PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 6 Menit 18 Detik

Kenali Penerapan Machine Learning di Tahun Ini

Belajar Data Science di Rumah 19-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-07-2023-10-19-183732_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, istilah machine learning saat ini merupakan suatu hal yang sering kita dengar. Pada era perkembangan teknologi seperti sekarang sudah memerlukan beberapa hal yang mendukung perkembangan teknologi tersebut. Penerapan machine learning adalah suatu hal yang perlu dipelajari dan penerapannya pun sudah digunakan oleh banyak orang. Pada artikel berikut ini kita akan mengenali beberapa contoh penerapan machine learning


Machine learning atau mesin pembelajar adalah merupakan salah satu cabang dari artificial intelligence (kecerdasan buatan). Artificial intelligence selain memiliki beberapa cabang selain machine learning yaitu natural language processing, expert system, vision, speech, planning, dan robotics.


Penerapan machine learning ini sering kita jumpai dalam kegiatan keseharian. Machine learning memiliki berbagai algoritma yang bisa digunakan yaitu supervised learning, unsupervised learning, reinforcement learning dan semi supervised learning. 


1. Sosial Media

Sosial media saat ini dapat dikatakan menjadi suatu hal yang cukup sering diakses oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Media sosial memegang peranan besar dalam kehidupan seseorang terutama yang mengikuti perkembangan teknologi.


Dari tahun ke tahun sosial media ini memiliki berbagai jenis dan semakin inovatif. Dibalik sosial media yang saat ini kita gunakan menerapkan algoritma machine learning. 

Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Belanja Online

Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini kecanggihan internet semakin mudah diakses oleh banyak orang. Kegiatan keseharian seperti berbelanja pun dapat dilakukan secara online dengan masuk ke dalam akun marketplace atau situs belanja online.


Dalam marketplace seringkali kita dapat melihat rekomendasi produk, riwayat pemesanan, produk serupa, dan lainnya. Nah, penggunaan marketplace maupun situs belanja online iut menggunakan algoritma machine learning. 

Machine Learning


3. Chatbot

pernahkah kalian menjumpai website atau aplikasi yang terdapat fitur chatbot di dalamnya? Chatbot ini sudah sering digunakan oleh para developer sebagai virtual assistant. Chatbot ini biasanya digunakan untuk berinteraksi antara pengguna dengan penyedia layanan.


Chatbot diatur sedemikian rupa oleh machine learning agar dapat menjawab pertanyaan pengguna. Selain itu chatbot juga dapat berfungsi untuk mengirimkan pengingat dan notifikasi kepada pelanggan dengan cepat.


Machine Learning


4. Meningkatkan Efisiensi Petani

Petani merupakan profesi yang pekerjaannya bercocok tanam. Petani memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi. Hasil dari sektor pertanian ini dapat berbentuk bahan pangan yang mana sebagai salah satu penghasil sumber devisa negara.


Machine learning dapat berperan dalam bidang pertanian seperti meningkatkan efisiensi petani. Dengan menggunakan bantuan teknologi machine learning, proses bertani dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Selain itu, penerapan machine learning dalam bidang pertanian juga dapat menurunkan resiko gagal panen dan meningkatkan hasil produksi.


Machine Learning


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penerapan machine learning ini sudah tidak asing lagi dalam kegiatan keseharian kita. Oleh karena itu kita perlu mempelajari machine learning mulai dari dasar yang bisa dipelajari di DQLab


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login