2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 24 Menit 10 Detik

Jadi Data Scientist Otodidak, Emangnya Bisa?

Belajar Data Science di Rumah 12-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-02-2024-04-06-222554_x_Thumbnail800.jpg

Majunya teknologi membuat peran data semakin penting. Dengan adanya data ini kita bisa melakukan banyak sekali hal seperti penelitian dan juga analisis yang bertujuan untuk memperoleh informasi yang berguna. Informasi ini dibutuhkan untuk digunakan oleh perusahaan sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan bisnis di masa yang akan datang. Perusahaan juga bisa memprediksi trend yang akan muncul selanjutnya. Hal ini pastinya akan menguntungkan dari segi perusahaan agar bisa bersaing dengan perusahaan lainnya.


Salah satu profesi yang bisa mengelola data-data ini adalah data scientist. Data scientist sekarang sudah banyak sekali dibutuhkan oleh perusahaan baik perusahaan swasta maupun milik negara. Selain itu, untuk menjadi seorang data scientist juga bisa dengan berbagai cara salah satunya adalah belajar secara otodidak. Mungkin bagi beberapa orang masih kebingungan ketika belajar secara otodidak.


Nah, pada artikel kali ini kita akan mempelajari tahapan untuk menjadi data scientist secara otodidak. Yuk kita simak pembahasannya!


1. Memahami Tugas Data Scientist

Sebelum Anda mulai mempelajari teknik dan alat yang digunakan, penting untuk memahami terlebih dahulu berbagai tugas yang harus dilakukan oleh seorang data scientist. Mengetahui tugas dan tanggung jawab seorang data scientist penting karena hal tersebut akan membantu Anda lebih fokus dalam memperoleh keterampilan yang diperlukan. 


Seorang data scientist memiliki tanggung jawab untuk mengolah data dengan tujuan menghasilkan informasi yang bermanfaat. Selain memproses data, seorang data scientist juga bertanggung jawab untuk mengelola data dengan baik, memastikan data tersimpan dengan rapi dan dapat diakses dengan mudah saat diperlukan, mengembangkan teknik machine learning untuk mempermudah analisis dan memberikan pengalaman yang menarik bagi pengguna, serta melakukan eksperimen dengan model-model untuk meningkatkan efisiensi pengolahan data.

Data Scientist

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mempelajari dan Menguasai Kompetensi Dasar Data Science

Kalian juga harus memahami dasar-dasar data science. Seperti mempelajari linear algebra, probabilitas, dan kalkulus. Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang linear algebra, kalian akan lebih mudah dalam memahami apa yang terjadi di balik sejumlah tahap coding.  Selain itu, linear algebra juga bisa mengembangkan intuisi yang lebih baik ketika kamu mengoperasikan machine learning dan deep learning. Sehingga, kalian bisa mengembangkan model yang lebih baik dan bisa memiliki hyperparameter yang tepat. 


3. Memperdalam Kemampuan Statistik

Salah satu keahlian atau kemampuan yang wajib dimiliki dan dikuasai untuk menjadi seorang data scientist adalah statistik. Bidang keilmuan ini adalah salah satu pilar yang membangun adanya ilmu data science. Data scientist adalah profesi yang menerapkan ilmu data science untuk menyelesaikan tugasnya.


Kalian bisa memulai dengan mempelajari jenis-jenis data statistik, metode pengolahan yang sering digunakan oleh data scientist untuk bisa menganalisis, dan juga bagaimana caranya menyajikan hasil analisis data tersebut dengan menggunakan grafik yang tepat. 


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Kenali Machine Learning dan Membangun Proyek Data

Kalian perlu mempelajari teori-teori mengenai model machine learning dan mencobanya secara mandiri. Pada tahap ini, kalian harus mulai untuk mengerjakan proyek data milik kalian sendiri. Salah satu pembuatan proyek data ini adalah dengan kalian mengunduh dataset-dataset yang tersedia pada berbagai platform online untuk kalian coba analisis dan prediksi dengan menggunakan machine learning.


Dengan mengerjakan proyek datak kalian sendiri, kalian akan memiliki pengalaman yang akan menguatkan pemahaman terhadap konsep dan teori yang selama ini sudah kalian pelajari.

Data Scientist

Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Sahabat DQ juga bisa gali potensi dari materi Machine Learning dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login