Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Job Description Data Scientist, Kenali Tugasnya!

Belajar Data Science di Rumah 24-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-02-1-2023-08-24-211005_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini telah banyak profesi yang terus berkembang menyesuaikan dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang. Jika berbicara mengenai profesi kekinian, data scientist adalah salah satu profesi yang sedang naik daun. Bahkan data scientist ini pernah pula disebut sebagai profesi terseksi di abad ini. Sama seperti profesi lainnya, job description data scientist perlu diketahui terlebih dahulu sebagai sarana persiapan calon praktisi data. 


Menjadi seorang data scientist dapat dikatakan sebagai impian banyak kaum milenial. Tidak hanya kaum milenial saja, data scientist ini juga menarik perhatian berbagai kalangan usia dan latar belakang yang berbeda-beda. Bahkan tidak sedikit orang yang alih profesi untuk menjadi data scientist. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa job description data scientist yang dapat diketahui secara singkat. yuk, simak bersama-sama!


1. Menerapkan Machine Learning

Machine learning atau mesin pembelajar merupakan suatu kecanggihan teknologi yang merupakan cabang dari kecerdasan buatan. Penerapan machine learning ini tentunya diperlukan oleh para praktis data untuk proses analisis data. Machine learning ini memiliki berbagai algoritma yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan menggunakan machine learning maka proses analisis data kaan lebih cepat dan efisien. 

data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Memvalidasi Data

Proses validasi data merupakan tugas penting untuk seorang data scientist. Validasi data merupakan suatu langkah untuk memastikan bahwa data sudah sesuai dengan kriteria dan dapat dipastikan kebenaran dan sumbernya. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan pada saat proses validasi data yaitu pemeriksaan tipe data (mengkonfirmasi bahwa data yang dimasukkan memiliki tipe yang benar), pemeriksaan format data (sesuai dengan format standar tertentu yang diinginkan), pemeriksaan konsistensi dan pemeriksaan keunikan. 

data scientist



3. Mengidentifikasi Masalah

Job description data scientist selanjutnya adalah mengidentifikasi masalah dalam perusahaan. Seorang data scientist perlu mengetahui jenis data yang digunakan serta permasalahan apa yang akan diselesaikan terkait data tersebut. Pengidentifikasian amsalah ini akan lebih memudahkan praktisi data dalam menentukan algoritma yang digunakan, teknik analisis data yang digunakan serta pemilihan tools analisis data. Dengan demikian hasil analisis akan lebih valid dan mudah untuk dikomunikasikan terhadap pihak perusahaan.

data scientist


4. Menganalisis Data

Proses analisis data adalah tugas utama seorang data scientist. Analisis data adalah suatu proses mengubah data mentah menjadi informasi yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah atau memberikan insight kepada perusahaan. Secara umum proses analisis data melalui berbagai proses, dimulai dari mengetahui jenis analisis data yang akan digunakan, mengumpulkan data, membersihkan data, menganalisis data, menginterpretasi data, dan visualisasi data.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Para calon data scientist harus mengetahui job description data scientist terlebih dahulu. Hal ini dapat menentukan langkah-langkah apa yang dapat dilakukan oleh calon data scientist, salah satunya adalah belajar dasar-dasar data science.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login