GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 34 Menit 18 Detik 

Kenali Beberapa Tugas Data Scientist yang Pemula Harus Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 23-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cbf02487fc55e0e43fe7ef6002f0c987_x_Thumbnail800.png

Data Scientist merupakan salah satu profesi yang paling populer dan terseksi di abad ke-21 ini. Seiring berjalannya waktu, Sata Scientist pun memiliki banyak peminatnya bahkan dari berbagai latar belakang pendidikan. Perlu diketahui bahwa sebenarnya tidak ada persyaratan khusus terkait latar belakang pendidikan bagi data scientist. Namun, tugas data scientist juga memerlukan keahlian atau keterampilan tertentu seperti ilmu dasar matematika dan statistika, bahasa pemrograman, ilmu bisnis, dan beberapa ilmu pendukung lainnya.


Terdapat beberapa hal yang menjadi alasan seseorang ingin menjadi data scientist. Selain selalu up to date dengan perkembangan data, menganalisis data ini merupakan salah satu hal yang menantang. Bahkan menurut beberapa orang, mulai dari tahapan pengumpulan data, membersihkan data, menganalisis data, sampai menginterpretasikan data merupakan hal yang mengasyikkan. Kelebihan lainnya adalah profesi ini dilihat dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang saat ini sebagian besar menggunakan proses digital. Kira-kira apa saja ya tugas yang dilakukan oleh data scientist? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Menyiapkan Infrastruktur Data

Perkembangan teknologi pada masa kini berdampak kepada berbagai bidang, salah satunya bidang data. Dengan perkembangan internet saat ini muncullah istilah big data, yang berarti data dalam ukuran sangat besar yang memiliki 4 karakteristik yaitu, volume, velocity, variety, dan value. Big data tidak memungkinkan untuk dianalisis menggunakan cara manual. Big data ini memerlukan infrastruktur yang baik untuk kelangsungan sistem operasi yang lebih mudah. Selain itu infrastruktur keamanan pusat data juga berperan penting agar dapat mengontrol akses keluar masuknya data.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melakukan Analisis Data

Analisis data merupakan salah satu tahapan penting atau proses inti dalam penelitian. Dalam tahapan ini terjadi proses pengolahan data yang awalnya tidak memiliki arti menjadi sebuah informasi. Informasi dari proses analisis data inilah yang dapat menentukan keputusan atau langkah bisnis yang perlu dilakukan oleh pihak perusahaan. Proses analisis data dapat dilakukan dengan cara mengelompokkan data, melihat keterkaitan data, membuat perbandingan, membuat persamaan dan perbedaan data, membuat model, dan masih banyak lainnya.


3. Menggunakan Bantuan Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan barisan kata-kata yang berisi perintah atau instruksi yang ditujukan kepada komputer untuk dieksekusi. Bahasa pemrograman merupakan salah satu keahlian yang perlu dimiliki oleh data scientist dikarenakan proses analisis data yang dilakukan tidak secara manual, melainkan melalui proses komputasi. Terdapat berbagai macam bahasa pemrograman yang dapat digunakan antara lain seperti Java, Python, R, Matlab, C, PHP, Visual Basic, dan masih banyak lainnya.


4. Memvisualisasikan Data

Visualisasi data merupakan tampilan berupa grafis atau visual dari informasi data. Tahapan visualisasi data dilakukan setelah data selesai dianalisis. Tujuan utama dari visualisasi data adalah agar informasi yang kita peroleh dapat tersampaikan secara singkat, menarik dan mudah dipahami oleh pembaca terutama yang kurang mengerti tentang data. Visualisasi data dapat ditampilkan dalam bentuk line chart, pie chart, area chart, histogram, scatter plot, bar chart, dll.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Melangkah Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!

Data scientist saat ini menjadi profesi yang diidam-idamkan dalam profesi bidang data. Untuk menjadi seorang data scientist diperlukan beberapa keterampilan soft skill maupun hard skill. Beberapa keterampilan seperti ilmu machine learning, ilmu dasar matematika dan statistika bisa kita peroleh di DQLab . Cara memulai belajar di DQLab cukup mudah, yaitu dengan cara sign in di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab yang berisikan dengan bahasa pemrograman penunjang seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :