PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 21 Menit 44 Detik 

Jenis Teknik Analisis Data Kualitatif Paling Sering Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 01-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a8aaafaed560495b8e2b71395693fc78_x_Thumbnail800.jpg

Memahami jenis teknik analisis data dalam penelitian sangatlah penting untuk diketahui. Hal ini dikarenakan, teknik analisis data dalam penelitian kualitatif sangat bermanfaat dalam penelitian untuk melakukan eksplorasi lebih mendalam terkait data-data penelitian kuantitatif yang mungkin telah kamu jalani. Dengan teknik analisis data kualitatif akan mengobservasi data angka, gambar bahkan simbol sehingga dapat menurunkan makna absolut dari data tersebut hampir mustahil jika hanya mengandalkan analisis data kuantitatif. 


Dalam penelitian agar bisa mendapatkan sebuah insight atau wawasan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan atau proses bisnis kamu perlu menerapkan teknik analisis data kualitatif. Langkah ini penting karena data harus dianalisis dengan benar sebelum peneliti dapat memahami temuan mana yang signifikan dan melaporkan temuan atau membuat penilaian pada hipotesis mereka. 


Jika data tidak dianalisis dengan hati-hati, temuan mungkin salah diartikan, yang dapat menyebabkan keputusan yang dibuat berdasarkan statistik tidak akurat mewakili seluruh dataset tersebut. Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas contoh teknik analisis data dalam penelitian kualitatif  yang penting untuk diketahui. Jangan lewatkan artikel ini ya!


1. Metode Wawancara

teknik analisis data

Wawancara merupakan tanya jawab lisan antara dua orang atau lebih secara langsung dengan maksud tertentu. Pada penelitian kualtatif, peneliti bertindak sebagai pewawancara (interviewer) dan narasumber atau responden bertindak sebagai yang diwawancarai (interviewer).


Informasi yang diperoleh dari hasil wawancara nantinya diurai dan diolah kembali dalam penelitian. Dengan metode wawancara kamu bisa menggali informasi dengan lebih mendalam dan berkualitas dengan mengembangkan pertanyaan yang sesuai dengan situasi terbaru. Selain itu kamu bisa mendapatkan hal-hal khusus yang sering luput dari perhatian.


Baca juga: Gimana Sih, Cara Implementasi Teknik Analisis Data yang Simple?


2. Metode Observasi

teknik analisis data

Observasi diartikan pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian. Observasi merupakan metode yang cukup mudah dilakukan untuk pengumpulan data. Observasi ini lebih banyak digunakan pada statistika survei, misalnya akan meneliti kelakuan orang-orang suku tertentu. 


Observasi ke lokasi yang bersangkutan akan dapat diputuskan alat ukur mana yang tepat untuk digunakan. Jika kamu menggunakan metode observasi akan membatu kamu jika narasumber atau objek penelitian kamu yang sibuk akan lebih senang diteliti melalui metode observasi ketimbang melakukan wawancara yang cenderung memakan waktu.


3. Metode Studi Literatur

teknik analisis data

Studi literatur merupakan sebuah proses pencarian berbagai hasil kajian atau studi yang akan berkorelasi dengan penelitian yang sedang kamu lakukan. Studi literatur termasuk pada kategori sumber data sekunder yang datanya dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. 


Karena biasanya sumber data dari studi literatur berasal dari, jurnal ilmiah, buku, makalah seminar, dan karya ilmiah. Kunci dari penggunaan data yang bersumber dari studi literatur adalah dengan mencari judul atau tema bacaan yang sesuai dengan topik penelitian yang sedang kamu jalani, setelah itu kamu bisa mulai membaca dan membuat resume atau summary yang bisa kamu jadikan sebagai data penelitian.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif

4. Metode Focus Group Discussion

Focus Group Discussion (FGD) adalah wawancara semi terstruktur dengan topik yang ditentukan sebelumnya dan dipimpin oleh seorang moderator ahli. Diskusi jenis ini termasuk dalam penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, sesuai dengan kesepakatan sebelumnya atau dengan produk yang akan dikembangkan. Diskusi diawali dengan pertanyaan yang dilontarkan moderator, kemudian ditanggapi dan didiskusikan di antara peserta. 

 

Moderator memiliki peran penting karena berfungsi menghasilkan diskusi bermanfaat dan opini maksimal dalam jangka waktu tertentu. Diskusi juga berlangsung santai, sehingga setiap peserta tidak akan merasa tertekan dalam menyampaikan pendapat. Penentuan kandidat berdasarkan pada berbagai jenis pertimbangan dan apa yang sedang saat itu dilakukan, jika tujuannya untuk melakukan riset pasar maka perusahaan akan mencari kandidat yang sesuai dengan target demografis. Demografis merupakan analisa karakteristik kelompok individu, umumnya ditentukan berdasarkan umur, ras dan jenis kelamin.

 

teknik analisis data

Ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :