DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 13 Menit 15 Detik 

Kenali Fakta Menarik Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 15-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ad619946f97ff1ac968f1a6c2bb4c80b_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data menjadi hal yang pasti harus ditemui dan dilakukan oleh praktisi data. Hingga saat ini, jenis data yang digunakan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif merupakan data yang berbentuk non angka dan akan cukup sulit jika dikonversi ke dalam angka. Sementara data kuantitatif merupakan data yang berupa angka yang biasa kita temui. Karena kedua jenis data ini sangatlah berbeda, maka hal ini membuat teknik analisis data yang harus dilakukan untuk memproses kedua jenis data ini pun harus dibedakan.


Analisis data kualitatif merupakan analisis data yang memanfaatkan data kualitatif. Tentu metode-metode yang digunakan akan cukup berbeda dengan teknik analisis data kuantitatif. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Metode ini merupakan kombinasi antara analisis deskriptif dan analisis kualitatif, dimana pada metode ini kita dapat mendeskripsikan fenomena yang sedang terjadi secara ilmiah.


Ternyata, ada beberapa fakta menarik dari metode ini loh, apa saja sih? Yuk, simak pembahasannya!


1. Berhubungan dengan Fenomena Sosial

teknik analisis data

Source : Matob

Analisis kualitatif sangat erat kaitannya dengan fenomena-fenomena sosial. Menariknya, fenomena sosial ini tidak akan bisa diukur hanya menggunakan angka, sehingga data yang dihasilkan akan berbentuk non angka. Semakin dalam data yang bisa digali, maka semakin bagus pula hasilnya.


Untuk metode analisis deskriptif kualitatif sendiri akan menghasilkan informasi yang bersifat empiris dan juga faktual. Dengan menggunakan metode ini, kita bisa menguraikan informasi kualitatif sekaligus menggambarkan hal yang sedang diteliti dengan jelas.


Baca juga: Kenali Benefit Teknik Pengolahan Data dan Tahapannya


2. Memanfaatkan Situasi Sosial Bukan Populasi

teknik analisis data

Pada penelitian yang menggunakan data kuantitatif, untuk menentukan data mana yang akan diambil, biasanya kita akan menentukan populasi mana yang sesuai dengan masalah yang ingin diangkat. Namun untuk data kualitatif, kita tidak akan memperhatikan populasinya melainkan lebih berfokus pada situasi sosial yang terjadi.Pada dasarnya, situasi sosial ini terbagi lagi menjadi beberapa komponen dasar, seperti aktivitas,pelaku, serta tempat yang terkoneksi secara integral.


3. Bertujuan untuk Memvisualkan Kejadian yang Ada

teknik analisis data

Metode deskriptif kualitatif bertujuan untuk menceritakan serta memberikan gambaran visual keadaan yang sedang terjadi. Metode deskriptif kualitatif juga digunakan untuk mencerminkan situasi yang sebenarnya tanpa menambahkan atau merekayasa variabel data.


Pada penelitian ini, kita bisa menemukan hubungan dari suatu kejadian, pertentangan, kelakukan, hingga pandangan narasumber. Meskipun pada proses pengambilan datanya akan bersifat subjektif karena berdasarkan sudut pandang narasumber, namun penelitian kualitatif tetap menekankan pada kualitas, sifat, serta koneksi antar aktivitas.

 

4. Tahapan Analisis Deskriptif Kualitatif

teknik analisis data

Tahapan dari penelitian yang menggunakan analisis deskriptif kualitatif sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahapan yang dilakukan oleh jenis penelitian lainnya. Beberapa tahapan tersebut yaitu:

  • Diawali dari dasar teori. Dari pemilihan teori ini lah peneliti bisa menentukan data seperti apa yang akan dibutuhkan. Biasanya, pada mahasiswa yang sedang menjalani tugas akhir, di tahapan ini pemilihan data bisa disetujui atau tidak oleh dosen pembimbingnya.

  • Setelah pasti dengan data yang akan digunakan, maka peneliti harus mulai menjadi orang, benda, atau keadaan yang dapat menjadi narasumber sehingga bisa menghasilkan data yang dibutuhkan.

  • Selanjutnya, setelah data didapatkan maka data ini akan dianalisis dengan cara induktif sehingga bisa ditemukan pola yang terkandung di dalamnya. Dari hal itu lah peneliti dapat merumuskan hipotesis.

  • Hipotesis yang ada akan diuji. Dari hasil pengujian tersebut barulah bisa diambil kesimpulan.


Baca juga: Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


Gimana? Seru kan tahapan analisis data? Kamu bisa mempelajari proses analisis data lebih lanjut di DQLab, loh. Nah, DQLab sendiri merupakan lembaga kursus khusus untuk bidang Data Science yang dilakukan secara online. 

Ada banyak modul yang ditulis dalam bahasa yang ringan dan menarik dengan menggunakan bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data, seperti R, Python, dan SQL. Selain modul premium, kamu juga bisa menikmati free modul, loh. Yuk, tunggu apalagi, buruan daftar di DQLab dan nikmati semua modul yang ada!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!