Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kenali Teknik Analisis Data Secara Mendalam Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 26-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/296923f4025ee03b4f4658a6a4e56b5c_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data merupakan hal yang sering sekali ditemui dalam penelitian-penelitian ilmiah dengan sebutan metodologi penelitian. Namun ternyata, penggunaan teknik analisis data ini sudah berkembang ke berbagai industri, tidak hanya digunakan untuk mendapatkan kesimpulan dalam penelitian ilmiah saja. Saat ini teknik analisis data digunakan oleh praktisi data dari berbagai perusahaan untuk mendapatkan insight dari data yang mereka miliki, dimana insight tersebut akan dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.

Penggunaan teknik analisis data di berbagai industri tidak lepas dari fakta bahwa data yang mulai dibutuhkan dimana saja sebagai dasar dari pembuatan keputusan. Data dan teknik analisis data memang merupakan komponen terpenting dalam proses pengolahan data. Jika data yang digunakan tidak valid dan tidak relevan, maka hasil analisis juga tidak akan bisa digunakan. Begitu pun jika teknik analisis data yang digunakan tidak sesuai, maka hasil analisisnya pun bisa jadi tidak relevan dengan keadaan yang sebenarnya. Nah, sebelum membahas jauh, kira-kira apa sih teknik analisis data tersebut?


1.  Apa sih Teknik Analisis Data Itu?

Teknik Analisis Data

Analisis data merupakan proses pengolahan data mentah menjadi informasi yang mudah dimengerti. Proses analisis data ini menjadi hal yang sangat diperlukan karena data yang masih berupa data mentah sangat sulit untuk dibaca dan dipahami. Sementara data tersebut akan digunakan sebagai landasan pengambilan keputusan, yang artinya harus mudah dipahami dan mudah dimengerti. Nah, dalam proses analisis data tersebut akan membutuhkan teknik tertentu. Teknik analisis data sendiri merupakan cara atau perilaku yang diberikan kepada data sehingga data tersebut bisa menghasilkan informasi.


Baca juga : 4 Tahapan Teknik Analisis Data untuk Implementasinya


2. Jenis Teknik Analisis Data

Teknik Analisis Data

Teknik analisis data berjumlah sangat banyak, hal ini disesuaikan dengan jenis data yang semakin beragam. Sampai saat ini, belum ada teknik analisis data yang sempurna dan bisa digunakan untuk semua jenis data. Setiap metode analisis data akan menjadi metode yang terbaik ketika bertemu dengan data yang tepat. Secara garis besar, teknik analisis data ini bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Teknik analisis data kualitatif, merupakan teknik pengolahan data dimana datanya berbentuk non numerik serta terfokus pada kualitas nya. Semakin lengkap penjelasan yang ada di data tersebut, maka akan semakin bagus datanya.

  • Teknik analisis data kuantitatif, merupakan teknik pengolahan data dimana datanya merupakan data numerik. Teknik ini akan berfokus pada kuantitasnya dan tidak membutuhkan penjelasan dari setiap jawaban pendek yang diberikan oleh responden.


3. Contoh Teknik Analisis Data Kualitatif

Adapun contoh teknik analisis data kualitatif yang umum digunakan adalah:

  • Analisis Konten, merupakan teknik yang akan digunakan untuk memahami keseluruhan tema pada data kualitatif. Penggunaan teknik ini akan membantu kita untuk menemukan rangkaian data yang paling umum. Peneliti biasanya akan memberikan kode warna pada tema tertentu.

  • Analisis Naratif, merupakan teknik pengolahan data yang terfokus dengan cara penyampaian ide atau cerita. Umumnya penggunaan metode ini dapat ditemukan di interpretasi penilaian pelanggan, SOP, dll.

  • Analisis Wacana, merupakan analisis yang berfokus pada konteks sosial. Biasanya teknik analisis ini juga digunakan untuk menganalisis interaksi yang terjadi, misalnya antara peneliti dengan responden.


4. Contoh Teknik Analisis Data Kuantitatif

Teknik Analisis Data

Teknik analisis data kuantitatif sebenarnya ada sangat banyak, namun kali ini hanya diberikan contoh secara garis besarnya saja, yaitu:

  • Analisis statistika deskriptif. Sesuai dengan namanya, analisis ini akan berhubungan dengan hal-hal yang bersifat mendeskripsikan data yang ada. Analisis deskriptif merupakan analisis yang paling sederhana dan pertama kali digunakan begitu menghadapi data, agar peneliti bisa mengenal data dengan lebih baik. Jika permasalahan yang ada tidak bisa dijawab hanya menggunakan analisis ini, barulah kita menggunakan analisis lanjutan.

  • Analisis statistika inferensial, merupakan analisis lanjutan dari analisis deskriptif. Analisis ini identik dengan pengujian hipotesis untuk mendapatkan estimasi bagi populasi, dimana data yang digunakan merupakan data sampel.


Baca Juga : Kenali Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif, Yuk!


5. Belajar Analisis Data di DQLab, Yuk!

Gimana? Seru kan tahapan analisis data? Kamu bisa mempelajari proses analisis data lebih lanjut di DQLab, loh. Nah, DQLab sendiri merupakan lembaga kursus khusus untuk bidang Data Science yang dilakukan secara online. Ada banyak modul yang ditulis dalam bahasa yang ringan dan menarik dengan menggunakan bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data, seperti R, Python, dan SQL. Selain modul premium, kamu juga bisa menikmati free modul, loh. Yuk, tunggu apalagi, buruan daftar di DQLab dan nikmati semua modul yang ada!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!