai investasi awal dengan nilai sekarang dari investasi tersebut.


Jika nilai NPV positif, maka investasi dianggap menguntungkan, begitu juga sebaliknya jika nilai NPV negatif, maka investasi dianggap rugi.  Contohnya bisa dilihat di bawah dengan memanggil fungsi “=NPV(rate discount, cell cash flow 0: cell cash flow 3)”.


Excel

Sumber: invesnesia.com


Berbeda dengan NPV, IRR merupakan perhitungan untuk mengetahui tingkat pengembalian dalam bentuk persen dari suatu investasi. IRR juga dapat digunakan untuk membandingkan tingkat pengembalian dari berbagai investasi yang berbeda. Nah, untuk penggunaan kedua rumus tersebut kalian cukup memanggil fungsi tersebut dengan “=IRR”, seperti contoh di atas.


Baca juga: Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


3. Langkah-langkah Menggunakan Fungsi Keuangan Excel (NPV/IRR) dalam Mengembangkan Strategi Keuangan

Setelah memahami pengertian dari investasi, dan fungsi keuangan Excel (NPV/IRR), berikut langkah-langkah yang dapat diikuti untuk menggunakan fungsi keuangan Excel untuk mengembangkan strategi keuangan yang efektif dan bijaksana::

  1. Menentukan nilai investasi awal dan arus kas/cash flow yang diharapkan dari investasi.

  2. Menghitung NPV dan IRR menggunakan fungsi keuangan Excel.

  3. Membandingkan nilai NPV dan IRR dari berbagai investasi yang berbeda untuk menentukan investasi mana yang paling menguntungkan.

  4. Melakukan analisis terhadap risiko dan keuntungan dari setiap investasi untuk memastikan keputusan investasi yang bijaksana.


Baca juga: Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Ambil Keputusan Investasi Bijak dengan Excel

Dengan memahami pengertian investasi, pentingnya membuat keputusan investasi yang bijaksana, dan penggunaan fungsi keuangan Excel (NPV/IRR), diharapkan dapat membantu para pemula yang ingin belajar berinvestasi untuk mengembangkan strategi keuangan yang efektif. Selain itu, kalian juga harus tetap mempertimbangkan risiko dari setiap investasi, yang mana ini menjadi kunci dalam membuat keputusan investasi yang bijaksana, sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.


Yuk, nikmati modul Excel lainnya dan bergabung dengan DQLab adalah solusi buat kalian yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kalian bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun nggak punya basic IT, lho. Disini kalian akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet, kalian bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kalian bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! Sahabat DQ juga bisa mengikuti Bootcamp Data Analyst with Excel


Penulis: Lisya Zuliasyari



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login