FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 10 Menit 32 Detik 

Kenapa Data Science Penting? Era Dominasi Data Wajib Kuasai

Belajar Data Science di Rumah 12-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3eb420b1975669a38be863b5f6f66413_x_Thumbnail800.jpg

Data science merupakan salah satu bagian dari pesatnya perkembangan teknologi digital. Bisa dibayangkan apabila sekarang ini hampir semua orang berinteraksi dengan teknologi. Contoh sederhananya mudah sahabat DQLab, andaikan kamu melakukan penelusuran melalui internet.


Maka dengan bantuan data science mereka bisa menyaring informasi yang kamu dapatkan berdasarkan histori pencarian yang telah ada sebelumnya.


Selain itu, data science juga memungkinkan iklan yang tampil di layar sesuai dengan minatmu. Data science sangat sangat penting dalam semua situasi yang melibatkan penggunaan teknologi dan data. Adanya seorang data scientist yang andal sangat krusial demi memaksimalkan waktu, sumber dana dan tenaga kerja yang ada agar semua berlangsung dengan efisien.


Pasalnya berbagai industri sudah mulai menerapkan gaya baru dalam adopsi data science dari yang awalnya konvensional menjadi data-driven mindset. Data-driven mindset mencerminkan sebuah anggapan bahwa segala keputusan harus diambil dengan bijak berdasarkan data yang ada. 


Data-driven mindset memegang peranan apabila tidak didukung dengan data, kesimpulan yang dibuat terkesan mengada-ada. Hanya opini dan asumsi pribadi saja. Suatu keputusan yang didasari oleh opini maka tidak akan menghasilkan apa-apa.


Maka dari itu, keberadaan data science sangat penting khususnya untuk kemajuan perusahaan. Kira-kira sepenting apakah data science bagi perusahaan? Simak manfaat dan alasannya yuk lewat artikel berikut ini!


1. Pengambilan Keputusan Bisnis yang Jauh Lebih Baik

Data-driven mindset membantu pengambilan keputusan bisnis dengan hasil yang baik untuk kemajuan perusahaan. Penerapan ini dapat dilakukan di berbagai divisi. 

data science

Contohnya, divisi accounting dapat memanfaatkan data untuk membuat prediksi revenue dan meningkatkan akurasi forecast, divisi sales dapat menggunakan data dari CRM untuk mengelola leads, dan divisi HR dapat memanfaatkan data karyawan untuk memperbaiki proses dan persyaratan rekrutmen di kemudian hari.


Baca juga: Tahapan Algoritma Data Science Simpel Cocok untuk Pemula


2. Mengukur Kinerja Perusahaan

Ada pepatah mengatakan “you can’t improve what you don’t measure”, yang artinya adalah Anda tidak dapat mengetahui apakah Anda sukses atau tidak, kecuali jika kesuksesan tersebut telah Anda tentukan.


Implementasinya dalam lingkungan perusahaan adalah jika Anda tidak dapat mengetahui dimana posisi perusahaan saat ini, dan posisi apa yang ingin dicapai selanjutnya, maka untuk mencapai tujuan bisnis akan sulit dilakukan. 

data science


Beberapa tolak ukur yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan adalah mengetahui seberapa baik proses bisnis yang diterapkan perusahaan, serta seberapa tinggi tingkat kepuasan pelanggan dan karyawannya. Dengan memanfaatkan data, kita dapat menjadikan tolak ukur tersebut sebagai acuan peningkatan produktivitas bisnis di masa depan.


3. Melihat Tren Bisnis

Tren atau kejadian yang telah terjadi adalah salah satu faktor terpenting dalam perkembangan suatu bisnis. Dengan menggunakan pendekatan data driven, maka perusahaan bisa secara langsung mampu melihat tren bisnis apa saja yang saat itu sedang berkembang. 

data science

Sehingga perusahaan bisa mengembangkan produk barang ataupun jasanya sesuai dengan keperluan yang saat itu sedang diperlukan oleh masyarakat. 


4. Memaksimalkan Pemasaran Produk

Apabila memiliki data-driven maka perusahaan akan terbantu dalam memasarkan produk barang atau jasa layanannya. Dengan analisis data yang dilakukan, perusahaan bisa menjadikan hasil analisis ini sebagai bahan pertimbangan dalam memasarkan suatu produk. 

data science

Contohnya apakah produk yang dipasarkan oleh perusahaan bisa dilakukan secara online atau yang lama tetap dipertahankan. Pendekatan yang ada pada data-driven bisa mengakomodasi berbagai hal yang berhubungan dengan pemasaran produk.


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5. Analisis Penjualan

Dengan data yang lengkap, maka setiap pebisnis bisa melakukan analisis penjualan. Apakah penjualan produk yang dilakukan sudah menghasilkan keuntungan atau justru menimbulkan kerugian. Dengan bantuan data driven ini akan sangat memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan masalah dan juga memberikan solusi atas masalah tersebut. 


data science

Dengan menggunakan data-driven, perusahaan mampu mengetahui langkah yang tepat terkait masalah penjualan pada suatu barang agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.


Seperti yang telah diketahui bahwa data science memiliki bidang ilmu "terseksi" di abad ini menghasilkan banyak peminat terhadap profesi tersebut. Namun masih banyak yang mengetahui bagaimanakah roadmap data science. Yuk, sign up di DQLab.id dan nikmati belajar data science DQLab untuk kuasai skill data yang mengasyikan.


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :