TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 3 Jam 34 Menit 36 Detik

Kenali Ringkasan Data dengan Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 17-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7e4b90f467feba4cb75e60d1968a55e1_x_Thumbnail800.jpg

Pada saat melakukan penelitian, salah satu komponen penting dalam kegiatan penelitian adalah data. Data merupakan kumpulan informasi yang diperoleh dari proses pengamatan atau observasi. Untuk memberikan informasi yang sesuai dengan tujuan, data perlu dianalisis menggunakan teknik-teknik tertentu sesuai dengan jenisnya.


Salah satu teknik yang sering digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif yang diterapkan pada jenis data kualitatif.


Secara umum jenis data terbagi menjadi dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif merupakan data yang tidak dapat disajikan dalam bentuk angka, biasanya dapat berupa gambar, video, tulisan, atau lainnya yang bersifat non numerik. Teknik analisis data perlu dipilih yang sesuai dengan jenis data serta tujuan penelitian. Pada artikel kali ini kita akan mencari tahu lebih lanjut terkait teknik analisis data kualitatif serta tujuannya untuk apa.


1. Jenis Teknik Analisis Data

Data dalam penelitian perlu melalui proses analisis data agar informasi yang dihasilkan dapat sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Untuk mendapatkan hasil analisis data yang sesuai, perlu memilih teknik analisis data yang tepat.


Secara umum terdapat dua jenis teknik analisis data, yang pertama yaitu teknik analisis data kualitatif yang digunakan pada data kualitatif. Jenis yang kedua yaitu teknik analisis data kuantitatif yang digunakan pada data kuantitatif.

teknik analisis data


Baca juga: Tutorial Mudah Implementasi Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Analisis Deskriptif

Analisis deskriptif adalah salah satu jenis teknik analisis data yang dapat digunakan untuk jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Walaupun bisa digunakan untuk kedua jenis data, namun proses analisisnya tetap berbeda.


Pada data kuantitatif, analisis deskriptif ini akan memberikan gambaran terkait data seperti nilai rata-rata, nilai median, nilai maksimum, nilai minimum, dan berbagai informasi dasar lainnya. Adapun pada data kualitatif analisis deskriptif ini akan memberikan gambaran umum terkait data penelitian yang bersifat non numerik.

teknik analisis data


3. Manfaat Analisis Deskriptif

Analisis deskriptif ini merupakan salah satu teknik analisis deskriptif yang sering digunakan dalam penelitian. Bahkan bisa dibersamakan dengan teknik analisis data lainnya.


Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan teknik analisis deskriptif ini akan diberikan informasi-informasi dasar tentang data dan membantu pembaca dalam memahami ringkasan data sehingga orang yang awam terhadap data pun tidak bingung ketika membaca data.

teknik analisis data


4. Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif

Bagi orang yang terbiasa melakukan penelitian yang bersifat kuantitatif, mungkin akan bertanya-tanya apakah teknik analisis deskriptif ini bisa digunakan dalam proses analisis data kualitatif.


Ternyata justru teknik analisis deskriptif ini sangat membantu memberikan gambaran terkait data penelitian. Prosesnya dapat dilakukan dengan cara wawancara atau meringkas kejadian yang diteliti, dan lain-lain.

teknik analisis data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


Penggunaan teknik analisis data dalam penelitian perlu dipilih teknik yang sesuai dan prosesnya pun harus tepat. Hal ini dikarenakan pemilihan teknik dan pengaplikasiannya yang tepat akan menghasilkan informasi yang lebih valid dan sesuai dengan tujuan penelitian. Namun kalian semua tidak perlu bingung mencari tempat belajar teknik analisis data. Kalian dapat mempelajarinya di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :