PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 44 Menit 25 Detik 

Jajaki Skill Coding dengan Array Python Simpel

Belajar Data Science di Rumah 04-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a149b845643adc4b10a37d60c880c918_x_Thumbnail800.jpg

Sebagai seorang data scientist skill wajib yang kamu miliki salah satunya adalah bahasa pemrograman python. Jadi, merupakan langkah awal yang tepat bagi kamu yang ingin menjadi seorang data scientist dengan mulai mempelajari bahasa pemrograman python. Karena python salah satu bahasa pemrograman yang sintaksnya lebih ringkas dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.


Selain itu, python menyediakan banyak library yang sangat powerful untuk kita gunakan untuk berbagai kepentingan developer ataupun analisis data. Salah satu library yang paling sering digunakan adalah array. Array merupakan library ini digunakan untuk operasi cepat pada array, termasuk matematika, logika, manipulasi bentuk, sorting, selecting, I/O, dasar aljabar linear dan masih banyak lagi


Yuk, mulai mempelajari array python lebih lanjut pada artikel dibawah ini!


1. Kapan Harus Menggunakan Array

Tipe array.array hanyalah pembungkus tipis pada array C yang menyediakan penyimpanan hemat ruang dari tipe data style C dasar. Jika kamu perlu mengalokasikan array yang kamu tau tidak akan berubah, maka array bisa lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit memori dari pada list.


Kecuali kamu tidak benar-benar memerlukan array (modul array mungkin diperlukan untuk berinteraksi dengan kode C), penggunaan modul array tidak disarankan.


Baca juga: Praktek Coding Python Sederhana Bersama DQLab, Yuk!


2. Python List VS Array

Di python, kita dapat memperlakukan list sebagay array. Namun, kita tidak dapat membatasi jenis elemen yang disimpan dalam list misalnya seperti pada contoh dibawah ini:

python


Jika kamu membuat array dengan menggunakan modul array, semua elemen array harus dengan tipe numerk yang sama. Jika, kamu membuat array seperti kamu membuat list pada contoh sebelumnya. Maka akan muncul pesan error seperti contoh dibawah ini. 

python


3. Menghapus Elemen Array

Selain itu, kita juga akan belajar menghapus array. Kamu dapat menghapus satu atau lebih item dari array menggunakan pernyataan del Python. 

python

Kamu bisa menggunakan metode remove() untuk menghapus item yang diberikan, dan metode pop () untuk menghapus item pada indeks yang diberikan. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini:


python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


4. Mengubah dan Menambah Elemen Array

Array juga dapat diubah, elemen mereka dapat diubah dengan cara yang sama ketika kamu membuat list. Yuk, langsung kita praktekkan cara membuatnya seperti pada contoh berikut ini:

python


Selain itu juga kamu dapat menambahkan satu item ke array menggunakan metode append(), atau menambahkan beberapa item menggunakan metode extend() seperti contoh berikut ini:

python


Gimana sahabat DQ? Terbukti bukan bahasa python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python.


Kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 


python


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :