Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Keunggulan AI vs Machine Learning Terupdate

Belajar Data Science di Rumah 21-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-07-2-2023-08-21-201843_x_Thumbnail800.jpg

Pada saat ini kita berada dalam era industri 4.0 dimana kecanggihan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat. Sebagai generasi milenial, kita dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang mana berpengaruh dengan kegiatan keseharian kita baik itu sebagai pelajar, mahasiswa maupun pekerja. Sebagian besar dari kita mungkin pernah mendengar istilah artificial intelligence vs machine learning. Kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda walaupun sekilas terlihat sama.


Artificial intelligence dan machine learning memiliki beberapa perbedaan yang bisa dilihat dari tujuan, output, titik fokus dan algoritmanya. Artificial Intelligence umumnya bertujuan untuk meningkatkan peluang keberhasilan dan ML bertujuan untuk meningkatkan efisiensi. Dari segi output, AI memiliki output berupa pengetahuan dan ML memiliki output berupa data. Dari segi titik fokus, AI berfokus dalam memaksimalkan peluang keberhasilan dan ML berfokus pada akurasi dan pola. Adapun dari segi algoritma, AI meniru kemampuan manusia dalam merespons suatu hal dan ML mampu membuat algoritma sendiri untuk proses belajar.


1. Artificial Intelligence

Artificial intelligence adalah sebuah teknologi yang sistemnya dirancang agar mampu meniru kecerdasan manusia. Penggunaan AI ini seringkali kita jumpai dalam keseharian maupun di dalam tayangan film seperti adanya robot, asisten virtual, dan bentuk kecanggihan teknologi lainnya. Dengan penggunaan AI tentunya membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien. Secara umum teknologi AI dikategorikan menjadi empat jenis yaitu mesin reaktif, memori terbatas, teori pikiran, dan kesadaran diri.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Kelebihan Artificial Intelligence

Kecanggihan teknologi yang semakin berkembang pun memiliki berbagai dampak baik itu berupa kelebihan maupun kekurangan. Beberapa kelebihan dari adanya artificial intelligence antara lain dapat meningkatkan alur kerja manusia, mengurangi human error, membantu menghasilkan penemuan baru, dapat menganalisis data dengan hasil yang lebih akurat, serta mudah diduplikasi dan disebarkan.


3. Machine Learning

Machine learning merupakan salah satu cabang dari artificial intelligence. Teknologi machine learning ini dikembangkan agar mesin dapat bekerja sendiri tanpa arahan dari manusia. machine learning dapat melakukan berbagai tugas sesuai dengan yang ia pelajari. Machine learning ini pertama kali dikemukakan oleh beberapa ilmuwan pada tahun 1920-an. Sejak saat itu machine learning terus dikembangkan bahkan sampai saat ini berbagai penerapannya pun sudah banyak kita rasakan.


4. Kelebihan Machine Learning

Sama halnya dengan artificial intelligence, machine learning juga memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihan machine learning antara lain pola dan tren data dapat lebih mudah diidentifikasi, akurasi yang meningkat seiring berjalannya waktu, serta memungkinkan dapat berjalan tanpa adanya intervensi manusia. Adapun beberapa kekurangan dari machine learning antara lain keterbatasannya sumber daya manusia yang menguasai teknologi ini, rentan terjadinya kesalahan, dan memerlukan waktu agar hasilnya dapat terlihat.


Bcaa juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


5. Mengenal Sora, Teknologi Terbaru dari OpenAI

Sora merupakan teknologi terbaru yang dikembangkan oleh OpenAI, yang memungkinkan pembuatan video hanya dengan menggunakan perintah suara. Dengan kemampuan ini, Sora dapat menciptakan video berdurasi hingga satu menit dengan menghadirkan adegan yang sangat detail, gerakan kamera yang kompleks, serta karakter-karakter yang hidup dengan ekspresi emosi yang realistis.


Teknologi ini memberikan kemungkinan baru dalam pembuatan konten visual, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menciptakan video yang memukau tanpa perlu keahlian teknis yang mendalam. Dengan hanya menggunakan suara, pengguna dapat mengarahkan Sora untuk membuat video dengan berbagai elemen yang kompleks, mulai dari adegan yang dramatis hingga aksi yang memukau. Berita ini menunjukkan kemajuan signifikan dalam bidang kecerdasan buatan, menghadirkan solusi yang inovatif dan memudahkan bagi para kreator konten untuk menghasilkan karya-karya visual yang menarik dan berkualitas tinggi.  


“AI & toolsnya merupakan suatu hal yang tidak bisa kita hindari & akan terus berkembang pesat ke depannya. Sudah menjadi sebuah tugas bagi kita untuk bisa mempelajari & memanfaatkannya untuk hal yang positif, yang dapat membantu keseharian kita menjadi lebih efisien.” Ungkap Ridho Aryo P. Data Analyst PT Astra Information Technology dan Mentor DQLab Bootcamp LiveClass AI & Machine Learning.

Ini kata peserta LiveClass yang mengikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner 


“Joss markojos! Sesinya seru banget, karena ada interaksi hands-on langsung antara peserta & mentor!” Tututr Egy Nurhadi - peserta Batch 10
“Materi yang dijelaskan sangat menarik. Cara mentor menjelaskan juga sangat baik & seru” Tambah Hermawan Adi P. - Peserta Batch 9

Artificial intelligence dan machine learning ini sama-sama telah diterapkan dan memberi peranan besar dalam berbagai bidang. Bahkan dalam kegiatan sehari-hari secara sadar ataupun tidak kita sudah menggunakan hasil dari kecanggihan teknologi ini.


Ingin seperti mereka mengenal dan jadi jago AI? Yuk mulai belajar di DQLab! DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login