3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 12 Menit 26 Detik

Kiat Mudah Menggunakan ChatGPT untuk Coding

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-09-2023-12-08-112617_x_Thumbnail800.jpg

Belajar coding adalah salah satu trend baru di dalam dunia bisnis yang dapat memberikan banyak sekali keuntungan seperti menjaga keamanan data perusahaan sampai membantu tim marketing untuk membuat sebuah campaign yang lebih baik. Tetapi, masih banyak orang awam yang cukup kebingungan dan memerlukan roadmap belajar coding terutama bagi kalian yang belajar dengan metode self-learning.


Dengan adanya teknologi yang semakin canggih ini, ada beberapa cara terbaru untuk kalian mempelajari coding ini dan sebagai solusinya adalah dengan menggunakan Chat GPT. Chat GPT adalah teknologi deep learning yang sangat cerdas dan juga berguna untuk banyak hal seperti memberikan informasi dan juga menjadi sebuah tools untuk membantu kalian dalam mempelajari coding. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana caranya menggunakan Chat GPT untuk keperluan coding! Mari kita simak sama-sama!


1. Apa itu Chat GPT?

Chat GPT atau Generative Pre-training Transformer adalah kecerdasan buatan yang memiliki cara bekerja dengan menggunakan format chat atau chat box. Kalian bisa memberikan pertanyaan apa saja kepada AI ini yang akan secara otomatis akan langsung mendapatkan jawabannya dalam waktu yang cukup singkat. Chat GPT ini dapat membantu kalian dalam bekerja seperti membuatkan kode-kode coding. 

Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Kegunaan Chat GPT untuk Coding

Chat GPT ini dapat memberikan cuplikan kode, sample kode, dan juga bahasa coding yang bisa kalian copy-paste ke dalam text editor kalian. Dengan melalui Chat GPT ini kalian bisa menghemat waktu dalam membuat coding dan juga memberikan sebuah jawaban untuk pemrograman sederhana. Walaupun demikian, Chat GPT ini tidak sepenuhnya bisa mengganti programmer, karena dari Chat GPT ini hanya memberikan solusi secara cepat dibandingkan diinput secara manual. 


3. Menggunakan Chat GPT untuk Membantu Belajar Coding

Dengan adanya Chat GPT ini kalian bisa terbantu untuk mempelajari coding secara mandiri. Cara Chat GPT untuk membantu kalian dalam belajar coding adalah seperti berikut ini:

  • Pertama adalah menuliskan pertanyaan kalian yang spesifik. Hal ini penting untuk kalian putuskan apa yang ingin kalian pelajari dan kuasai dalam coding. 

  • Kedua adalah Chat GPT ini dapat memberikan insight dalam coding. Melalui Chat GPT ini kalian bisa memungkinkan untuk menyesuaikan coding dengan kebutuhan kalian masing-masing.

  • Ketiga, Chat GPT ini dapat menjadi explore belajar coding, dengan adanya AI yang bisa membantu menemukan kesalahan dalam coding dan juga kalian bisa bertanya kepada Chat GPT ini seputar library yang bisa digunakan untuk belajar coding.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Cara Menggunakan Chat GPT untuk Membuat Coding Sederhana

Selanjutnya adalah bagaimana caranya kita menggunakan Chat GPT ini untuk membuat sebuah coding sederhana. Berikut tata caranya:

  • Pertama kalian bisa membuka website dari Chat GPT yaitu chat.openai.com, setelah kalian mengakses website tersebut kalian bisa membuat akun jika kalian belum mempunyai akun, jika sudah memiliki akun kalian bisa langsung login saja.

  • Setelah kalian login, kalian akan masuk ke dalam homepage yang berisikan chat box yang bisa kalian isi dengan pertanyaan kalian.

Artificial Intelligence

  • Selanjutnya kalian bisa mengetik pertanyaan yang ingin kalian tanyakan, contohnya seperti “contoh coding sederhana dengan menggunakan HTML”. Nantinya pertanyaan kalian akan diproses oleh AI dan akan langsung diberikan jawabannya.

Artificial Intelligence


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :