PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 10 Menit 35 Detik

Jago Data Engineer dengan Roapmap Lengkap Belajar SQL

Belajar Data Science di Rumah 14-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-04-2024-04-06-221906_x_Thumbnail800.jpg

Halo, calon Data Engineer! Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang profesi keren ini, tapi tahu nggak sih, apa saja yang perlu dikuasai untuk jadi Data Engineer yang handal? Salah satu kuncinya adalah SQL, bahasa yang sangat penting untuk mengelola dan memanipulasi data. Nah, artikel ini bakal ngajak kamu mengenal lebih dalam tentang roadmap Data Engineer dan memberikan panduan lengkap belajar SQL, mulai dari query dasar, pengelolaan basis data, sampai optimasi query.


Belajar SQL itu nggak serumit yang dibayangkan, kok! Dengan langkah-langkah yang tepat dan kemauan untuk belajar, kamu bisa menguasai skill ini dan membuka banyak peluang karir yang menjanjikan. Yuk, kita mulai perjalananmu menjadi Data Engineer!


1. Mengapa SQL Itu Penting?

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa standar untuk mengakses dan mengelola database. Sebagai Data Engineer, kamu akan sering bekerja dengan berbagai jenis database untuk mengatur, mengelola, dan memanipulasi data. SQL memudahkan kamu untuk mengakses informasi yang diperlukan dengan cepat dan efisien. Tanpa kemampuan SQL yang kuat, kamu akan kesulitan untuk melakukan tugas-tugas dasar dalam pekerjaan sehari-hari.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Memulai dengan Query Dasar

Data Engineer

Langkah pertama dalam belajar SQL adalah memahami query dasar. Query adalah instruksi yang kamu berikan kepada database untuk melakukan tugas tertentu, seperti mengambil data, mengupdate data, atau menghapus data. Beberapa query dasar yang perlu kamu pelajari adalah SELECT (untuk mengambil data), INSERT (untuk menambahkan data), UPDATE (untuk mengubah data), dan DELETE (untuk menghapus data). Dengan menguasai query dasar ini, kamu sudah bisa melakukan banyak hal dengan database.


3. Pengelolaan Basis Data

Setelah menguasai query dasar, langkah berikutnya adalah belajar bagaimana mengelola basis data. Ini termasuk memahami bagaimana membuat dan menghapus tabel, mengatur relasi antar tabel, dan menjaga integritas data. Kamu juga perlu memahami konsep-konsep seperti primary key, foreign key, dan indexing. Pengetahuan ini akan membantumu mengorganisasi data dengan lebih baik dan memastikan data tetap konsisten dan akurat.


4. Optimasi Query

Data Engineer

Menguasai SQL bukan hanya tentang menulis query yang benar, tetapi juga tentang menulis query yang efisien. Optimasi query adalah proses memperbaiki kinerja query sehingga dapat dijalankan lebih cepat dan dengan penggunaan sumber daya yang lebih sedikit.


Beberapa teknik optimasi yang perlu kamu pelajari termasuk penggunaan indexing, penghindaran query yang kompleks, dan penggunaan join yang efisien. Dengan optimasi yang baik, kamu bisa mengurangi waktu pemrosesan dan meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.


5. Tools dan Sumber Belajar

Data Engineer

Ada banyak tools dan sumber belajar yang bisa membantumu menguasai SQL. Beberapa tools yang sering digunakan oleh Data Engineer termasuk MySQL, PostgreSQL, dan Microsoft SQL Server. Untuk belajar, kamu bisa memanfaatkan tutorial online, kursus video, dan buku.


Platform seperti DQLab menawarkan berbagai kursus SQL yang dapat membantumu belajar dari dasar hingga mahir. Jangan ragu untuk mencoba berbagai sumber belajar dan menemukan metode yang paling sesuai denganmu.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Dengan mengikuti roadmap ini dan terus melatih keterampilan, kita akan menjadi seorang data engineer yang kompeten dan siap bersaing di pasar kerja yang semakin ketat dalam bidang data engineering. Ingatlah untuk tetap terbuka terhadap pembelajaran baru dan selalu mencari kesempatan untuk meningkatkan diri.


Yuk perdalam pemahaman skill data engineer kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login