SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 8 Jam 39 Menit 12 Detik

Kiat-kiat Cara Menggunakan ChatGPT untuk Coding

Belajar Data Science di Rumah 03-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-09-2-2023-08-03-231951_x_Thumbnail800.jpg

Pada akhir-akhir ini cukup dihebohkan dengan kemunculan teknologi chatbot yang sudah banyak sekali dipakai oleh banyak orang. Salah satu produk chatbot yang sedang populer saat ini yaitu Chat GPT. Chat GPT ini populer karena bisa menyajikan informasi-informasi dan kata kunci yang kalian ingin ketahui lebih dalam, selain itu Chat GPT ini juga cukup sensitif terhadap kata-kata, jadi kalian tidak perlu khawatir akan menuliskan kata yang salah. 


Tetapi, teknologi secanggih ini  pastinya memiliki beberapa kekurangan seperti informasi yang diberikan belum tentu terupdate, sehingga membuat kalian harus mencarinya lagi secara manual jika ingin mendapatkan informasi yang lebih terupdate. Cara kerja dari chat GPT ini adalah dengan kalian memberikan pertanyaan yang nantinya akan diproses oleh AI dan menghasilkan output berupa jawaban dari pertanyaan yang kalian berikan. 


Salah satu bentuk kemudahan yang diberikan oleh chat GPT ini adalah memudahkan para programmer untuk mengkoding sebuah program komputer. Nah, mungkin diantara kalian masih belum mengetahui bagaimana sih caranya menggunakan chat GPT ini untuk membuat sebuah codingan yang cocok untuk program yang ingin kita buat. Pada artikel kali ini kita akan membahasnya, jadi simak terus artikel dibawah ini ya!


1. Pertanyaan yang Spesifik

Hal yang pertama kalian lakukan adalah memutuskan tentang apa yang akan kalian tanyakan pada chat GPT ini. Kalian harus memperhatikan fungsi apa yang ingin kalian masukkan ke dalam kode program milik kalian. Selain itu kalian harus menentukan parameter seperti apa yang akan kalian masukkan ke dalam kode kalian. 


Bcaa juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Menggunakan Chat GPT untuk Menjelajahi Libraries dan Resource

Cara lama untuk mengekstraksi data web adalah dengan menemukan teks yang ada para tag paragraf HTML. Tetapi dengan kemunculan AI ini, kita dapat lebih mudah untuk menggunakan library AI untuk melakukan ekstraksi. Salah satu keunggulan dari ChatGPT ini adalah menemukan library dan juga resource. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa simak contoh dibawah ini bagaimana caranya kita dapat melihat library dan juga resource dari bahasa yang ingin kita ketahui, disini kita mengambil contoh library dan resource untuk PHP.

ChatGPT


3. Meminta ChatGPT untuk Menuliskan Contoh Kode

Selanjutnya jika kalian sudah mengetahui library dari PHP, maka pada poin kali ini kalian akan menggunakan chat gpt ini untuk membuat contoh sederhana, caranya sama seperti poin sebelumnya, yaitu kalian masuk ke dalam websitenya lalu kalian bisa langsung login dengan menggunakan akun kalian. Setelah kalian masuk kalian bisa langsung memberikan pertanyaan kepada chat GPT mengenai contoh kode yang ingin kalian ketahui. Kalian dapat melihat contoh di bawah ini:

ChatGPT


Bcaa juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


4. Manfaat Lain Chat GPT

Selain bisa membuat kode untuk program kalian. Chat GPT juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai berikut ini:

  • Mengumpulkan data penting untuk bisnis, ChatGPT ini dapat mengumpulkan data yang sudah disempurnakan, karena chatbot ini akan mencari data yang paling relevan untuk setiap pertanyaan kalian

  • Meningkatkan penjualan, ChatGPT ini juga dapat membantu kalian untuk meningkatkan penjualan, kalian bisa meminta tips bisnis, tren pasar, sampai dengan strategi pemasaran yang cocok untuk bisnis milik kalian.

  • Membantu Customer Service, ChatGPT ini juga bisa dipakai untuk membantu kalian yang kewalahan menjawab pertanyaan dari customer. Dengan menggunakan ChatGPT ini kalian bisa mendapatkan jawaban terbaik dengan menggunakan bahasa yang tepat untuk customer kalian.


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar bersama Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login