Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Kenali Ragam Jobdesk Data Scientist Dari Nol

Belajar Data Science di Rumah 04-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-02-2024-03-04-210613_x_Thumbnail800.jpg

Pada masa kini kita telah mengetahui bahwa telah banyak beragam profesi yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Beberapa dari profesi tersebut bahkan ada yang bisa dikerjakan secara online atau biasa disebut Work From Home (WFH). Hal ini cukup menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Salah satunya adalah profesi data scientist. Profesi ini termasuk profesi yang fleksibel, bisa dikerjakan dimana saja baik di kantor maupun di rumah. Lalu apa saja job description data scientist?


Data scientist adalah suatu profesi yang secara umum tugasnya adalah menganalisis data ap perusahaan. Profesi data scientist ini berperan penting di dalam perusahaan dan banyak dibutuhkan di masa kini. Data scientist ini memiliki beberapa kelebihan, beberapa diantaranya seperti dapat dikerjakan di mana saja, memiliki jenjang karir yang menjanjikan, gaji yang menggiurkan, banyak dibutuhkan perusahaan, tersedia banyaknya tempat pelatihan, dan masih banyak lainnya.


1. Melakukan Penelitian

Tugas lainnya dari seorang data scientist adalah melakukan kegiatan penelitian. Kegiatan penelitian ini perlu dilakukan seorang data scientist salah satunya adalah agar selalu update dengan perkembangan ilmu. Kegiatan penelitian ini juga dapat memperluas wawasan dan pengetahuan data scientist terhadap berbagai permasalahan yang barangkali belum pernah dijumpai oleh data scientist selama terjun dalam dunia data. Tujuan lain dari melakukan kegiatan penelitian adalah agar dapat mengetahui apakah data yang akan digunakan bersifat valid dan reliabel.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis Data

Proses analisis data adalah salah satu bagian terpenting dalam proses menghasilkan informasi. Menganalisis data ini termasuk pula ke dalam bagian dari job description data scientist yang utama. Dalam proses analisis data ini data scientist akan mengubah data mentah menjadi informasi yang nantinya dapat digunakan oleh perusahaan. Dalam menganalisis data digunakan berbagai teknik analisis data yang sesuai dengan jenis data yang digunakan dan tujuan penelitian.

Data Scientist


3. Memvalidasi Data

Proses validasi data merupakan tugas penting untuk seorang data scientist. Validasi data merupakan suatu langkah untuk memastikan bahwa data sudah sesuai dengan kriteria dan dapat dipastikan kebenaran dan sumbernya. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan pada saat proses validasi data yaitu pemeriksaan tipe data (mengkonfirmasi bahwa data yang dimasukkan memiliki tipe yang benar), pemeriksaan format data (sesuai dengan format standar tertentu yang diinginkan), pemeriksaan konsistensi dan pemeriksaan keunikan. 


4. Menerapkan Machine Learning

Machine learning atau mesin pembelajar merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan (artificial intelligence). Penerapan machine learning dalam proses analisis data ini merupakan bagian penting yang perlu dikuasai. Dengan menggunakan machine learning proses analisis data akan lebih cepat dan efektif. Algoritma machine learning pun tersedia banyak dan dapat dipilih sesuai dengan studi kasus serta kebutuhan tujuan penelitian. 

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Job description data scientist perlu diketahui oleh calon praktisi data untuk pengetahuan apa saja tanggung jawab yang akan dikerjakan. Selain job descriptionnya, data scientist juga perlu meningkatkan skill menganalisis datanya yang dasar dasarnya bisa dipelajari di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login