Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kenali Beberapa Implementasi Data Sekunder Terupdate

Belajar Data Science di Rumah 04-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9440370bb34efe5ac024a43b4c9cf566_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini memberi dampak ke berbagai bidang seperti bidang pendidikan, kesehatan, teknologi, industri, pemasaran, dan lainnya. Salah satu hal yang berpengaruh di dalamnya adalah bidang data. Implementasi data sekunder khususnya telah memudahkan berbagai kegiatan keseharian yang bahkan tidak kita sadari sebelumnya. Oleh karena itu pada artikel ini akan dikenali beberapa implementasinya sehingga kita bisa mengetahui seberapa pentingnya data dalam kehidupan kita.


Jika berbicara tentang data, seringkali yang terlintas dalam pikiran kita adalah kumpulan angka atau bilangan. Padahal sebenarnya tidak hanya itu, data dapat berupa angka, kata-kata, gambar, video, audio dan lainnya. Beberapa bentuk data tersebut digunakan sesuai dengan porsi dan tujuannya masing-masing. Data sekunder ini pun diperoleh dari berbagai sumber seperti publikasi pemerintah, situs website, studi literatur (buku, majalah, jurnal ilmiah, surat kabar, dll).


1. Strategi Penjualan

Pada perusahaan yang memiliki minat dan fokus pada barang dan jasa tentunya memiliki strategi untuk menarik klien atau pelanggan. Untuk menetapkan strategi penjualan, pihak data analyst dalam perusahaan tersebut memerlukan data sekunder yang berisi variabel-variabel pendukung dalam penentuan strategi seperti minat pembeli, trend penjualan, inovasi-inovasi baru, peningkatan sumber daya manusia dan lainnya. Dengan strategi penjualan yang baik maka sangat besar peluang meningkatkan profit perusahaan.


data sekunder


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder, Apa Saja Sumber Data yang Bisa Digunakan?


2. Prediksi Kelulusan Mahasiswa

Saat ini seringkali kita mengetahui baik melalui berita atau melalui media sosial bahwa setiap universitas tentunya memiliki standar operasional kelulusan yang telah ditentukan. Namun ada kalanya kita masih sering menjumpai beberapa mahasiswa yang terlambat lulus dikarenakan beberapa faktor. Data-data mahasiswa ini dapat digunakan sebagai penelitian yang mengangkat permasalahan kelulusan mahasiswa dan bisa dikembangkan menjadi prediksi kelulusan mahasiswa tentunya dengan beberapa variabel kendala yang telah dikumpulkan sebelumnya.

data sekunder


3. Peningkatan Pelayanan

Sistem pelayanan adalah salah satu hal penting yang perlu selalu di upgrade dalam suatu fasilitas pelayanan. Saat ini zaman telah canggih dan data dapat diperoleh secara online atau dikelola secara digital. Bahkan kritik dan saran pun dapat diberikan secara online bagi seseorang yang enggan menuliskan atau berbicara secara langsung. Kumpulan data-data yang ada dalam fasilitas pelayanan ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan rasa pelayanan yang puas bagi para pelanggan atau customer.

data sekunder


4. Data Marketing

Implementasi data sekunder dapat kita jumpai dalam bidang marketing. Pada bidang ni pihak perusahaan dapat menggunakan data sekunder sebagai data acuan terkait produk-produk yang telah mereka pasarkan. Dengan demikian perusahaan akan mengetahui seberapa minat dan seberapa perlu pelanggan terhadap produk yang telah dikeluarkan atau apakah perlu membuat inovasi baru dalam pengembangan produk, Dengan menggunakan data marketing, perusahaan akan lebih mudah dan lebih efisien dalam memproduksi barang serta lebih cepat menaikkan profit.

data sekunder


Baca juga : Metode Pengumpulan Data Sekunder, Bisa Menggunakan Apa Saja Sih?


5. Data Sekunder Sebagai Media Pembelajaran

Apakah kalian semua mengetahui bahwa di DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project? Praktek belajar di DQLab menggunakan livecode dapat kita terapkan pada data sekunder lohh. Untuk lebih memudahkan dan memahaminya, yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!