Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Konsep Dasar Algoritma Data Science, Sudah Tahu?

Belajar Data Science di Rumah 08-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-05-2024-05-08-214851_x_Thumbnail800.jpg

Data science ini muncul sebagai bidang yang sangat penting di era transformasi digital, karena perusahaan mengandalkan data untuk pengambilan keputusan yang tepat. Lalu, data science ini menerapkan sebuah algoritma agar bisa memecahkan masalah dalam proses bisnis berlangsung. Data science juga penggabungan antara beberapa bidang seperti statistik, matematika, dan ilmu komputer. 


Dalam praktiknya data science ini menggabungkan algoritmanya dengan machine learning dan artificial intelligence (AI). Algoritma ini memiliki manfaat bagi sistem pengambilan keputusan perusahaan. Ada berbagai jenis algoritma data science biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mendukung proses bisnis mereka. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan algoritma data science ini? Pada artikel kali ini kita akan membahasnya. Mari kita simak artikel berikut ini!


1. Apa itu Algoritma Data Science?

Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pengolahan data. Algoritma yang lebih maju bisa menggunakan beberapa persyaratan untuk mengalihkan eksekusi kode dengan melalui rute atau bisa disebut dengan pengambilan otomatis dan menyimpulkannya secara valid atau bisa disebut dengan penalaran otomatis.


Data science ini juga menggunakan bahasa pemrograman seperti Python atau R untuk melakukan manipulasi dan analisis data, dan mereka menggunakan tools lain seperti Hadoop atau SQL untuk mengelola kumpulan data yang jumlahnya cukup besar.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Algoritma Supervised Learning

Algoritma supervised learning adalah alat yang cukup ampuh dalam data science. Algoritma ini juga memungkinkan kita untuk membuat prediksi dan bisa mendapatkan wawasan dari data dengan menggunakan contoh-contoh berlabel. Algoritma ini belajar dari data berlabel untuk membuat model yang kemudian dapat digunakan untuk bisa memprediksi hasil untuk data yang tidak terlihat.


Tujuan utama dari algoritma ini adalah untuk memaksimalkan akurasi prediksinya. Proses penggunaan algoritma ini melibatkan beberapa langkah, seperti harus mengumpulkan dan melakukan pra proses terhadap data berlabel. 

Data Science

Credit by Database Town


3. Algoritma Unsupervised Learning

Algoritma unsupervised learning adalah tools yang cukup ampuh juga dalam data science. Mereka juga menawarkan cara-cara yang unik untuk mengungkap pola dan wawasan tanpa harus menggunakan data berlabel. Algoritma ini bekerja dengan menganalisis struktur data yang mendasari dan juga mengidentifikasi kesamaan atau pola di antara titik-titik data.


Algoritma ini biasa digunakan untuk berbagai jenis tugas seperti pengelompokkan, deteksi anomali, dan juga pengurangan dimensi. Salah satu algoritma unsupervised learning yang cukup populer adalah algoritma k-means. Algoritma ini memiliki tujuan untuk mempartisi data ke dalam k cluster yang berbeda berdasarkan kemiripannya.

Data Science

Credit by Medium


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian



4. Algoritma Reinforcement Learning

Reinforcement learning adalah algoritma data science ini memungkinkan mesin untuk belajar dan membuat keputusan melalui uji coba. Algoritma ini akan terus meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu. Proses berulang ini akan memungkinkan algoritma untuk mempelajari strategi yang optimal dan membuat pilihan yang cerdas berdasarkan pengalaman sebelumnya. Dengan menggunakan algoritma ini, mesin bisa mempelajari tugas-tugas yang kompleks dan memecahkan masalah dengan cara yang sangat mirip dengan cara manusia belajar dari kesalahannya.


Mulailah perjalananmu dalam dunia Data Science hari ini! Jangan lewatkan kesempatan untuk menggali pengetahuan yang mendalam tentang analisis data yang mendorong inovasi. Bergabunglah dengan kursus online kami dan jelajahi konsep-konsep yang penting dalam pemrosesan data, statistik, dan machine learning.


Dengan menguasai keterampilan ini, kamu bisa membuka pintu menuju karier yang penuh peluang di berbagai industri. Jadilah bagian dari revolusi data yang sedang berlangsung! Yuk, bersiaplah untuk mengubah dunia melalui kekuatan Data Science. Daftar sekarang dan mulailah belajar hari ini!



Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Sahabat DQ juga bisa gali potensi dari materi Machine Learning dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login