JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 0 Jam 56 Menit 21 Detik

Kenalan Profesi Big Data Scientist di Industri Data

Belajar Data Science di Rumah 14-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-02-2024-03-15-120840_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist merupakan salah satu profesi dengan segudang pengetahuan dalam analisis data, pemodelan statistik, dan pemrograman komputer yang mendalam. Mereka memiliki kemampuan untuk menggali wawasan berharga dari data, mengidentifikasi tren, dan membuat prediksi yang relevan bagi perusahaan atau organisasi. Dengan keahlian ini, data scientist memainkan peran kunci dalam pengambilan keputusan berbasis data, membantu organisasi meningkatkan efisiensi, inovasi, dan keunggulan kompetitif mereka di pasar. Ada banyak turunan profesi yang dihasilkan dari percabangan data scientist sebagai profesi utamanya. Salah satunya yaitu big data scientist. 


Big data scientist bertanggung jawab untuk mengelola, menganalisis, dan mengekstraksi wawasan dari volume data yang sangat besar atau kompleks, yang sering kali tidak dapat ditangani oleh alat analisis data tradisional. Mereka menggunakan teknik-teknik seperti pemrosesan data paralel, analisis statistik canggih, dan pembelajaran mesin untuk menghasilkan informasi berharga dari data yang sangat besar dan beragam.


Dengan kemampuan mereka dalam mengelola big data, big data scientist dapat membantu organisasi membuat keputusan yang lebih baik, mengidentifikasi tren pasar, memprediksi perilaku konsumen, dan meningkatkan efisiensi operasional. Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas tentang deskripsi dan role dari big data scientist. Nah, kamu pasti penasaran kan? Simak penjelasan lengkapnya melalui artikel berikut ini yuk sahabat DQLab!


1. Peran Utama Big Data Scientist

Big data scientist merupakan seorang profesional yang ahli dalam mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisis, dan menafsirkan data berskala besar. Peranan big data scientist tentunya melibatkan berbagai tugas yang bertujuan untuk menghasilkan wawasan bisnis yang berharga dari sekumpulan data besar.


Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa peran utama dari seorang big data scientist:

  • Pengumpulan Data: Big data scientist bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk sistem internal organisasi, internet, media sosial, sensor, dan lainnya.

  • Pembersihan dan Pemrosesan Data: Data yang dikumpulkan sering kali tidak terstruktur atau tidak lengkap. Oleh karena itu, big data scientist harus membersihkan dan memproses data untuk memastikan keakuratannya sebelum dilakukan analisis lebih lanjut.

  • Analisis Data: Ini adalah salah satu aspek kunci dari pekerjaan seorang big data scientist. Mereka menggunakan berbagai teknik analisis data, termasuk statistik, pembelajaran mesin, dan analisis prediktif untuk mengidentifikasi pola, tren, dan wawasan yang tersembunyi dalam data.

  • Visualisasi Data: Setelah melakukan analisis, big data scientist harus dapat mengkomunikasikan temuan mereka secara efektif kepada pemangku kepentingan yang mungkin tidak memiliki latar belakang teknis. Ini sering melibatkan penggunaan visualisasi data untuk menggambarkan informasi dengan cara yang mudah dimengerti.

  • Pengembangan Model Prediktif: Salah satu aplikasi utama dari analisis data besar adalah dalam pengembangan model prediktif untuk memprediksi perilaku masa depan atau membuat keputusan berdasarkan data historis.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Deskripsi Pekerjaan Big Data Scientist

Deskripsi pekerjaan untuk seorang big data scientist dapat bervariasi tergantung pada industri, ukuran organisasi, dan fokus spesifik dari peran tersebut.  Di industri teknologi, seorang big data scientist mungkin lebih fokus pada pengembangan algoritma dan teknik pemrosesan data tingkat lanjut, sementara dalam industri keuangan, mereka mungkin lebih terlibat dalam analisis risiko dan prediksi pasar.


Selain itu, dalam organisasi besar, seorang big data scientist mungkin bekerja dalam tim multidisiplin yang mencakup profesi lainnya seperti data scientist, data engineer, maupun business analyst, sementara dalam organisasi yang lebih kecil, mereka mungkin bertanggung jawab atas semua aspek dari siklus hidup data secara independen.


Oleh karena itu, deskripsi pekerjaan untuk big data scientist harus dirancang untuk mencerminkan kebutuhan spesifik organisasi dan industri, serta memperhatikan keterampilan dan pengalaman yang diperlukan untuk berhasil dalam peran tersebut.


3. Tanggung Jawab Utama dari Big Data Scientist

Berikut adalah tanggung jawab yang biasanya dimiliki oleh seorang big data scientist:

  • Mengidentifikasi dan mengekstraksi data dari berbagai sumber.

  • Membersihkan, memproses, dan mempersiapkan data untuk analisis.

  • Menganalisis data menggunakan berbagai teknik statistik dan pemodelan.

  • Mengembangkan algoritma dan model prediktif.

  • Membuat visualisasi data yang menarik dan informatif.

  • Berkolaborasi dengan tim lintas fungsional untuk memahami kebutuhan analisis data mereka.

  • Memberikan wawasan dan rekomendasi kepada pemangku kepentingan berdasarkan temuan analisis


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Keterampilan dan Kualifikasi yang Diperlukan

Seperti halnya posisi-posisi lain, pada role big data scientist juga menginformasikan kualifikasi dan keterampilan yang diperlukan. Hal ini mencakup informasi tentang tingkat pendidikan, hard skill, maupun soft skill yang perlu dikuasai sehingga perusahaan nantinya akan mendapatkan kandidat yang sepadan dengan pengalaman, tingkat pendidikan, dan kapabilitas yang dimiliki.


Berikut adalah penjelasannya:

  • Gelar sarjana atau pascasarjana dalam ilmu komputer, statistik, matematika, atau bidang terkait.

  • Pemahaman mendalam tentang konsep statistik dan pembelajaran mesin.

  • Pengalaman dalam pemrograman dan pengolahan data menggunakan bahasa seperti Python, R, atau SQL.

  • Kemampuan analitis yang kuat dan pemecahan masalah.

  • Kreativitas dalam mencari solusi untuk masalah kompleks.

  • Kemampuan komunikasi yang baik untuk menjelaskan temuan analisis kepada pemangku kepentingan non-teknis.

  • Kemampuan untuk bekerja dalam tim dan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.


Dengan demikian, big data scientist memiliki peran kunci dalam membantu organisasi menghasilkan wawasan yang berarti dari data besar mereka. Dengan keterampilan analitis yang kuat dan pemahaman mendalam tentang teknologi dan konsep statistik, mereka memainkan peran yang penting dalam menginformasikan keputusan bisnis dan strategi masa depan.


Salah satu requirements penting untuk menjadi data scientist adalah kamu paham dulu ranah dari pekerjaan data scientist. Hal ini dapat menentukan langkah-langkah apa yang dapat dilakukan oleh calon data scientist, salah satunya adalah belajar dasar-dasar data science.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login