PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 39 Menit 33 Detik

Job Description Data Engineer di Era Transformasi

Belajar Data Science di Rumah 02-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-04-2023-10-02-174817_x_Thumbnail800.jpg

Jika berbicara mengenai profesi kekinian, mungkin sebagian besar dari kita mengenali profesi data engineer. Ya, saat ini profesi yang berkaitan dengan data ini termasuk profesi yang banyak diincar oleh berbagai kalangan.


Data engineer adalah profesi yang secara umum bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Profesi ini banyak diperlukan oleh perusahaan masa kini demi mempersiapkan database yang siap diolah untuk mempermudah pengambilan keputusan. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa job description data engineer.


Setiap profesi tentu memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Untuk melaksanakan tugasnya secara maksimal diperlukan berbagai skill yang mendukung. Saat ini profesi data engineer termasuk ke dalam profesi yang sangat dibutuhkan.


Beberapa alasannya antara lain dikarenakan gaji yang cukup fantastis, pekerjaan yang tetap dibutuhkan di era digital, pekerjaan yang dapat dikerjakan dari mana saja, dan banyak perusahaan yang membutuhkan database engineer mulai dari start up hingga perusahaan besar.


Berikut ini  job description data engineer yang perlu kita ketahui.


1. Mengumpulkan Data

Data adalah kumpulan informasi yang berisi fakta suatu peristiwa. Data merupakan bagian penting dalam perusahaan. Data perusahaan dapat dikatakan sebagai suatu nyawa perusahaan.


Seorang data engineer memiliki tugas mengumpulkan data perusahaan dari berbagai sumber dan bentuk yang berbeda-beda. Setelah data terkumpul maka data engineer selanjutnya menyiapkan data agar bisa diolah oleh tim data analyst maupun data scientist. 

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Menyimpan Data

Seorang data engineer selain bertugas mengumpulkan data juga bertugas menyimpan data, data perusahaan perlu disimpan di tempat yang aman. Pada era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini mayoritas penyimpanan data dilakukan secara digital.


Banyak database yang dapat diakses secara online. Oleh karena itu seorang data engineer perlu memastikan bahwa database perusahaan tersimpan dengan baik dan aman agar selalu siap jika data tersebut akan digunakan sewaktu-waktu.

Data Engineer


3. Mengoptimalkan Pipeline Data

Pipeline data adalah langkah-langkah untuk mengumpulkan data mentah dari berbagai sumber lalu mentransformasi, mengkombinasi, memvalidasi dan mentransfer data tersebut ke suatu tempat yang telah ditentukan.


Data pipeline ini termasuk bagian penting karena ketika perusahaan akan mengerjakan suatu pekerjaan atau project memerlukan sumber data yang jelas. Salah satu tugas penting seorang data engineer adalah mengoptimalkan data pipeline agar berjalan sebagaimana mestinya.


4. Bertanggung Jawab dalam Proses ETL

ETL atau singkatan dari Extract, Transform and Load merupakan suatu proses memindahkan data dari sistem sumber ke sistem tujuan secara berkala.


Proses ETL terdiri dari tiga tahapan, yaitu: 1) Extract, data perlu diekstraksi dari sumbernya sebelum dipindahkan ke tempat lain; 2) Transform, setelah data diekstrak perlu dipindahkan pada sistem agar bisa diproses lebih lanjut; 3) Load, proses memuat data yang sudah diubah ke tujuan baru.


Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Profesi data engineer sata ini menjadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk menjadi data engineer profesional kamu bisa mulai belajar di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login